Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Lokasi

Belum tau bagaimana cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi? Instagram adalah sosial media berbagi foto yang sangat populer di dunia, hampir semua kalangan sekarang menggunakan Instagram.

Lewat aplikasi Instagram yang di install di hp, banyak hal yang bisa dilakukan, tidak hanya upload foto dan video saja, mengomentari seta menyukai kiriman orang lain, akan tetapi kamu dapat menambahkan nama lokasi pada kiriman kamu.

Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menulis secara manual pada caption Instagram nama lokasi tersebut, akan tetapi kamu bisa langsung mencari dan memasukkan nama lokasi tempat foto kamu ambil tersebut. Menarik bukan?

Selain dapat menambahkan nama lokasi pada foto dan video yang di upload di Instagram, kamu juga bisa menaruh nama lokasi pada story yang kamu buat. Kamu bisa mengasih tau dimana lokasi kamu sedang berada kepada teman ataupun followers kamu.

Misal nama tempat dimana kamu makan siang, nama tempat wisata yang sedang kamu kunjungi, nama bangunan, nama daerah, dan lain sebagainya.

Namun sering kali nama lokasi tidak dapat dimuat, alangkah bikin kesal saat kamu hendak menaruh nama lokasi tiba tiba keluar pesan "Tidak Dapat Memuat Lokasi". Pasti hal ini bikin kamu sedih karena tidak dapat menaruh nama lokasi pada story yang kamu bagikan atau kiriman yang kamu upload.

Jangan sampai deh kamu menaruh nama lokasinya secara manual di kolom deskripsi atau di story yang kamu upload karena akan dianggap kamu masih belum bisa menggunakan Instagram.

Lihat juga:

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi? Langsung saja, tanpa perlu menunggu lama lagi, berikut cara mengatasi Instagram tidak bisa memuat lokasi dengan mudah:

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Lokasi


1. Aktifkan Lokasi/GPS


Sebelum membuka aplikasi Instagram dan membuat kiriman baru di Instagram, aktifkan terlebih dahulu Lokasi atau GPS yang ada di hp kamu. Silahkan tarik layar hp kamu dari paling atas kebawah sampai nampak seperti gambar dibawah ini, terus klik untuk menyalakan "Lokasi" atau "GPS".

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Lokasi

2. Aktifkan Lokasi Perangkap


Bila kamu lupa melakukan langkah yang pertama seperti cara diatas, maka saat kamu hendak memasukkan nama lokasi pada kiriman di Instagram maka akan keluar pesan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, klik "OKE" untuk mengaktifkan lokasi perangkat.


Sudah melakukan kedua cara diatas akan tetapi masih keluar pesan tidak dapat memuat lokasi? Maka lakukan langkah dibawah ini:

3. Beri Izin Lokasi


Langkah yang ketiga yang harus kamu lakukan untuk cara mengatasi lokasi tidak ditemukan di Instagram adalah memberikan izin lokasi untuk aplikasi Instagram yang ada di hp kamu. Cara agar lokasi di Instagram muncul sebagai berikut:

- Buka menu "Pengaturan" di hp kamu.


- Klik "Aplikasi".


- Pilih aplikasi "Instagram".


- Klik pada bagian "Izin".


Pada bagian "Lokasi" silahkan conteng icon tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Perlu diingat juga, beda merek hp dan beda sistem operasi hp mungkin caranya agak sedikit berbeda seperti cara diatas. Silahkan disesuaikan saja dengan hp yang kamu gunakan untuk memberikan izin lokasi nya.

4. Bersihkan Cache Instagram



Cara mengatasi Instagram tidak bisa memuat lokasi yang keempat adalah dengan cara membersihkan file cache atau file sampah yang menumpuk pada aplikasi Instagram kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store dan Apple Store untuk pengguna iPhone.

Aplikasi pihak ketiga tersebut yang bisa kamu gunakan adalah CCleaner, Clean Master, Nox Cleaner, AVG Cleaner, dan lain sebagainya.

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan file cache Instagram, kamu juga bisa menggunakan cara manual lewat menu pengaturan yang ada di hp kamu.

Caranya seperti cara no 1 diatas, yaitu beri izin aplikasi. Silahkan buka menu Pengaturan >Aplikasi>Instagram>Penyimpanan, kemudian klik "Hapus Cache" atau "Hapus Memori".

Perlu diingat juga, beda merek hp dan beda sistem operasi hp mungkin caranya agak sedikit berbeda dengan cara diatas. Silahkan disesuaikan saja dengan hp yang kamu gunakan untuk membersihkan file cache di Instagram ini.

Lihat juga:

5. Hapus Data Instagram



Cara mengatasi Instagram yang tidak dapat membuat lokasi yang kelima adalah dengan cara menghapus data Instagram. Namun perlu diingat, menghapus data Instagram akan membuat semua informasi login kamu seperti username dan password akun Instagram kamu akan dihapus. Artinya kamu harus login kembali untuk masuk ke akun Instagram kamu.

Cara menghapus data Instagram adalah dengan cara membuka menu pengaturan sama hanya dengan cara diatas. Buka Pengaturan>Aplikasi>Instagram>Penyimpanan, kemudian klik "Hapus Data".

Perlu diingat juga, beda merek hp dan beda sistem operasi hp mungkin caranya agak sedikit berbeda dengan cara diatas. Silahkan disesuaikan saja dengan hp yang kamu gunakan untuk menghapus data di Instagram ini.

6. Pastikan Koneksi Internet Kencang


Cara mengatasi tidak dapat memuat lokasi di Instagram bila semua cara diatas sudah dicoba dan masih belum bisa menemukan lokasi, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil apa tidak.

Bila koneksi internet yang kamu gunakan lelet, tidak kencang, dan tidak stabil, silahkan ganti kartu internet yang kamu gunakan atau menggunakan wifi yang kencang. Karena bila koneksi internet yang kamu gunakan kurang stabil, hal ini akan menyebabkan Instagram kesulitan mencari nama lokasi di tempat kamu.

7. Update Aplikasi Instagram




Sudah berapa lama kamu tidak melakukan update aplikasi Instagram? Bila cukup lama silahkan lakukan update aplikasi Instagram ke yang versi terbaru. Menggunakan Instagram versi yang terdahulu bisa jadi penyebab Instagram tidak dapat memuat lokasi.

8. Paksa Berhenti Aplikasi Instagram


Silahkan buka menu Pengaturan>Aplikasi>Instagram dan klik "Paksa Berhenti". Dengan cara ini akan membuat aplikasi Instagram yang ada di hp kamu jadi ringan, dan dapat mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi.

9. Restart HP




Silahkan restart handphone atau matikan terus hidupkan lagi hp kamu. Dengan cara merestart hp, hal ini akan membuat aplikasi Instagram kamu jadi ringan dan dapat mengatasi Instagram tidak dapat membuat nama lokasi.

10. Copot Pemasangan Instagram



Bila kesemua cara diatas sudah kamu lakukan, akan tetapi Instagram masih saja tidak dapat memuat lokasi, kamu bisa mencoba uninstall aplikasi Instagram. Tapi ingat dulu ya sandi dan username akun Instagram kamu, jangan sampai lupa karena nanti akan diminta login kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi. Bagaimana apakah kamu sudah berhasil memasukkan nama lokasi di kiriman kamu di Instagram? Lakukan cara agar lokasi di Instagram muncul seperti diatas agar postingan yang kamu upload ke Instagram dapat kamu taruh nama lokasinya.

Demikian artikel singkat cara mengatasi lokasi tidak ditemukan di Instagram. Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan komentar dibawah bila ada kendala. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon