PENGERTIAN PHP: Fungsi dan Kelebihannya

Bagi seorang programmer mungkin PHP ini sudah tidak asing lagi di pendengaran. Namun, bagaimana dengan orang awam tentu akan terdengar asing sekali bukan?

Nah, sebagai informasi tambahan yang harus Anda ketahui, Anda bisa melihat apa itu pengertian PHP, fungsi dan sebagainya. PHP atau disebut juga dengan Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman pada server side karena memang PHP ini diproses langsung pada sebuah komputer server.

Tak hanya itu saja, hal ini juga berbeda dengan bahasa pemrograman client-side yaitu seperti JavaScript yang mana ini diproses langsung pada web browser atau client.

Jadi, bagi Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai pengertian PHP dan lainnya, maka Anda bisa melihat langsung seperti di bawah ini.

Pengertian PHP

Pengertian PHP


PHP ini memang memiliki banyak pengertian yang dapat Anda lihat dan temui. Namun, jika dilihat secara umum maka pengertian PHP merupakan bahasa pemrograman Script Server Side yang memang didesain langsung untuk pengembangan sebuah web.

Tak hanya itu saja, PHP ini juga dapat digunakan dengan baik sebagai bahasa pemrograman umum. Selain itu, sebagai informasi singkat mengenai sejarahnya dimana PHP ini dikembangkan langsung oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Untuk saat ini PHP ini dikelola oleh The PHP Group.

Pada awalnya PHP ini disingkat sebagai Personal Home Page. Namun dalam beberapa tahun dalam perkembangannya, maka PHP ini dapat berubah menjadi bahasa pemrograman web yang sangat powerful dan PHP ini tidak hanya dapat digunakan sebagai membuat halaman web sederhana saja akan tetapi dapat digunakan sebagai website populer yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang seperti wordpress, wikipedia, joomla dan lainnya.

Selain itu, PHP ini juga dapat digunakan dengan nyaman karena memang gratis dan juga bersifat Open Source. PHP ini juga dirilis dalam lisensi PHP License, namun ada sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License atau disingkat dengan GPL yang dapat digunakan untuk berbagai macam proyek Open Source.

Tak hanya itu saja, untuk kepopuleran dan juga kemudahan PHP ini memang sudah menjadi standar bagi programmer web yang ada di seluruh dunia.

Ada banyak kelebihan jika Anda menggunakan PHP ini dimana yaitu seperti sangat mudah sekali digunakan, dapat dengan mudah dipelajari dan dimengerti hingga sangat sederhana.

Jadi bagi para programmers Anda bisa menggunakan versi terbarunya sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman.

Selain itu, jika Anda memang menggunakan versi terbaru, jika berbicara masalah biaya untuk maintenance dan juga web development memang sangat terjangkau sekali.

Untuk bahasa pemrograman PHP ini memang sangat membantu sekali terlebih lagi untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis web yang memang sangat kompleks, cepat dan handal.

Namun, itu semua juga tergantung dengan spesifikasi dari bisnis Anda, baik itu dalam penggunaan hosting, kebutuhan aplikasi, tingkat pengalaman hingga pada pengembangan timeframe.

Tak hanya itu saja, disini juga tersedia banyak PHP Frameworks sehingga Anda bisa memilihnya dengan nyaman dan aman.

Definisi atau Pengertian PHP Menurut Para Ahli


Disini Anda juga bisa melihat berbagai macam pengertian PHP menurut para ahli sebagai informasi tambahan yang dapat berguna untuk Anda.

Apa saja itu, berikut dapat Anda lihat seperti dibawah ini:

Betha Sidik

Yang pertama yaitu dikemukakan oleh Betha Sidik. Dimana pengertian PHP adalah lebih dikenal sebagai sebuah bahasa pemrograman script-script yang dapat membuat sebuah dokumen HTML dengan cara on the fly yang dieksekusi langsung pada server web.

Tak hanya itu saja, dokumen HTML yang memang dihasilkan oleh suatu aplikasi dan memang bukan dokumen HTML yang dibuatkan langsung dengan menggunakan editor teks atau disebut juga dengan editor HTML maka itu akan dikenal juga dengan bahasa pemrograman server side.

Nugroho

Berikutnya yaitu menurut Nugroho pada tahun 2006. Dimana ia mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian PHP yang merupakan bahasa script yang memang tertanam di dalam HTML untuk dapat dieksekusi yang memiliki sifat server side.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa PHP memang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki sifat open source sehingga hal ini dapat disebarluaskan serta dapat diubah dengan secara bebas.

Tak hanya mengenai pengertian PHP saja, tetapi disini ia juga mengatakan bahwa PHP juga dapat berjalan untuk berbagai web server yaitu seperti PWS (Personal Web Server), Xitami dan juga IIS (Internet Information Server) hingga Apache.

PHP ini juga sangat mampu untuk berjalan berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows untuk semua versi, Linux dan sebagainya.

Selain itu, PHP ini juga dapat di bangun dengan baik untuk modul web server apache dan juga binary sehingga dapat berjalan sebagai Common Gateway Interface atau disingkat dengan CGI.

Untuk keunggulan yang dapat dimiliki oleh bahasa pemrograman PHP ini yaitu dengan memiliki kemampuan untuk dapat melakukan koneksi ke semua jenis software sistem management yang berbasis seperti data ataupun DTMS (Database Management System) sehingga hal ini dapat membuat sebuah halaman website yang dinamis.

Jika berbicara masalah PHP memang sangat banyak sekali, dimana PHP ini juga dapat memiliki konektivitas yang sangat baik terlebih lagi ke beberapa DBMS tertentu yaitu seperti Oracle, mSQL dan lainnya.

Sibero

Kemudian ada juga pengertian PHP menurut Sibero. Dimana pengertian PHP disini merupakan suatu pemrograman yang interpreter dengan proses penerjemahannya menggunakan baris kode sumber yang menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer dengan secara langsung khususnya pada saat baris kode tersebut dijalankan.

Tak hanya itu saja, PHP ini disebut juga dengan pemrograman server side programming. Mengapa demikian? karena memang seluruh prosesnya dapat dijalankan melalui sebuah server.

Selain itu, PHP ini juga merupakan suatu bahasa yang memiliki hak cipta terbuka dan lebih dikenal sebagai open source yaitu dengan pengguna data yang dapat mengembangkan kode-kode fungsi yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut Arief

Yang terakhir yaitu menurut Arief. Dimana pengertian PHP ini merupakan bahasa server side scripting yang memang bisa menyatu dengan HTML sehingga dapat membuat sebuah halaman web yang cukup dinamis.

Mengapa demikian? karena PHP ini bisa dikatakan juga sebagai server side scripting sehingga sintaks dan juga perintah-perintah pada PHP akan dapat di eksekusi di server sehingga hasilnya nanti dapat dikirimkan ke sebuah browser dengan format seperti HTML.

Jadi itulah ada beberapa pengertian PHP menurut para ahli yang dapat Anda lihat seperti diatas. Nah, sebagai informasi selanjutnya Anda juga dapat melihat fungsi PHP dalam pemrograman web. Untuk itu Anda bisa langsung melihatnya seperti berikut ini.

Fungsi PHP


Seperti yang Anda lihat sebelumnya diatas bahwa pengertian PHP merupakan bahasa pemrograman dengan menggunakan script server side yang memang didesain khusus untuk pengembangan sebuah web.

Jadi disini Anda dapat melihatnya bagaimana fungsi dari PHP tersebut jika di dalam sebuah pemrograman web.

Nah, untuk membuat sebuah halaman web, memang sebenarnya PHP ini memang bukanlah bahasa pemrograman yang harus wajib Anda gunakan.

Disini Anda juga bisa membuat sebuah website dengan menggunakan HTML saja.

Untuk itu web yang memang dihasilkan oleh HTML dapat lebih dikenal sebagai website statis sehingga halaman web dan juga konten pada web tersebut bersifat tetap.

Tak hanya itu saja, sebagai perbandingan yang dapat Anda lihat disini. Dimana website dinamis yang memang dibuat langsung dengan menggunakan PHP merupakan sebuah situs web yang dapat menyesuaikan dengan tampilan konten dan itu juga tergantung dengan situasi yang ada.

Selain itu, website dinamis ini juga dapat menyimpan berbagai data ke dalam database sehingga membuat halaman pada web bisa dapat berubah-ubah sesuai dengan input dari user dan lainnya.

Untuk pembuatan web tersebut, biasanya kode-kode PHP ini disisipkan langsung ke dalam sebuah dokumen HTML.

Mengapa demikian? karena memang fitur-fitur inilah PHP ini disebut juga dengan scripting language atau dikenal sebagai bahasa pemrograman script.

Oleh karena itu, untuk membuat sebuah sistem yang berbasis web memang tidak harus menggunakan PHP ini. Akan tetapi dengan fitur-fiturnya yang menarik dan sangat mudah maka banyak pengembangan untuk menggunakan bahasa pemrograman seperti ini.

Sebelum adanya PHP ini, maka kebanyakan dari pengembang menggunakan bahasa pemrograman HTML.

Untuk bahasa pemrograman ini memang sudah bisa membuat tampilan website, namun tampilan yang telah dihasilkan masih terlihat biasa saja, karena sifatnya tetap atau statis sehingga tidak dapat menyesuaikan tampilan tersebut dengan kondisi para penggunanya.

Oleh sebab itu, semenjak munculnya PHP maka banyak programmer yang menggunakan ini sebagai pembuatan website.

Mengapa demikian? karena jika menggunakan PHP ini maka dapat dikembangkan dan diatur dengan mudah sehingga menjadi website yang dinamis.

Tak hanya itu saja, website tersebut juga dapat menyesuaikan dengan mudah mengenai tampilan sesuai dengan perangkat yang memang telah digunakan oleh para penggunanya.

Selain itu, website ini juga dapat melakukan beberapa cara lainnya yaitu seperti melakukan input dan juga output dengan menggunakan database.

Nah, selain pengertian PHP yang dapat Anda ketahui dan lihat, maka disini ada banyak informasi lainnya yang dapat Anda temui yaitu mengenai istilah yang memang berhubungan langsung dengan PHP dan juga CSS.

Istilah Yang Berhubungan Langsung Dengan PHP dan CSS


Biasanya pada saat Anda mengembangkan sebuah website dengan menggunakan PHP tentu Anda akan menemukan atau akan muncul beberapa istilah.

Oleh karena itu, pada saat proses dalam pengembangannya tentu biasanya Anda akan membutuhkan sebuah integrasi dengan menggunakan sistem lain yaitu seperti database.

Untuk berikut ini Anda bisa melihat beberapa istilah yang mungkin akan muncul pada saat Anda melakukan pengembangan:

HTML

Yang pertama yaitu HTML. Dimana HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan bahasa markup standar yang biasanya digunakan untuk dapat menampilkan berbagai informasi yang ada di internet.

Pada saat awal dalam pengembangannya, tujuan HTML ini adalah untuk dapat memudahkan para ilmuwan dalam mengakses dokumen-dokumen antara para ilmuwan sehingga pada akhirnya tepatnya pada tahun 1990 maka terciptalah sebuah bahasa pemrograman HTML yang pada saat itu dibuat langsung oleh Tim Berners-Lee.

Oleh karena itu, sejak saat itu maka HTML ini terus dapat berkembang dengan baik hingga sampai saat ini serta menjadi sebuah pondasi dari website yang telah ada untuk saat ini.

MySQL

Selanjutnya yaitu MySQL. Dimana ini merupakan salah satu sistem yang memang berbasis data SQL atau disebut dengan Structured Query Language.

MySQL ini juga merupakan salah satu database yang pertama yang memang memiliki sifat sebagai open source.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang memang digunakan sebagai pengembangan sistem yang memang berbasis web.

Untuk bahasa pemrograman ini memang sudah ada sejak lama serta digunakan dengan dalam kurun waktu hingga dua puluh tahun ini.

Tak hanya itu saja, JavaScript ini juga dikenal lebih oleh para pengembang web sehingga menjadi salah satu bahasa pemrograman utama untuk web developer.

Nah, itulah ada beberapa informasi selain pengertian PHP dan juga istilah yang berhubungan langsung dengan PHP dan CSS.

Untuk berikutnya ada juga mengenai cara menggunakan fungsi PHP. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya maka Anda bisa melihat seperti berikut:

Cara Menggunakan Fungsi PHP


Selain membahas masalah pengertian PHP, istilah dan juga fungsi maka disini ada banyak informasi lainnya yang dapat Anda lihat yaitu mengenai cara menggunakan fungsi dari PHP tersebut.

Dimana dalam memanggil fungsi ataupun disebut juga dengan calling function memang dapat dilakukan dengan cara yaitu dengan menulis nama-nama dari fungsi tersebut dan kemudian dapat diikuti dengan argumen.

Argumen yang ingin Anda tuliskan harus menggunakan tanda kurung, namun apabila jumlah argumen tersebut terdapat lebih dari satu maka diantara argumen yang ada dapat dipisahkan dengan menggunakan tanda koma.

Selanjutnya fungsi yang Anda lakukan tadi akan memberikan nilai di dalam pemrosesannya. Selain itu, dimana cara fungsi dalam memberi nilai tersebut disebut juga dengan return a value atau mengembalikan nilai.

Nilai tersebut yang dikembalikan tadinya oleh sebuah fungsi juga bisa ditampung kembali ke dalam variabel atau nilai tersebut akan ditampilkan langsung ke web browser.

Lihat juga:
Pengertian pemasaran
Pengertian otonomi daerah

Kelebihan PHP


Jika berbicara masalah kelebihan tentu PHP ini memang memiliki kelebihan lainnya apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Dimana hal ini dapat dibuktikan melalui adanya standar yang dapat menjadikan PHP ini menjadi salah satu dasar bagi programmer web yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, market share dalam penggunaan bahasa pemrograman server side yang digunakan langsung untuk mayoritas website yang ada di seluruh dunia memang dipegang langsung oleh PHP apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

Selanjutnya yang menjadi salah satu dari kelebihan PHP ini adalah dimana PHP tidak melakukan suatu kompilasi di dalam penggunaannya.

Tak hanya itu saja, PHP ini juga sangat mudah sekali untuk ditemukan yaitu mulai dari IIS, Apache, Xitami hingga Lightttpd dengan beberapa konfigurasi yang memang relatif mudah.

Nah, ada banyak kelebihan yang Anda dapatkan yaitu dalam pengembangannya.

Dimana jika Anda menggunakan PHP ini maka Anda akan sangat mudah sekali untuk menggembangkan sebuah website. Hal seperti ini dikarenakan PHP ini terdapat banyak developer dan milis sehingga dapat dengan mudah membantu di dalam sebuah proses pengembangannya.

Tak hanya itu saja, dimana PHP ini juga sebagai bahasa open source sehingga bisa digunakan di berbagai mesin yaitu seperti Windows, Linux, Unix dan sebagainya.

Jadi, jika berbicara masalah PHP atau disebut juga dengan Hypertext Preprocessor memang sangat banyak sekali kelebihannya.

Oleh karena itu, sebagai pengembangan website dengan tampilan yang lebih bagus lagi maka memang tidak ada salahnya jika mencoba PHP ini.

Nah, sebagai informasi yang mungkin berguna untuk Anda, maka diatas Anda juga bisa melihat beberapa pengertian PHP, fungsi dan lainnya. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Pengertian zakat
Pengertian analisis
Pengertian ekonomi
Pengertian seni rupa

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon