23 Manfaat Instagram Dalam Kehidupan Sehari Hari

Apa manfaat Instagram itu? Baik secara umum, untuk bisnis, bagi pelajar, sebagai media promosi, menurut para ahli atau bagi seorang individu seperti kamu?

Sebelum membahas semua tentang manfaat Instagram seperti yang telah dipaparkan diatas, apakah kamu sudah tau apa itu Instagram?

Instagram adalah sebuah aplikasi sosial media berbagi foto milik Facebook yang memungkinkan kamu dapat mengupload foto, mencari teman, video call dan hal-hal lainnya lazimnya sebuah sosial media.

Media sosial berbagi foto Instagram ini tidak hanya dapat diakses lewat aplikasi Instagram di hp Android atau pun iPhone, kamu juga dapat membukanya lewat web browser dengan mengetik alamat www.instagram.com, namun fitur nya tidak selengkap seperti yang ada di aplikasi Instagram di hp.

Instagram telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang didunia, dan sekitar 65 persen nya adalah pengguna aktif.

Bagi kamu yang penasaran dengan Instagram, yang belum memiliki akun Instagram atau yang sudah memiliki akun Instagram namun tidak tau kegunaan dan manfaat Instagram itu apa.

Nah Instagram itu ternyata banyak sekali manfaatnya bila kamu benar-benar ingin memanfaatkannya ke dalam kehidupan kamu sehari-hari.

Lantas apa saja manfaat Instagram itu sendiri?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini berbagai manfaat Instagram baik secara umum, untuk bisnis, sebagai media promosi usaha, menurut para ahli, dalam pembelajaran, brainly, mod dan lain-lain:

Manfaat Instagram

Manfaat Instagram


1. Mencari teman


Sudah tentu manfaat Instagram yang pertama adalah dapat mencari teman, baik teman lama atau pun teman baru.

Di Instagram kamu bisa mencari teman sebanyak-banyaknya tanpa adanya batasan. Kamu bisa mencari teman lewat fitur pencarian lalu mengikutinya.

Untuk mencari teman lama seperti teman SMA kamu dulu, orang kampung kamu, teman fb yang memiliki akun Instagram atau teman di kontak nomor hp kamu, kamu bisa menanfaatkan fitur "Temukan Orang", di menu pengaturan, lalu klik hubungkan ke Facebook atau kontak hp.

2. Album foto


Instagram ternyata juga dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan online foto-foto kamu. Kamu bisa mengupload foto-foto kamu ke Instagram bila takut foto-foto kamu hilang, misal amit-amit hp hilang, memori rusak dan hal-hal buruk lainnya.

Bila foto-foto yang kamu bagikan tersebut tidak ingin dilihat oleh orang-orang yang tidak kamu kenal, kamu bisa menggembok akun ig kamu dan hanya dilihat oleh teman-teman yang sudah kamu terima berteman saja, atau bisa juga mengarsipkannya, jadi hanya kamu yang dapat melihatnya di menu arsip.

3. Sebagai platform untuk berkreasi


Ingin kreatifitas kamu dilihat dan diapresiakan oleh orang lain? Kenapa tidak mengupload nya ke Instagram saja.

Kamu dapat membagikan hasil karya kamu dalam hal apa saja ke Instagram dan dilihat oleh banyak orang. 

Mendapatkan pujian atau kritik dan saran dari orang-orang yang mengerti akan suatu karya pasti sangat berharga dan membanggakan bagi kamu.

Selain dapat memotivasi kamu agar dapat terus bersemangat berkarya, kamu juga dapat memperbaiki berbagai kritikan tersebut.

4. Membagikan ilmu


Selain kamu dapat berkreasi seperti cara yang sudah dijelaskan diatas, di Instagram kamu juga dapat membagikan ilmu apa saja yang kamu miliki dan dilihat banyak orang. Bila ilmu itu sangat bermanfaat bagi mereka tentu kamu akan mendapatkan pahala. Sangat mulia bukan?

