7 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

Bila kerjaan sudah kelar serunya itu main dengan Instagram, tapi apa daya aplikasi Instagram tidak bisa dibuka :(. Pernah enggak kamu mengalami kejadian seperti ini yaitu aplikasi Instagram tidak mau terbuka malah bikin hp kamu hang, tidak bisa di klik apapun, dan keluar pesan ini itu? Bila iya pasti hal seperti ini membuat kamu sebel dan bete mau menghilangkan suntuk bermain dengan Instagram malah tidak bisa.

Instagram Tidak Bisa Dibuka

Instagram memang tidak bisa lepas bagi setiap orang, baik itu muda maupun tua. Semua fitur yang ada didalam nya seakan membuat kamu ketergantungan ingin membuka aplikasi Instagram terus menerus, baik itu hanya sekedar mengecek notifikasi, lihat update Instagram story dari teman, atau pun ingin mengupdate aktivitas sehari-hari kamu di story. Nah semua hal tersebut tidak bisa kamu lakukan bila Instagram kamu bermasalah, yaitu aplikasi Instagram tidak bisa dibuka.

Pesan kesalahan yang sering muncul "Instagram tidak bisa dibuka karena terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui", "Maaf, terdapat masalah pada permintaan Anda", "Terjadi kesalahan jaringan 503", dan lain-lain.

Kamu tenang, sekarang kamu jangan sebel dan bete lagi, karena dibawah ini akan ada solusinya yaitu cara mengatasi aplikasi Instagram tidak bisa dibuka. Tapi sebelum membahas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka kamu patut mengetahui dulu apa penyebab Instagram tidak bisa dibuka.

Penyebab Instagram Tidak bisa Dibuka


Ada banyak hal yang menyebabkan aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau pun Iphone kamu tidak bisa dibuka, penyebab yang paling umum terjadi adalah menumpuknya file cache. Bila file cache sudah terlalu banyak, maka akan menyebabkan aplikasi Instagram berat, bila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan aplikasi Instagram jadi error.

Lihat juga:
Cara mengatasi tidak bisa upload video di Instagram
Cara mengatasi "Sayangnya Instagram telah berhenti"

Selain  menumpuknya file cache kapasitas RAN hp kamu yang kecil juga akan menyebabkan aplikasi Instagram tidak bisa dibuka, apalagi kamu terlalu banyak menginstall aplikasi di hp, ditambah lagi aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak kamu tutup dengan semestinya pasti akan membuat hp kamu berat, serta aplikasi Instagram otomatis tidak bisa dibuka karena file nya terlalu gede.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah


1. Tekan tombol Recent Apps


Contoh tombol recent apps
Untuk cara yang pertama yaitu mengatasi Instagram tidak bisa dibuka adalah dengan cara menekan tombol Recent Apps. Nah selanjutnya silahkan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Kamu bisa tutup satu persatu atau semua sekaligus. Tombol Recent Apps ini biasanya berada di bawah, bisa sebelah kiri atau pun sebelah kanan, dan bentuk icon nya pun tidak sama persis di beberapa merek hp Android.

2. Hapus Cache


Ilustrasi cache
Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan cara menghapus cache. Cache adalah file sampah yang menumpuk di hp kamu. Untuk menghapus file cache ada dua cara, yang pertama melalui bantuan aplikasi pihak ketiga, dan dengan cara manual

Aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file cache adalah CCleaner, CleanMaster, serta lain sebagainya yang bisa kamu search di Google Play Store.

Untuk Cara yang manual menghapus file cache adalah pergi ke Pengaturan >> Pengelola file >> Lalu bersihkan. Tapi beda merek hp beda pula cara manual menghapus file cache ini.


3. Clear Data


Clear Data
Bila kedua cara diatas belum ampuh, kamu bisa mencoba cara ketiga ini untuk mengatasi ig tidak bisa dibuka. Caranya buka menu pengaturan, lalu klik aplikasi manager, cari aplikasi Instagram lali klik. Lihat dibawahnya lalu klik "Penyimpanan" atau "Storage". Nah disini ada dua opsi yang bisa kamu coba, kamu bisa mencoba dua-duanya.

Hapus Data ( Clear Data) untuk menghapus semua data yang ada di dalam aplikasi Instagram kamu, seperti informasi login, pencarian, dan lain-lain nya. Bila kamu pilih opsi ini, jangan lupa kamu ingat dulu sandi akun ig nya, karena nanti akan disuruh login kembali.

Hapus Memory ( Clear Cache) Opsi ini tidak akan menghapus informasi login kamu, cuma menghapus file sampah saja, seperti pencarian dan lain-lain.

4. Update Instagram


Ilustrasi update
Bila masalah masih muncul yaitu Instagram tidak bisa dibuka silahkan update aplikasi Instagram kamu, mungkin siapa tau kamu masih menggunakan aplikasi Instagram yang telah usang. Caranya pergi ke Google Play Store, cari Instagram lalu klik update.

5. Restart Android Kamu


Ilustrasi restart
Coba restart hp kamu. Cara ini akan membuat hp kamu lebih fresh, dan akan kencang lagi karena semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan hilang semua.

6. Hapus Pasang Aplikasi


Ilustrasi hapus aplikasi
Cara ini bisa kamu coba untuk mengatasi Instagram tidak bisa dibuka yaitu mencopot pemasangan aplikasi Instagram lalu menginstall nya kembali. Tapi perlu diingat kamu harus hafal dulu sandi akun Instagram kamu ya, karena akan diminta informasi login kembali.

7. Update OS


Ilustrasi update sistem operasi Android
Coba cek deh sistem operasi hp kamu, siapa tau kamu masih menggunakan sistem operasi atau OS yang telah usang. OS yang lawas sering kali membuat aplikasi Instagram error dan tidak bisa dibuka karena aplikasi Instagram selalu dibikin untuk sistem operasi terbaru tiap kali kamu mengupdate nya.

Itulah artikel lengkap bagaimana cara mengatasi aplikasi Instagram tidak bisa dibuka di hp Android dengan mudah. Lakukan cara-cara diatas bila tiba-tiba aplikasi Instagram kamu tidak bisa dibuka kembali. Bila ada masalah silahkan bertanya dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara mengembalikan akun Instagram yang di blokir
Cara mengatasi copyright di Instagram
Cara menambahkan link di Instagram story "Swipe Up"
Cara copy paste caption di Instagram