Cara Live Streaming Youtube Di HP Android

Masih belum tau bagaimana cara live streaming Youtube pada HP Android yang kamu gunakan? Nah bagi kamu yang masih bingung dan kesulitan untuk melakukan siaran langsung di hp Android nya, dibawah ini akan dijelaskan dengan jelas cara membuat video siaran langsung atau live lewat hp Android kamu.

Tidak hanya melalui aplikasi Instagram saja, lewat aplikasi Youtube yang ada di smartphone Android, kamu juga bisa melakukan live streaming dan langsung mengupload nya ke channel Youtube kamu, serta para subscriber kamu dapat dengan langsung menontonnya sambil memberikan komentarnya. Menarik bukan?

Ini sangat cocok untuk kamu lakukan bila sedang berada di suatu event pertunjukan, pameran, konser musik, menonton pertandingan sepak bola, dan lain sebagainya.

Dengan langsung melakukan video live streaming ketika acara sedang berlangsung, dan ketika sudah selesai melakukan live streaming nya, video kamu akan langsung otomatis terupload ke channel Youtube kamu. Jadi kamu tak perlu mengupload nya lagi.

Mirip live pada aplikasi Instagram, setelah selesai live langsung bisa kamu upload.

Ini sangat bagus dan kemungkinan besar bisa mendapatkan view lebih banyak karena orang lain belum mengupload nya ke channel Youtube mereka bila mereka tidak melakukan live streaming di suatu acara event yang sama-sama kamu datangi.

Lantas bagaimana cara live streaming Youtube di hp? Nah sebelum kamu melakukan live streaming di Android, ada beberapa syarat dulu yang harus kamu perhatikan dulu. Berikut syarat untuk live streaming:

Syarat live streaming Youtube di HP

  1. Memiliki channel Youtube. Belum punya channel Youtube? Silahkan ikuti panduan cara membuat channel Youtube lewat hp.
  2. Channel Youtube harus sudah di verifikasi terlebih dahulu. Bila belum silahkan verifikasi dulu channel Youtube kamu dengan nomor hp pada link ini https://www.youtube.com/verify dan mengaktifkan fitur untuk melakukan live nya pada link ini https://www.youtube.com/features.
  3. Harus memiliki 1000 subscribe terlebih. Bila channel kamu belum memiliki 1000 subscribe, otomatis kamu tidak bisa melakukan live streaming melalui hp, namun kamu masih bisa melakukan live streaming melalui pc. Lewat pc tidak ada minimal harus ada berapa subscriber agar bisa melakukan live streaming.
  4. Koneksi internet yang stabil, serta memiliki sisa kuota internet yang cukup. Jangan sampai pas lagi live tiba-tiba kuota kamu habis. Lucu kan?
Apakah semua syarat live streaming diatas sudah kamu penuhi semua? Bila sudah, maka saatnya untuk melakukan live steaming pada Youtube channel kamu lewat hp Android. Berikut cara live streaming Youtube di hp Android dengan mudah dan gampang:

Cara Live Streaming Youtube Di HP Android

Cara Live Streaming Youtube Di Android


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara melakukan live streaming pada hp Android adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada pada hp Android yang kamu gunakan. Bila belum login, silahkan login terlebih dahulu dengan akun Youtube kamu. Bila sudah silahkan klik icon rekam video seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Silahkan klik icon "Live" pada bagian paling bawah seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


3. Silahkan masukkan judul untuk video live tersebut. Tanpa memasukkan judul kamu tidak bisa melakukan live. Pada menu "Opsi Lainnya", kamu bisa menjadwalkan  video live nya, dan klik "Setelah Lanjutan" untuk mematikan fitur chat, membatasi usia, mengaktifkan promosi berbayar, serta mengaktifkan monetisasi. Bila sudah klik "Berikutnya" untuk memulai live streaming nya.


4. Secara otomatis kamera akan menangkap dan membuat gambar thumbnail untuk video live streaming ini. Bila gambar thumbnail nya kurang bagus kamu bisa mengambil nya lagi dengan cara klik icon pensil tersebut. Kamu bisa ambil ulang thumbnail, atau mengupload thumbnail yang sudah kamu persiapkan terlebih dahulu di galeri hp kamu. Klik "Mulai Live Streaming" untuk langsung melakukan live streaming nya.


5. Kamu bisa memutar layar smartphone kamu untuk melakukan live streaming dalam mode lanskap, atau klik "Streaming Dalam Mode Potret". Tapi untuk Youtube lebih bagus videonya dalam bentuk landscape saja, kecuali untuk Instagram.


6. Sekarang kamu sedang Live pada channel Youtube kamu. Kamu juga bisa mengganti kamera, misal kamu sedang merekam dengan menggunakan kamera belakang, klik icon pertama paling bawah sudut kiri tersebut untuk mengganti ke kamera depan. Klik icon komentar yang kedua untuk melihat chat dan membalasnya. Klik icon ketiga untuk menggunakan filter pada video live tersebut, dan icon titik tiga paling kanan bawah adalah untuk mengaktifkan lampu flash kamera, membagikan video live tersebut, dan mematikan mic kamera.


7. Klik icon "X" untuk stop atau berhenti live streaming nya.


8. Klik "OK" untuk menghentikan live streaming nya.


9. Klik "Selesai" dan kamu bisa melihat berapa durasi video live streaming nya, total waktu ditonton, dan lain-lain.


Video live streaming tersebut secara otomatis langsung di upload ke channel Youtube kamu.


Dan kamu bisa menontonnya kembali untuk melihat hasilnya. Bila jelek kamu bisa menghapusnya.


Inilah hasil video live streaming kamu tadi yang sudah berada di channel Youtube kamu. Kamu bisa menontonya dan membagikannya ke sosial media. Untuk mengedit judul, deskripsi, dan lain-lainnya kamu bisa mengubahnya lewat aplikasi Instagram Youtube tersebut. Dan agar bisa mengedit lebih lengkap kamu bisa membukanya lewat browser yang ada di hp atau pun pc.


Selamat kamu telah berhasil melakukan live streaming pada channel Youtube kamu. Bagaimana ternyata cukup mudah dan gampang kan cara live streaming Youtube di hp Android.

Lihat juga:

Tapi ingat, agar bisa melakukan live streaming pada hp, channel Youtube kamu harus memiliki 1000 subscribe dulu. Bila belum memiliki 1000 subscriber, kamu tidak bisa melakukan live streaming di hp, dan hanya bisa melalui pc saja.

Cara live streaming Youtube di iPhone sama saja dengan cara live streaming Youtube di Android, tinggal buka aplikasi Youtube lewat iPhone, lalu ikuti tutorial diatas dan kamu sudah bisa live streaming juga lewat hp iPhone kamu.

Selain itu, sebelum melakukan live streaming, jangan lupa cek koneksi internet yang kamu gunakan. Bila tidak stabil, bisa mengakibatkan video live tersebut patah-patah dan kualitas nya akan jelek saat di upload ke channel kamu nantinya. 

Demikian artikel lengkap yang membahas cara live streaming Youtube di hp. Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah bila ada kendala. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:

Ini Adalah Artikel Terbaru