12 Cara Mengatasi Instagram Lemot Dan Macet

Bingung bagaimana cara mengatasi Instagram lemot? Instagram sudah menjadi aplikasi sosial media yang sangat disukai oleh banyak kalangan. Jadi tak heran banyak waktu yang dihabiskan para penggunanya untuk menggunakan Instagram.

Nah saat asyik bermain dengan Instagram tiba-tiba aplikasi Instagram lemot, hp jadi panas, hang, ngelag, dan macet, pasti hal ini bikin kamu kesal karena lagi asyik seru-serunya bermain dengan Instagram.

Tak jarang juga keluar pesan notifikasi seperti "sayangnya Instagram telah berhenti" dan notifikasi lainnya pada smartphone yang kamu gunakan.

Masalah Instagram lemot ini tidak hanya terjadi pada hp-hp Android saja, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, Samsung, dan lain-lain, akan tetapi terjadi juga pada hp jenis iPhone loh.

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram yang lemot dan lambat tersebut? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi Instagram lemot padahal sinyal bagus dengan mudah:

Cara Mengatasi Instagram Lemot


Cara Mengatasi Instagram Lemot Dan Macet

1. Jangan terlalu banyak scroll ke bawah


Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara memperbaiki Instagram lemot adalah dengan cara tidak terlalu banyak scroll pada aplikasi Instagram.

Apalagi hp yang kamu gunakan spesifikasinya rendah, semakin banyak kamu scroll ke bawah maka hp kamu akan semakin berat, karena semakin banyak foto dan video yang dimuat, jadinya hp kamu akan lemot, hang, lag dan macet.

2. Jangan buka menu pencarian


Membuka menu pencarian akan membuat hp kamu lemot, macet, panas, dan hang juga. Saat membuka menu pencarian, banyak foto dan video yang akan terbuka secara otomatis.

Selain bikin hp panas dan lelet, kuota internet kamu juga bakalan cepat habis bila kamu membuka menu search pada aplikasi Instagram.

Jadi bila tidak terlalu penting jangan sering-sering ya pencet icon search pada aplikasi Instagram yang ada di Android atau iPhone yang kamu gunakan.

3. Hapus riwayat pencarian Instagram


Riwayat pencarian yang tidak pernah dihapus selama kamu menggunakan aplikasi Instagram di hp tersebut pasti akan membuat hp kamu jadi lemot. Jadi jangan lupa menghapus riwayat pencarian Instagram, seperti pencarian hashtag, akun, lokasi, nama tempat, dan lain-lain.

4. Hapus cache Instagram


Menghapus file cache atau file sampah pada aplikasi Instagram akan membuat aplikasi Instagram menjadi cepat kembali.

Apakah kamu pernah menghapus file cache pada aplikasi Instagram? Bila jarang, pantas saja Instagram kamu lemot saat dibuka karena menumpuknya file sampah yang ada disana.

Untuk menghapus file cache pada aplikasi Instagram, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dengan cara manual.

Untuk aplikasi pihak ketiga kamu bisa menggunakan CCleaner, C Master, dan lain sebagainya yang bisa kamu download di Play Store atau Apple Apps Store bagi pengguna IOS.

Lihat juga:
Cara mengatasi tidak bisa upload video di Instagram
Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka dengan mudah

5. Hapus data Instagram


Cara mengatasi Instagram lemot lainnya selain menghapus cache adalah menghapus data Instagram. Menghapus data Instagram akan membuat aplikasi Instagram lebih cepat, dan ringan.

Cara menghapus data Instagram kamu bisa pergi ke menu Pengaturan>Aplikasi>Instagram>Penyimpanan, selanjutnya klik "Hapus Data".

Namun sebelum kamu menghapus data Instagram, jangan lupa untuk terlebih dahulu kamu catat sandi akun Instagram kamu terlebih dahulu ya, karena menghapus data juga akan menghapus informasi login juga.

6. Recent Apps


Menekan tombol recent apps dan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang hp ternyata bisa membuat aplikasi Instagram jadi ringan dan mudah dibuka.

Tombol recent apps ini tiap jenis dan merek hp letak nya berbeda beda, ada yang menaruhnya disebelah kiri, kanan, bahkan tengah.

Silahkan pencet tombol recent apps tersebut, silahkan cari aplikasi Instagram, klik X atau klik tahan kemudian geser kesebelah kiri atau kanan untuk menutup nya.

Kamu juga bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar hp kamu, dan pastinya akan membuat hp kamu lebih kencang, membuka Instagram akan semakin mudah.

7. Restart hp


Kamu juga bisa merestart ho kamu agar hp kamu mencari lebih ringan, dan membuka aplikasi jadi semakin mudah, begitu juga dengan aplikasi Instagram.

Saat hp dimatikan lalu dihidupkan ulang, semua aplikasi yang terbuka dan yang hidup berjualan di latar belakang akan dimatikan semua, hp pun jadi semakin ringan dan kencang.

8. Update aplikasi Instagram


Coba cek pada pada Google Play Store atau Apple Apps Store aplikasinya Instagram nya apakah ada diminta untuk di update? Bila iya silahkan klik update atau perbarui.

Aplikasi Instagram yang tidak pernah di update pasti akan lemot, bikin hp cepat panas, lalu hang.

Tiap kali di update, pihak Instagram selalu memperbaiki beberapa fiturnya yang bermasalah dan bikin Instagram lemot.

Jangan lupa untuk cek update aplikasi Instagram ya, karena biasanya dalam seminggu Instagram bisa 3 kali minta update.

Dengan mengupdate aplikasi Instagram, selain bikin Instagram kencang, kamu juga bisa mencoba fitur-fitur baru yang sering kali disertakan dalam setiap update nya.

9. Log Off


Keluar dari aplikasi Instagram lalu masuk kembali juga akan membuat Instagram cepat, tidak lemot dan macet. Silahkan klik logoff kemudian login kembali.

Tapi jangan lupa simpan dulu informasi login nya ya. Jangan sampai nanti kamu tidak bisa login lagi ke akun Instagram kamu.

10. Copot pemasangan aplikasi Instagram


Cara lainnya mengatasi Instagram yang lemot adalah mencopot pemasangan aplikasi Instagram. Dengan mencopot pemasangan aplikasi Instagram lalu memasangnya lagi akan membuat aplikasi Instagram lebih kencang.

Namun sebelum klik copot pemasangan aplikasi Instagram, jangan lupa untuk mengingat sandi akun Instagram kamu ya, karena akan dihapus dan diminta masukkan lagi nantinya.

11. Update OS HP


Ini juga sangat penting untuk mengatasi Instagram lemot dan juga aplikasi lainnya yang ada di hp kamu. Silahkan update OS hp kamu, baik Android maupun iPhone.

Sistem operasi hp yang tidak pernah di update sama sekali selain membuat aplikasi Instagram lemot, hp kamu dan aplikasi lainnya juga lemot, lelet, macet dan hang karena banyak aplikasi yang tidak cocok berjalan pada OS yang telah usang.

Lihat juga:
Cara mengatasi tidak bisa upload Instagram story
Cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi

12. Periksa koneksi internet


Saat membuka Instagram apakah kamu sering menerima notifikasi "Tidak dapat memuat ulang kabar berita"? Penyebab keluar pesan tersebut adalah koneksi internet yang buruk.

Ini patut kamu periksa, yaitu koneksi internet yang kamu gunakan. Koneksi internet yang buruk juga akan membuat aplikasi Instagram jadi lemot, video Instagram lambat, dan foto juga lama dimuat.

Bila kartu internet yang kamu gunakan masih 3G, silahkan upgrade dulu ke 4G atau 5G di kantor provider jaringan hp yang kamu gunakan.

Itulah cara mengatasi Instagram lemot. Bagaimana apakah setelah mencoba salah satu cara diatas atas semua cara diatas Instagram kamu sudah tidak lemot lagi?

Demikian artikel lengkap cara mengatasi Instagram lemot ini. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah bila masih terdapat masalah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara menghapus notifikasi pemberitahuan di Instagram
Cara menonaktifkan komentar di Instagram
Cara membuat 2 aplikasi Instagram dalam 1 hp
Cara mengatasi Instagram tidak bisa komentar