Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Halo, sudah tau belum bagaimana cara membuat collaboration post di Instagram atau cara invite dan posting bersama lewat fitur collaboration post Instagram? Bila kamu belum tau caranya, yuk simak artikel ini sampai usai.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup populer ini dari sejak awal kemunculannya sampai sekarang ini terus dikembangkan.

Cukup banyak fitur-fitur baru yang disematkan pada aplikasi milik Meta Inc ini terutama pada postingannya yaitu collaboration post.

Apa itu collaboration post di Instagram?


Collaboration post di Instagram adalah memungkinkan kamu untuk posting berdua di Instagram. Artinya postingan yang kamu posting juga akan muncul di feed akun yang telah kamu invite tersebut.

Nantinya kamu dan teman kamu tersebut akan sama-sama dapat melihat insight seperti jangkauan postingan, berapa yang share, berapa yang simpan dan lain-lain.

Apa keuntungan menggunakan fitur collaboration di Instagram ini?


Fitur kolaborasi atau collaboration post di Instagram ini akan sangat berguna sekali bagi pelaku bisnis. Contohnya bila kamu ingin endorse artis dan ingin mempromosikan produk kamu, maka kamu bisa ajak artis tersebut untuk posting bersama lewat fitur collaboration post ini.

Nanti secara otomatis para followers artis tersebut akan langsung dapat melihat postingan iklannya karena juga akan muncul di feed akun Instagram artisnya.

Selain untuk bisnis, kamu juga bisa memanfaatkan fitur collab ini untuk posting 2 akun dengan pasangan kamu atau teman kamu bila kalian posting foto berdua di Instagram.

Namun untuk menggunakan fitur collab ini kamu tidak bisa sembarangan memilih akun yang ingin kamu posting berdua.

Akun yang ingin kamu ajak posting berdua tersebut harus menyetujui terlebih dahulu agar bisa posting berdua.

Lantas bagaimana cara membuat collaboration post di Instagram atau cara memunculkan fitur collaboration di Instagram?

Bila kamu masih penasaran dengan caranya, langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara posting collaboration di Instagram dengan mudah:

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau pun iPhone yang kamu gunakan. Login ke akun Instagram kamu lalu klik icon posting seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.



2. Pilih "Postingan".


3. Silahkan pilih foto atau video yang ingin kamu upload ke Instagram. Selanjutnya klik icon panah sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Bila postingan tersebut adalah video kamu bisa memilih reel atau postingan video biasa. Bila sudah klik "Lanjutkan".


5. Silahkan edit terlebih dahulu video tersebut bila kamu ingin mengeditnya. Lalu klik "Selanjutnya".


6. Disini silahkan klik pada "Tandai orang".


7. Klik "Undang kolaborator".


8. Silahkan ketik pada kotak penelusuran paling atas tersebut nama akun Instagram yang ingin kamu ajak collab tersebut dan klik tambahkan.


9. Selanjutnya klik icon conteng sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


10. Setelah selesai mengedit postingan tersebut seperti menambahkan caption, lokasi dan lain-lain, selanjutnya klik pada "Bagikan" untuk langsung mengupload nya.


Selamat kamu telah berhasil membagikan postingan tersebut ke feed akun Instagram kamu namun postingan tersebut belum muncul diberanda akun teman kamu yang kamu ajak collab tersebut.


Agar postingan tersebut juga tampil di feed akun Instagram teman yang kamu invite tersebut, maka teman kamu tersebut harus menerima undangan mengajak collab dari kamu di akun nya.

Cara menerima undangan collaboration di Instagram


Ketika ada yang mengajak kamu untuk collab di Instagram maka akan ada pemberitahuannya seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan buka notifikasi tersebut.


Klik "Tinjau".


Klik "Terima" undangan collaboration di Instagram tersebut.


Postingan collab tersebut langsung muncul di feed akun teman kamu.


Berikut postingan collaboration di Instagram. Baik di feed kamu maupun feed akun teman kamu pada postingan tersebut akan ada foto kamu dan foto teman kamu.


Bagaimana ternyata sangat mudah sekali bukan cara membuat collaboration atau posting di Instagram 2 akun?

Fitur collab Instagram tidak muncul


Bagaimana cara memunculkan fitur collaboration di Instagram? Bila fitur collab tersebut tidak muncul di aplikasi Instagram kamu, maka solusinya adalah melakukan update aplikasi Instagram. Bisa jadi kamu menggunakan Instagram versi lama yang belum ada fitur collab tersebut.

Collaborator Instagram berapa orang?


Untuk sekarang ini fitur collaborator post di Instagram ini hanya bisa untuk dua orang saja. Jadi kamu tidak bisa menambahkan lebih dari dua orang.

Kesimpulan


Fitur collaborator post di Instagram ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bila kamu menggunakannya untuk mempromosikan akun yang ingin kamu ajak collab atau sebaliknya karena akan menambahkan jangkauan postingan tersebut.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara membuat collaboration post di Instagram atau cara posting Instagram 2 akun. Bagaimana apakah kamu sudah dapat membuat postingan collab post ini di Instagram?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon