Cara Upload Video Ke Instastory Panjang

Bagaimana cara upload video ke instastory panjang lebih dari 15 detik? Banyak yang tanya pertanyaan ini. Memang kita cuma bisa memasukkan video ke Instagram story tidak lebih dari 15 detik saja, atau bila kamu merekamnya langsung lewat instastory pun durasi klipnya tetap 15 detik. Nah ini pasti bikin kamu kesel karena harus mengambil beberapa kali videonya.

Dengan cara mengambil banyak klik, dan memasukkan ke snapgram satu persatu pasti banyak momen-momen yang terlewatkan. Tidak mau kan momen-momen yang seru atau penting malah tidak terekam? Tapi memang dengan instastory ini bisa sangat cepat kita membagikan berbagai peristiwa-peristiwa yang barusan terjadi disekitar kita. Tinggal pencet tombol rekam, bagikan, dan followers kita langsung melihatnya.

Tapi bila video-video yang kamu masukkan adalah video panjang yang telah kamu edit, dan dengan alasan tertentu kamu tidak ingin memasukkan ke feed Instagram kamu, atau kamu sama seperti aku, ingin share lagi video-video lama agar para followers yang belum melihat bisa melihatnya.

Atau bisa juga sebagai ajang untuk promosi beberapa cuplikan clip video yang ada di channel Youtube kamu, yang tujuan kamu agar para followers kamu bila ingin menonton full videonya bisa mengunjungi youtube channel kamu. Lumayan kan tambah view.

Lalu bagaimana caranya upload video ke story Instagram dengan durasi panjang? Caranya adalah menyambungkan setiap klik. Saat followers kamu membuka snapgram kamu, maka mereka akan melihat deretan klik yang tayang layaknya video dengan durasi panjang. Berikut cara lengkap memasukkan video ke instastory lebih panjang:

Cara Upload Video Ke Instastory Panjang


Cara Upload Video Ke Instastory Panjang


1. Langkah yang pertama cara upload video ke instastory panjang adalah dengan cara bantuan aplikasi pihak ketiga. Dari aplikasi edit video Instagram lainnya yang beberapa sudah pernah aku coba, maka InShot - Editor Video Gratis adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk mengedit video. Silahkan download dan pasang aplikasi InShot ini di smartphone kamu. Untuk Android bisa di download disini, dan untuk pengguna iPhone disini.


2. Silahkan buka aplikasinya bila kamu sudah memasangnya di hp. Klik icon video seperti tampak pada gambar di bawah ini.


3. Silahkan buka atau pilih di folder mana video yang ingin kamu edit dan masukkan ke Instagram stories.


4. Dari sebelah kanan paling ujung silahkan tarik videonya ke sebelah kiri dengan durasi 15 detik. Harus pas 15 detik, tidak kurang dan tidak lebih agar nanti videonya pas, enak di lihat bila sudah di upload semua. Bila sudah klik icon conteng.


5. Klik icon pas supaya tidak terpotong saat memasukkan ke Instagram story videonya. Sebelumnya aku juga telah menulis tutorial di artikel cara upload video ke instagram story tanpa crop. Namun ternyata sekarang kamu tak perlu melakukan cara ini lagi karena pihak Instagram telah merilis fitur baru agar video atau foto yang mau di upload ke snapgram tidak terpotong lagi. Kamu nanti tinggal cubit saja layar hp kamu untuk memunculkan fitur no crop ini saat videonya sudah dimasukkan.

Nah saat kamu upload gambar atau video landscape dan tidak ingin warna latarnya di ditentukan oleh Instagram, maka kamu bisa mengubah warnanya sesuka kamu dengan aplikasi InShot ini. Caranya klik icon "Pas" seperti tampak pada gambar di bawah ini.


6. Klik pada "RASIO 1:1".


7. Lalu klik pada format "9"16" dan selanjutnya klik conteng seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


8. Klik conteng lagi.


9. Klik latar belakang untuk mengubah warna bagroundnya.


10. Silahkan pilih warna latar belakangnya sesuai dengan selera kamu. Kalau aku pilih warna agak gelap agar videonya terlihat lebih jelas. Bila sudah, silahkan klik icon conteng seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


11. Klik simpan bila sudah selesai.


12. Klik simpan lagi.



13. Pilih resolusi paling tinggi agar videonya tidak pecah saat dilihat oleh followers kamu.


14. Bila sudah tersimpan silahkan klik icon rumah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


15. Nah satu klip video telah selesai kita potong, dan selanjutnya kita ulang lagi langkah-langkah diatas untuk memotong klip video lainnya. Silahkan klik di icon video lagi seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


16. Klik "Baru" untuk membuat baru lagi.


17. Silahkan ulangi cara diatas. Karena video yang dimasukkan ke Instagram story durasinya cuma 15 detik, maka bila videonya satu menit kamu harus memotongnya menjadi 4 bagian seperti video aku ini. Kamu tinggal sesuaikan dengan panjang pendek video kamu. Bila 30 detik makan potong menjadi dua bagian, dan seterusnya.


Penjelasan gambar diatas:

A. Nah video pertama tadi sudah dipotong dari detik 1-15, maka sekarang silahkan tarik bagian kiri ke kanan sampai detik ke 15.
B. Tari bagian kanan ini ke kiri sampai totalnya terlihat angka 0:15.0, dan sebelah kirinya angka 0:30.0.
C. Klik conteng untuk menyimpan potongan video kedua ini.

Untuk video ketiga kamu tinggal tarik yang A ke durasi 0:30.0 dan B ke durasi 0:45.0 serta seterusnya di sesuaikan dengan durasi video kamu dengan setiap potongan per-klip adalah 15 detik pas.

18. Video durasi satu menit yang telah di potong-potong dengan mengikuti cara diatas sekarang sudah tersimpan di galeri pada folder INSHOT.


Video diatas sudah bisa kamu masukkan ke Instagram story kamu dengan cara harus berurutan agar videonya tidak terbalik-balik. Silahkan upload dulu video yang pertama diedit tadi, lalu yang kedua, dan seterusnya.

Buka Instastory, lalu klik tahan pada layar dan geser keatas, silahkan pilih folder inshot atau video yang barusan diedit tadi. Masukkan video yang pertama kali diedit tadi.


Nah videonya sudah bisa langsung kamu upload. Agar menarik kamu bisa memasukkan teks.


Selamat kamu sudah sukses upload video ke instastory panjang lebih dari 15 detik. Saat followers kamu membuka snapgram kamu, maka mereka akan melihat deretan klik yang tayang layaknya video dengan durasi panjang.


Nah bagaimana cara upload video ke instastory durasi panjang ternyata sangat mudah dan gampang kan. Sekarang kamu bisa merekam dengan kamera hp kamu dulu videonya agar momen-momen peting tidak terlewatkan. Selanjutnya kamu bisa mengeditnya dengan aplikasi ini, serta memasukkan ke snapgram.

Aplikasi edit video InShot ini tidak hanya bisa memotong video saja, sama seperti aplikasi edit video lainnya, aplikasi InsHot ini juga bisa dimasukkan musik, menambah teks, memperlambat dan mempercepat video, memutar dan membalik tampilan video, memasang stiker, dan lain-lain.

Tapi tidak hanya video saja kok, kamu juga bisa edit foto dengan aplikasi InShot ini, seperti membuat kolase foto, memasukkan teks, dan masih banyak fitur-fitur umumnya aplikasi edit foto sederhana.

Itulah cara upload video panjang ke instastory. Bila ada kendala kamu bisa bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Oh ya bila ingin beli followers Instagram dengan harga yang murah bisa dilihat disini ya, serta like Instagram disini.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon