Panduan Lengkap Cara Menggunakan IGTV Instagram

Sebelum membahas apa itu IGTV, bagaimana cara menggunakan IGTV, cara upload video di IGTV, atau cara buat channel/saluran IGTV serta lain sebagainya, kamu patut tau dulu fakta menarik tentang video di Instagram.

Instagram sejak awal kemunculannya pada tahun 2010 dan dibeli oleh bos Facebook dengan harga yang sangat fantastis yaitu 1 Miliar Dollar AS pada tahun 2012, saat itu kamu hanya bisa mengupload video panjang maksimal durasi 15 detik saja.

Waktu itu dengan durasi yang hanya 15 detik, banyak konten creator bersusah payah membuat video bagus berdurasi 15 detik yang lengkap dan bisa enak ditonton.

Seiring berjalannya waktu para konten creator akhirnya lega karena Instagram sudah bisa upload video dengan durasi yang lebih  panjang yaitu 60 detik. Nah bila dirasa kurang cukup, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru Instagram lagi yaitu multiple.

Dengan fitur multiple ini, kamu bisa upload video dengan durasi sampai 10 menit. Tapi ada kelemahannya yaitu kamu harus memotong-motong dulu videonya per satu menit, jadi tidak bisa langsung berdurasi panjang 10 menit per-video.

Lantas bagaimana dengan Instagram story? Kalau di Instagram story beda lagi, kamu hanya bisa upload video dengan durasi 15 detik saja sama seperti awal kemunculan Instagram, dan itu akan menghilang setelah 24 jam.

Nah supaya tidak menghilang setelah 24 jam, dan selain kamu bisa membagikannya sebagai kiriman, kamu bisa juga menambahkan ke sorotan yang tampil di profil ig kamu yaitu dibawah informasi bio.

Untuk live Instagram, walaupun durasinya bisa sampai 1 jam, dia tidak bisa di save dan akan menghilang setelah 24 jam.

Lihat juga:

Nah untuk menjawab kerisauan tersebut, akhirnya pihak Instagram meluncurkan IGTV. IGTV adalah fitur terbaru Instagram yang diluncurkan pada tanggal 20 Juni 2018 waktu setempat. Dengan IGTV kamu bisa upload video mulai dari durasi 15 detik sampai dengan durasi 10 menit. Asyik kan?

Tapi ada juga konten creator pilihan yang bisa upload video sampai durasi 1 jam lebih loh. Contohnya selebgram, musisi, artis, dan akun-akun sudah centang biru.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan IGTV Instagram
Logo IGTV

IGTV ini cocok banget untuk artis, selebgram, tokoh publik, brand, onlinelshop, atau bagi kamu yang suka bikin konten video dan membagikannya ke Instagram. Video nya pun tidak akan menghilang, dan akan bertahan selamanya karena di simpan di akun kamu.

Fitur IGTV


Seperti yang aku kutip di blog Instagram, mereka mengatakan untuk merayakan pencapaian 1 miliar jumlah penggunanya, maka IGTV ini adalah hadiah mereka bagi pengguna Instagram di seluruh dunia. Kamu dapat menonton video vertikal berkualitas bagus dari konten creator favorit kamu atau video dari orang yang kamu follow.

Pada IGTV nanti akan ada beberapa menu yang bisa kamu pilih, seperti "Untuk Anda", "Mengikuti", "Populer", dan "Lanjutkan menonton". Serta ada juga tombol pencarian untuk mencari video dari konten creator lainnya.

Cara Menggunakan IGTV


Untuk cara menggunakan IGTV Instagram ternyata sangatlah mudah, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yang pertama kamu bisa download aplikasi IGTV di Google Play Store, dan di Apple Store.

Cara yang kedua kamu cukup mengupdate aplikasi Instagram yang ada di HP kamu. Bila sudah kamu update aplikasinya maka tombol IGTV Instagram akan langsung muncul di pojok kanan atas sebelah kiri tombol direct message, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Setelah kamu klik tombol IGTV tersebut makan kamu akan dibawa ke tampilan gambar seperti dibawah ini. Klik saja "Tonton Sekarang".


Nah seperti menghidupkan TV dirumah. Saat kamu buka IGTV maka videonya akan langsung tayang. Tapi tenang, suaranya membisu kok sebelum kamu pencet tombol volumenya di hp.

Berikut penjelasan beberapa menu nya:
  1. Cari IGTV: Disini kamu bisa mencari video dari siapa saja, kamu bisa ketik nama atau usnama akun Instagramnya.
  2. Mengikuti: Video IGTV dari orang yang kamu ikuti.
  3. Populer: Berisi video IGTV dari akun-akun Instagram terkenal.
  4. Lanjutkan Menonton: Yaitu melanjutkan menonton video IGTV yang sebelumnya sudah kamu nonton tapi belum habis.


Cara Membuat Saluran IGTV


Selain menonton video dari IGTV para konten creator, kamu juga bisa membuat video sendiri di IGTV. Untuk memasukkan video sendiri ke IGTV kamu mesti membuat channel atau saluran dulu. Mirip seperti di Youtube ya. Caranya, seperti yang tampak pada gambar di atas, klik icon pengaturan, yaitu icon roda yang tampak pada lingkaran kotak merah gambar di atas.

Selanjutnya klik "Buat Saluran" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Klik "Selanjutnya"


Klik "Selanjutnya" lagi


Sekarang klik "Buat Saluran" 


Nah saluran IGTV kamu telah berhasil dibuat. Selanjutnya klik di "Lihat saluran Anda" untuk memasukkan video pertama kamu di IGTV.


Klik icon + untuk menambahkan video atau klik di tulisan "Unggah Video" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Silahkan pilih video yang ada di galeri hp kamu yang ingin kamu upload ke IGTV Instagram. Lebih baik upload video vertikal, karena video horizontal bila kamu upload akan kena crop kiri kanan.


Klik "Selanjutnya" bila videonya sudah kamu pilih.


Sebelum kamu upload, disini kamu bisa mengedit sampul video kamu, memasukkan judul video, serta keterangan videonya. Kamu juga bisa membagikannya ke halaman Facebook kamu. Klik "Kirim" untuk mengupload.


Nah selamat video tersebut telah sukses kamu upload ke saluran IGTV kamu. Selanjutnya saat followers kamu membuka Instagram di hp nya, maka mereka akan diberitahu bahwa video IGTV terbaru dari kamu baru saja di upload. "New video from....: ....." yang muncul diatas snapgram orang yang kamu follows.


Sama hanya postingan di akun Instagram. Video IGTV juga bisa disukai, dikomentari, dan dibagikannya sebagai pesan (direct message), serta juga dapat dihapus kapanpun kamu mau.


Yang lebih menariknya lagi, saluran IGTV yang telah selesai kamu buat tadi akan dibuatkan tombol khusus di profil akun Instagram kamu. Letaknya di sebelah kiri tombol sorotan Instagram Stories seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Nah kamu serta followers kamu akan mudah untuk menonton video IGTV channel kamu.


Aplikasi IGTV Instagram


Selain langsung tersedia tombol IGTV diatas kanan feed ig kamu, Instagram juga membuat aplikasi khusus yang terpisah dengan aplikasi Instagram. Kamu bisa menginstall nya di Google Play Store atau di Apple Store bagi pengguna IOS.


Langsung deh IGTV nya terbuka dan tidak perlu masuk ke aplikasi Instagram lagi. Lebih simpel kan?


Nah itulah panduan lengkap cara menggunakan IGTV Instagram. Ternyata sangat mudah cara menggunakan IGTV, dan cara membuat saluran, serta cara mengupload videonya. Bagaimana apakah kamu sudah siap menggunakan fitur terbaru IGTV ini?

Saingan Youtube


Apakah IGTV ini akan bersaing mengalahkan situs berbagi video Youtube? Untuk sekarang kayaknya tidak mungkin karena video yang di upload ke IGTV tidak bisa di monetize kayak Youtube. Tapi kedepan tidak menutup kemungkinan.

Fitur IGTV Instagram tidak muncul


Sudah update aplikasi Instagram nya tapi tombol IGTV tidak muncul juga? Langkah yang harus kamu lakukan adalah menutup aplikasi Instagram yang berjalan di belakang layar, dan bisa juga kamu matikan dan hidupkan ulang hp kamu.

Bila artikel cara menggunakan igtv ini bermanfaat, jangan lupa untuk shrare, like dan komentar di bawah bila ada hal yang mesti ditanya. Terimakasih!

Oh ya bila ingin beli followers Instagram dengan harga yang murah bisa dilihat disini ya, serta like Instagram disini.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon