Cara Mengaktifkan Mode Gelap Di Instagram Android

Sudah pada tau belum cara mengaktifkan mode gelap di Instagram? Mode gelap atau dark mode memang sedang menjadi trending untuk saat ini.

Banyak aplikasi yang sudah menyediakan fitur mode gelap ini, tak terkecuali juga dengan sistem operasi hp seperti Android dan iOS.

Namun Android berbeda dengan iOS, bagi pengguna sistem operasi iOS atau pengguna hp iPhone memang sudah lebih duluan disematkan fitur nigh mode atau mode gelap ini.

Selanjutnya baru disusun oleh Android, itupun hanya bagi pengguna Android 10. Nah bagi pengguna Android 10 kebawah, seperti Android 9, 8, 7 dan kebawah lagi mereka harus menginstall aplikasi pihak ketiga baru bisa mencicipi mode gelap ini.

Bila kamu menggunakan smartphone keluaran terbaru, mungkin kamu bisa mengupdate OS hp kamu ke versi terbaru atau Android 10 barus bisa mengaktifkan mode gelap pada pengaturan tema ponsel.

Bagaimana dengan hp yang sudah dipakai bertahun-tahun yang sudah tidak tersedia lagi update Android ke versi 10? Sudah pasti fitur dark mode ini tidak ada di pengaturan tampilan hp Android kamu dan kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan mode gelap ini.

Nah kabar gembira sekarang kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram, karena lewat update aplikasi Instagram terbaru fitur mode gelap ini telah disisipkan.

Silahkan update aplikasi Instagram kamu ke versi terbaru.

Bagi hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Asus, dan hp Android lainnya yang masih menggunakan sistem operasi Android 10 kebawah dan tidak tersedia lagi untuk update sistem Android nya ke versi terbaru, kamu sekarang sudah bisa mengaktifkan mode gelap ini.

Iya Instagram sekarang telah menyediakan mode gelap yang bisa diaktifkan langsung dari aplikasi Instagram dengan mudah.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan mode gelap di Instagram Android? Langsung aja, tanpa perlu menunggu waktu lagi, ini cara mengaktifkan mode gelap / night mode / mode malam di hp Android lawas dengan mudah dan gampang:

Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Instagram Android

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Di Instagram Android Terbaru


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode Instagram untuk hp Android adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram, login bila belum. Selanjutnya buka profil akun Instagram kamu, klik pada icon menu pilihan kanan paling atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Selanjutnya klik "Pengaturan".


3. Scroll kebawah sedikit, klik pada menu "Tema".


4. Klik pada "Gelap" untuk langsung mengaktifkan mode gelap atau dark mode di aplikasi Instagram hp Android kamu.


Selamat kamu telah berhasil mengaktifkan mode gelap atau mode malam di Instagram Android kamu. Bila ingin kembali ke mode standar atau terang kamu bisa klik pada "Terang" tersebut.


Sekarang semua halaman pada aplikasi Instagram kamu telah berubah menjadi gelap latarnya dan teksnya menjadi putih.


Halaman beranda Instagram.


Halaman Pesan.


Sampai halaman chatting pun juga ikut dark mode.


Begitu juga dengan halaman notifikasi.


Dan halaman pencarian di Instagram yang tak luput dari mode gelap juga.


Itulah cara mengaktifkan mode gelap di Instagram bagi pengguna hp Android. Bagaimana apakah kamu telah berhasil mengaktifkan mode gelap di hp Android kamu?

Lihat juga:

Tips

Bila pada hp Android kamu belum muncul fitur mode gelap tersebut, silahkan update terlebih dahulu aplikasi Android di hp kamu. Selanjutnya restart hp kamu.

Jika sesudah di update fitur dark mode nya juga masih belum muncul di aplikasi Instagram pada hp Android kamu, itu berarti hp kamu masih menggunakan sistem operasi Android yang sangat lawas sehingga pihak Instagram tidak menyediakan lagi fitur dark mode buat sistem operasi jadul yang kamu gunakan.

Namun kamu tidak perlu kuatir bila belum terdapat fitur mode gelap tersebut, karena kamu masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah tampilan aplikasi Instagram kamu menjadi gelap. Caranya bisa dilihat pada artikel cara dark mode Instagram Android versi lama.

Kesimpulan

Memang tema gelap yang diberikan oleh Instagram warna gelapnya tidak benar-benar warna hitam pekat, yang akan membuat baterai hp kamu menjadi irit bila hp kamu menggunakan layar tipe amoled, namun paling tidak dengan adanya mode gelap ini bisa membuat mata kamu tidak sakit bila kamu membuka aplikasi Instagram dalam ruangan gelap.

Demikian artikel yang membahas cara mengaktifkan mode gelap di Instagram hp Android. Bila terdapat masalah atau hal lainnya silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Lihat juga:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon