Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Instagram Story

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa upload Instagram story? Tidak dapat mengunggah Instagram story pasti bikin kamu kesal dan sedih karena kamu tidak bisa membagikan moment yang baru saja terjadi, atau aktivitas yang baru saja kamu lakukan waktu itu juga.

Instagram story atau instastory adalah fitur yang sudah lama ada pada aplikasi Instagram yang sangat populer. Bisa dibilang populer dari fitur lainnya yang ada pada aplikasi Instagram karena jumlah penggunanya yang sangat banyak.

Sebelum snapgram ini muncul, kebanyakan para pengguna Instagram lebih aktif dan banyak mengupload kiriman di feeds akun mereka, akan tetapi semenjak fitur story ini hadir, para pengguna Instagram lebih banyak memasukkan konten ke Instagram story.

Jadi pada feeds Instagram sekarang lebih memilih kualitas kiriman, dan pada story Instagram lebih apa adanya. Kebanyakan aktivitas keseharian, curhat, mengirim ucapan, dan membagikan kiriman orang lain, seperti kata-kata bijak atau postingan lucu.

Nah saat kamu ingin membuat kiriman di story, baik itu aktivitas kamu, kejadian disekitar kamu yang pengen kamu upload waktu itu juga eh tiba-tiba Instagram story error. Kamu tidak bisa upload di Instagram story. Story yang kamu upload terhenti tidak mau berjalan lagi. Pasti hal ini membuat kamu kesal, bete, sedih dan marah.

Bagaimana tidak, kamu tidak bisa membagikan moment yang terjadi saat itu juga. Padahal kamu pengen followers kamu melihat nya pada waktu itu juga. Tapi kamu tidak perlu kuatir, kamu bisa mengatasi tidak bisa upload di story.

Lihat juga:
Cara mengatasi tidak bisa upload video di Instagram
Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka

Lantas bagaimana cara mengatasi story Instagram error atau Instagram tidak bisa upload insta story? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi tidak bisa upload Instagram story dengan mudah:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Instagram Story



1. Periksa Koneksi Internet


Tidak dapat mengunggah Instagram story penyebab utamanya adalah ada pada koneksi internet yang kamu gunakan. Coba periksa apakah koneksi internet kamu bermasalah seperti ada gangguan jaringan yang menyebabkan jaringan internet jadi lambat.

Bila jaringan operator yang kamu gunakan terbukti lagi ada gangguan yang menyebabkan koneksi internet jadi lelet, kamu bisa mencoba mengganti kartu internet, bisa juga memakai hotspot teman atau mencari jaringan wifi di warung kopi.

2. Coba Kirim Kembali



Bila koneksi jaringan internet kamu sudah pulih kembali, berarti kamu sudah bisa upload Instagram stories kembali. Klik "Coba Lagi" untuk mengirim kembali story yang tadi kamu upload tidak terkirim.

3. Hapus Dan Upload Ulang



Sudah mencoba kirim kembali akan tetapi instastory tidak bisa upload juga? Coba hapus saja story yang tidak terkirim tersebut lalu upload ulang. Dengan begitu kamu sudah bisa mengatasi Instagram story tidak bisa upload.

Bila ketiga cara diatas sudah kamu coba akan tetapi kamu masih belum bisa juga upload di Instagram story, maka kamu patut melakukan beberapa hal sederhana dibawah ini:

Hapus Cache Instagram



Apakah kamu pernah melakukan pembersihan cache pada aplikasi Instagram? Bila kamu jarang melakukannya bisa dipastikan file sampah sudah sangat banyak dan menumpuk disana.

Silahkan bersihkan cache pada aplikasi Instagram, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Clean Master, dan lain sebagainya.

Selain aplikasi pihak ketiga diatas kamu juga bisa melakukan dengan manual, silahkan buka menu Pengaturan>Aplikasi>Instagram, kemudian klik "Hapus Cache" atau "Hapus Memori".

Dengan melakukan penghapusan file cache, akan membuat aplikasi Instagram menjadi lebih ringan dan mudah dibuka sehingga dapat mengatasi gagal upload di story.

Hapus Data Instagram



Selain dengan menghapus cache Instagram, kamu juga bisa mencoba untuk menghapus data Instagram. Dengan menghapus data Instagram akan membuat aplikasi Instagram jadi lebih ringan dan mudah dibuka.

Caranya silahkan pergi ke menu Pengaturan>Aplikasi>Instagram>Penyimpanan, kemudian klik "Hapus Data". Jangan lupa untuk mengingat kata sandi akun Instagram kamu ya, karena nanti kamu mesti login kembali.

Perlu di ingat juga, beda merek hp atau sistem operasi cara membuka menu "Hapus Data Instagram" atau "Hapus Cache Instagram" agak sedikit berbeda. Silahkan disesuaikan dengan hp yang kamu gunakan.

Lihat juga:
Cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti
Cara menghapus notifikasi pemberitahuan di Instagram

Logoff Akun


Cara mengatasi story Instagram error atau tidak bisa upload, kamu bisa mencoba keluar dari akun Instagram kamu dan login kembali. Dengan cara logoff dan login kembali ternyata bisa mengatasi tidak bisa upload di Instagram story.

Recent Apps



Melakukan recent apps ternyata bisa mengatasi tidak bisa upload di Instagram story. Aplikasi Instagram akan menjadi ringan kembali. Caranya cukup gampang, silahkan pencet tombol "Recent Apps" yang ada di hp kamu, lalu silahkan cari aplikasi Instagram yang sedang berjalan tersebut, lalu hapus atau klik "X" untuk menutupnya.

Kamu juga bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan tersebut agar hp kamu menjadi lebih ringan. Keuntungan nya juga akan membuat aplikasi Instagram semakin ringan dan mudah dibuka.

Selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi Instagram dan upload kembali story yang tadi error alias tidak bisa upload Instagram story.

Restart Smartphone


Instastory tidak bisa upload juga? Silahkan restart smartphone kamu atau matikan dan hidupkan kembali. Dengan merestart smartphone, semua fungsi hp kamu akan menjadi ringan, aplikasi akan menjadi lebih fresh dan mudah dibuka, termasuk dengan Instagram. Dengan begitu, masalah tidak bisa upload foto atau video di snapgram akan teratasi.

Update Aplikasi Instagram


Sudah berapa lama kamu tidak melakukan update aplikasi Instagram? Apakah sudah satu minggu? Satu bulan? Atau bahkan sudah berbulan-bulan kamu tidak melakukan update aplikasi Instagram? Jangan lupa untuk selalu update rutin aplikasi Instagram kamu untuk mendapatkan fitur terbaru dari Instagram.

Cek minimal seminggu sekali ya. Karena aplikasi Instagram kadang dalam seminggu bisa 1-3 kali mendapatkan update. Jangan sampai kamu menggunakan aplikasi Instagram yang telah usang.

Update aplikasi Instagram juga sering memperbaiki masalah pada Instagram story, seperti penambahan fitur baru, dan memperbaiki masalah yang ada di story, seperti tidak bisa upload juga.

Copot pemasangan Instagram


Dengan mencopot atau unistall aplikasi Instagram, ternyata juga dapat mengatasi Instagram tidak bisa upload insta story. Silahkan copot pemasangan aplikasi Instagram yang ada di hp kamu, selanjutnya jangan lupa untuk install kembali. Tapi jangan lupa sama sandi dan username akun Instagram kamu ya, karena nanti akan diminta kembali informasi login nya.

Update OS HP


Silahkan update sistem operasi pada hp kamu. Bila kamu masih menggunakan OS versi lama, bisa jadi aplikasi Instagram tidak support sama OS lama, efeknya membuat aplikasi Instagram jadi error, salah satu masalahnya yaitu tidak bisa upload di Instagram story.

Dengan mengupdate OS hp, atau update Android ke versi terbaru tidak hanya membuat aplikasi Instagram jadi berjalan dengan sempurna, akan tetapi akan membuat hp mau menjadi ringan, membuat aplikasi akan terasa lebih cepat.

Itulah artikel singkat cara mengatasi tidak bisa upload Instagram story atau Instagram story tidak bisa upload. Setelah mencoba melakukan semua hal diatas apakah kamu sudah dapat mengatasi upload video Instagram bermasalah tersebut?

Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah bila masih terdapat masalah. Demikian artikel cara mengatasi story Instagram error ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara menonaktifkan komentar di Instagram
Cara membatasi komentar di Instagram
Cara menyembunyikan story Instagram
Cara menyembunyikan foto yang ditandai di Instagram