Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul

Bagaimana cara mengatasi caption Instagram tidak muncul? Pas selesai menulis caption, menambahkan hashtag, lokasi, dan menandai teman, lalu pada saat mau mengupload malah captionnya hilang.

Apakah kamu sering mengalami hal tersebut yaitu caption Instagram hilang tidak muncul? Pasti masalah ini bikin kamu kesal, sedih dan putus asa karena sudah cape-cape menulis caption nya eh malah tidak muncul pas postingannya selesai di upload.

Ketika mau menyunting kembali dan ingin menyimpannya tiba-tiba keluar pesan notifikasi pemberitahuan sebagai berikut: "Suntingan Anda belum disimpan. Coba lagi!". Duh makin tambah kesal jadinya.

Betapa tidak, mungkin kamu menghabiskan waktu setengah jam buat memikirkan caption tersebut, waktu selesai mengupload eh malah tidak muncul hilang begitu saja. Terus waktu mau menyunting lagi juga tidak bisa.

Instagram adalah aplikasi sosial media berbagi foto yang jumlah penggunanya semakin hari semakin membludak, dari muda sampai tua sekarang sudah memiliki akun Instagram.

Yang namanya aplikasi buatan manusia pasti tidak bisa sempurna 100%, pasti sekali-kali terdapat masalah, misal error, lambat, dan sampai masalah caption Instagram yang hilang seperti yang kamu alami ini.

Tapi sekarang kamu tidak perlu kuatir lagi dan takut caption Instagram tidak muncul kembali pas mau upload postingan, karena dibawah ini akan dijelaskan penyebab dan cara mengatasi Instagram tidak bisa caption.

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul

Lantas bagaimana cara mengatasi suntingan Anda belum disimpan Instagram atau cara mengembalikan caption yang hilang di Instagram?

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi caption Instagram hilang dengan gampang:

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul Saat Posting Kiriman


1. Panjang caption 2200 karakter



Penyebab utama caption Instagram tidak muncul adalah caption atau deskripsi yang kamu tulis pada keterangan postingan yang di upload terlalu panjang.

Nah untuk cara mengatasi caption Instagram tidak muncul sudah pasti mengurangi jumlah caption yang kamu masukkan tersebut.

Jumlah caption yang diperbolehkan oleh Instagram adalah 2200 karakter. Ingat karakter, bukan kata ya.

Jadi coba hitung berapa banyak jumlah karakter yang telah kamu tulis pada caption postingannya. Bila melebihi 2200 karakter sebaiknya dikurangi jumlah karakternya.

Kamu bisa meringkas caption pada postingan kamu tersebut, atau bisa juga menggunakan kata-kata yang dipersingkat, contoh "Kenapa", kamu bisa menulisnya "knp", lalu "Orang-orang", kamu bisa menulisnya "Orang2".

Namun bila caption pada postingan yang kamu upload tersebut tidak mungkin kamu ringkas dan diperpendek, kamu bisa memasukkan sisa tulisan tersebut pada kolom komentar.

Nanti pada akhir kalimat kamu bisa menulis "bersambung pada kolom komentar", atau "part II di komentar". Hal ini banyak dilakukan oleh akun-akun Instagram berita. Bagaimana mudah kan?

Lihat juga:
Cara menyembunyikan status online di Instagram
Cara menyembunyikan foto yang ditandai di Instagram

2. Hashtag maksimal 30



Selain jumlah karakter tidak boleh melebihi 2200 karakter pada caption Instagram, penyebab caption Instagram tidak muncul lainnya adalah memasukkan hashtag melebihi 30 hashtag atau tagar (#).

Memasukkan hashtag lebih dari 30 hashtag akan menyebabkan caption yang kamu masukkan hilang, saat mau menyunting nya juga tidak akan muncul, makanya keluar pesan notifikasi "Suntingan Anda belum disimpan".

Cara mengatasi caption Instagram tidak muncul, coba hitung dan cek kembali sebelum di upload berapa banyak jumlah hashtag yang kamu masukkan, bila lebih dari 30 hashtag silahkan kurangi jumlah hashtag nya menjadi 30 atau dibawah 30.

Itulah penyebab dan cara mengatasi caption Instagram tidak muncul pada saat mau upload foto dan video di Instagram.

Lihat juga:
Cara mengatasi tidak bisa upload Instagram story
Cara menyembunyikan story Instagram

Perhatikan dan lakukan cara diatas agar caption pada Instagram tidak hilang lagi pada saat mengupload kiriman di Instagram.

Nah setelah melakukan cara diatas apakah sudah bisa teratasi masalah tidak munculnya caption pada kiriman Instagram? Bila iya coba perhatikan hal-hal dibawah ini:
  • Update aplikasi Instagram - Silahkan update atau perbarui aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau iPhone yang kamu gunakan. Mungkin siapa tau penyebab caption Instagram hilang karena adanya bug pada aplikasi versi tersebut, jadi pihak Instagram telah memperbaikinya pada update aplikasi Instagram terbaru.
  • Restart hp - Setelah selesai melakukan update aplikasi Instagramnya, agar update tadi dapat terbaca, maka silahkan restart hp kamu.
  • Hapus cache - Silahkan hapus cache atau file sampah yang ada pada hp kamu. Menghapus cache selain dapat mengatasi masalah caption Instagram tidak muncul, hp kamu akan lebih ringan. Membuka aplikasi Instagram pun akan lebih cepat. Menghapus cache Instagram caranya ada dua, bisa melalui menu pengaturan, pilih aplikasi, lalu Instagram, selanjutnya klik hapus cache.
Bagaimana apakah sudah teratasi masalah caption Instagram hilang? Silahkan lakukan cara-cara diatas untuk mengatasi masalah caption pada Instagram yang tidak muncul.

Itulah artikel cara mengatasi caption Instagram tidak muncul. Intinya masalah caption Instagram tidak muncul penyebabnya ada dua, yaitu jumlah karakter caption dan jumlah hashtag.

Maka dari itu agar tidak keluar lagi pesan pemberitahuan "Suntingan Anda belum disimpan", maka perhatikan kedua hal tersebut.

Demikian artikel singkat yang membahas tentang cara mengembalikan caption yang hilang di Instagram atau cara mengatasi Instagram tidak bisa menulis caption. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara mengatasi diblokir mendaftar akun baru Instagram
Cara mengatasi Instagram tidak bisa follow orang lain
Cara mengatasi Instagram tidak bisa komentar dan membalas komentar
Cara mengatas Instagram tidak dapat memuat lokasi