Contohnya, bila kamu jago bikin kue, misal kue donat, kamu bisa membagikan resepnya, bisa dalam bentu video cara membuatnya, atau menulis di caption cara membuat atau resepnya.

5. Mencari inspirasi


Untuk mencari suatu inspirasi apa pun di internet tidak hanya dengan mengetiknya saja di Google, akan tetapi di Instagram kamu juga bisa mencarinya.

Banyak sekali di Instagram akun-akun yang khusus dibuat untuk membagikan inspirasi ke banyak orang.

Bila kamu ingin mendesain interior rumah dan bingung ingin mendesainya kayak gimana, kamu tinggal ketik di Instagram desain interior, nanti bakalan banyak muncul akun-akun yang khusus memposting desain interior.

6. Update berita terkini


Zaman sekarang ini untuk membaca berita terkini, gosip artis, dan informasi lainnya yang sedang terjadi dan trend tidak perlu lagi membeli koran, menonton tv, mendengarkan radio atau membuka situs web berita, kamu bisa melihatnya di Instagram.

Sekarang kebanyakan media resmi telah memiliki akun Instagram dan kebanyakan dari mereka juga mengupdate beritanya di akun Instagram nya, contohnya Detik, Viva, Tempo, Merdeka, Kompas, Okezone, Luputan 6, dan lain-lain jadi jangan lupa follow akun-akun tersebut.

7. Tempat menghibur diri


Tidak bisa dipungkiri memang kebanyakan orang menggunakan Instagram adalah untuk menghilangkan jenuh dan menghibur diri dari lelah beraktivitas.

Di Instagram banyak hal menarik yang bisa dilihat, seperti melihat video-video lucu, video liburan, foto-foto cewek dan cowo cakep, dah hal-hal lainnya yang membuat kamu terhibur di Instagram dan hanya kamu yang tau itu apa.

8. Tempat narsis


Sama hanya dengan media sosial lainnya, di Instagram kamu bisa mengupload video dan foto-foto kamu. Kamu bisa upload foto apa saja ke Instagram, namun jangan foto tanpa pakaian dan hal-hal yang dilarang lainnya ya atau akun Instagram kamu kena banned.

Foto dan video yang kamu upload ke Instagram akan dilihat oleh followers kamu dan orang-orang lainnya. Mereka dapat memberikan love dan mengomentari foto kamu.

9. Tempat pamer


Jangan heran di Instaram kamu akan melihat orang-orang yang suka pamer, seperti pamer hp barunya, kendarannya, perhiasannya, harta orang tuanya, bahkan pacar nya.

Namun tidak semua pengguna Instagram melalukan hal tersebut. Bila kamu ingin pamer sesuatu ke Instagram memang tidak dilarang kok, tapi alangkah lebih bagunya bila kamu memamerkan sesuatu hal yang bermanfaat dan bisa memotivasi orang lain untuk mendapatkannya.

10. Mencari jodoh


Kamu masih jomblo? Belum punya pacar? Suami atau istri? Umur sudah tua? Bila kamu kesulitan dalam hal mencari jodoh, kamu bisa mencarinya lewat Instagram. Banyak kok yang awalnya kenal di Instagram lalu sering chat lewat DM, kenalan, bisa akrab, dikasih nomor WA lalu jadian pacaran sampai nikah loh.

Cara mencari pacar atau calon lewat Instagram cukup mudah dilakukan asal kamu mempunyak keberanian untuk mencobanya.

11. Mencari lowongan kerja


Kamu sudah tamat SMA atau kuliah, sekarang ini lagi sibuknya mencari pekerjaan namun tidak ada yang cocok? Kenapa tidak mencoba mencarinya lewat Instagram saja!

Banyak kok di Instagram akun-akun khusus yang memuat informasi lowongan kerja. Caranya kamu bisa langsung mengetik di menu pencarian "lowongan kerja", nanti akan muncul akun-akun lowongan kerja. Semoga sukses mendanpatkan pekerjaan.

12. Jadi selebgram dan dapatkan penghasilan


Menjadi selebgram atau selebrity Instagram memang merupakan impian kebanyakan cewek-cewek. Dengan menjadi selebgram kamu bisa mendapatkan penghasilan loh. Sangat menarik bukan?

Untuk menjadi selebgram memang tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh usaha keras. Punya wajah cantik saja tidaklah cukup, kamu harus pinter, kreatif dan tiap hari harus berkreasi.

Lihat:

13. Mendapatkan uang


Instagram ternyata tidak hanya bisa kamu gunakan sebagai tempat narsis, mencari teman dan hal-hal lainnya, namun kamu juga dapat mencari uang lewat Instagram loh. Lihat caranya pada artikel cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal.

Manfaat Instagram untuk bisnis


Diatas adalah manfaat nyata Instagram yang bisa kamu peroleh dalam sehari-hari. Lantas apa saja manfaat Instagram untuk bisnis atau usaha kamu? Berikut beberapa kegunaan Instagram untuk bisnis:

1. Media promosi usaha


Media sosial berbagi foto Instagram dapat kamu manfaatkan sebagai media promosi bisnis atau usaha kamu. Kamu dapat mempromosikan usaha kamu lewat akun Instagram kamu, bisa lewat Instagram story, postingan, mengirim pesan ke teman, mengomentari di akun-akun banyak followers dan lain-lain.

2. Buat akun khusus


Cukup banyak akun-akun online shop di Instagram yang mempromosikan atau menjual suatu produk. Kamu bisa membuat juga akun khusus untuk promosi usaha kamu yang terpisah dengan akun pribadi. Nanti di akun tersebut kamu bisa posting produk atau jasa kamu dan janga lupa cantumkan informasi kontak di bio.

3. Bisa beriklan di Instagram


Bila kamu memiliki modal, selain endorse para selebgram, kamu juga dapat memasang iklan di Instagram loh. Kamu bisa pilih sendiri berapa budget dalam seharinya, iklan kamu dapat dilihat oleh siapa, kota, jenis kelami, usia dan lain-lain. Sangat menarik bukan?

4. Fitur Insight


Di Instagram ada sebuah fitur yang cukup keren dan sangat bermanfaat untuk bisnis kamu, yaitu "Insihgt". Pada fitur Insight ini kamu bisa melihat jangkauan postingan kamu, berapa orang yang save dan share postingan kamu, melihat usia para followers kamu, kota mereka, jenis kelami dan hal lainnya.

Namun untuk melihat Insight di Instagram akun Instagram kamu harus di beralih terlebih dahulu ke akun bisnis. Lihat caranya pada artike cara beralih ke akun profil bisnis.

5. Mencari inspirasi usaha


Bingung ingin membuka usaha atau bisnis apa di Instagram? Lihat dulu apa hobi kamu. Bila kamu hobi memasak dan masakan kamu cukup enak, kamu bisa mencoba berjualan kuliner tersebut di Instagram.

Contoh bila kamu suka bikin kue donat, kamu nanti bisa mencari di Instagram akun-akun khsusus yang berjualan donat. Kamu nanti bisa meniru bagaimana cara dan trik mereka dalam menjual kue donat tersebut di Instagram.

Nah itulah manfaat Instagram sebagai media promosi atau untuk bisnis. Lantas bagaimana manfaat Instagram bagi seorang pelajar atau mahasiswa? Berikut beberapa manfaat Instagram bagi pelajar atau dalam hal pembelajaran untuk siswa dan mahasiswa.

Manfaat Instagram bagi pelajar


1. Mencari wawasan


Ya, tidak hanya di Google saja, bagi kamu seorang pelajar baik itu siswa atau pun mahasiswa dapat mencari wawasan serta ilmu pengetahuan di Instagram.

Banyak kok di Instagram akun-akun khusus yang sengaja dibuat untuk membagikan ilmu pengetahuan dan wawasan secara gratis, contohnya @belajar_bahasa.inggris, @seputarkuliah, @indo_psikologi, @rahasiagadis, @womenpreneur.id @fiqihwanita_, @arenafakta dan lain-lain.

2. Menciptakan komunitas


Lewat Instagram kamu juga bisa bikin komunitas loh. Kamu bisa bikin akun Instagram khusus komunitas kamu atau bisa juga bikin grup di Instagram.

Sama seperti grup di WA, di akun khusus komunitas atau grup di IG, kamu dan teman-teman komunitas kamu bisa juga share bahan belajar, diskusi, dan hal-hal lainnya.

3. Sumber informasi sekolah atau universitas


Sama seperti poin nomor pertama diatas, di Instagram kamu juga dapat mencari informasi seputar sekolah dan universitas yang ingin kamu masuk lewat akun-akun khsusus yang membahas hal tersebut.

Bahkan sekarang ini hampir semua universitas dan sekolah di Indonesia memiliki akun Instagram. Pada akun-akun Instagram tersebut mereka banyak share hal-hal yang berkaitan dengan tempat kuliah atau sekolah.

4. Mencari informasi beasiswa


Ternyata di Instagram kamu juga dapat mencari informasi seputar beasiswa loh. Banyak akun-akun khsuus di Instagram yang membahas informasi seputar beasiswa seperti akun @sahabat_beasiswa, @info_beasiswa, @pemburubeasiswa, @beasiswaindo dan masih banyak yang lainnya.

5. Mencari uang jajan dan meringankan beban orang tua


Kamu masih sekolah atau kuliah namun ingin kerja part time sambil belajar untuk meringankan beban orang tua? Coba saja di Instagram.

Di Instagram banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang, contohnya seperti menjual foto, ikut lomba foto dan video, ikut kuis atau giveaway dan berjualan di Instagram.

Lihat:

Manfaat Instagram menurut para ahli


Apa manfaat Instagram menurut para ahli? Sepertinya sampai artikel ini dibuat belum ada seorang ahli pun yang membeberkan apa manfaat Instagram itu. Namun bila ada pakar atau ahli pasti mereka akan mengatakan manfaat Instagram itu kurang lebih seperti yang dijelaskan diatas.

Manfaat Instagram secara umum


Jadi bisa disimpulkan manfaat Instagram secara umum adalah media sosial yang bisa digunakan untuk berbagi foto, mencari teman, mencari inspirasi, wawasan, tempat berkarya dan membagikan ilmu, serta dapat menghasilkan uang.

Dampak buruk Instagram


Ternyata Instagram itu punya sisi negatif nya juga loh. Ini dia beberapa dampak buruk menggunakan Instagram bagi kehidupan manusia:
  1. Berkurangnya interaksi di dunia nyata
  2. Suka belanja barang yang tidak penting
  3. Pornografi
  4. Lalai dan bikin malas
  5. Bikin boros kuota internet

Untuk lebih jelasnya apa saja dampak buruk Instagram bagi manusia lihat pada artikel dampak negatif Instagram.

Nah itulah manfaat Instagram bagi kehidupan manusia. Ternyata banyak banget ya manfaat Instagram itu. Bagaimana apakah kamu sudah berasakan semua atau salah satu manfaat Instagram yang sudah disebutkan diatas?

Kesimpulan


Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup banyak jumlah penggunaya. Sama juga dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Yooutube dan lain-lain, kamu bisa memanfaatkannya tergantung niat dan tujuan kamu, bisa untuk melakukan hal-hal baik atau pun buruk. Jadi semua kembali kepada kamu, bila tujuannya untuk hal baik, maka manfaat-manfaat baik yang telah disebutkan diatas bisa kamu peroleh semua.

Lihat juga:

Demikian artikel yang membahas tentang manfaat Instagram. Bila ada manfaat lainnya yang kamu peroleh saat menggunakan Instagram, kamu bisa membagikannya di kolom komentar dibawah.

Begitu pun juga bila ada pertanyaan lainnya yang ingin ditanyakan tulis juga di kolom komentar dibawah. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon