Cara Melaporkan Akun Instagram Penipu Agar Ditangkap Polisi

Sudah tau belum bagaimana cara melaporkan akun Instagram yang melakukan penipuan? Instagram adalah media sosial yang lebih mementingkan konten foto dan video ini cukup banyak jumlah penggunanya.

Hampir semua kalangan manusia yang ada di dunia ini memiliki akun Instagram, baik tua maupun muda, jadi tak heran banyak orang yang memanfaatkan Instagram ini untuk berbagai keperluan.

Ya, Instagram tidak hanya digunakan sebagai tempat buat narsis saja, mengikuti banyak akun, menyukai postingan orang atau menonton story orang, namun di Instagram kamu juga bisa mencari duit.

Jadi tak heran di Instagram terdapat banyak online shop atau toko online yang berjualan apa pun layaknya toko di kehidupan nyata.

Ibarat kata pepatah "dimana ada keramaian, disitu ada peluang". Jadi saat kamu bermain dengan Instagram kamu pasti akan sering menjumpai akun-akun olshop yang berjualan apapun di Instagram.

Atau mungkin kamu adalah korban penipuan di Instagram? Produk yang kamu beli yang tiba tidak sesuai dengan apa yang kamu beli? Yang dikirim produk KW? Atau malah setelah melakukan pembayaran produknya tidak dikirim lalu akun Instagram kamu diblokir?

Kamu jangan membiarkannya, kamu harus melaporkan atau me-report akun tersebut ke Instagram agar di blokir atau dihapus, jangan sampai banyak korban-korban lainnya yang ditipu.

Lantas bagaimana cara melaporkan akun ig yang melakukan penipuan?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini dia cara melaporkan akun Instagram penipu agar dihapus oleh Instagram:

Cara Melaporkan Akun Instagram Penipu

Cara Melaporkan Akun Instagram Penipu Agar Dihapus


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara melaporkan akun Instagram penipu tersebut adalah membuka akun nya terlebih dahulu. Bila kamu telah diblokir oleh dia, kamu bisa menggunakan akun lain atau meminjam akun teman. Selanjutnya klik pada titik tiga sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik "Laporkan".


3. Pilih "Ini tidak pantas".


4. Klik "Laporkan Akun".


5. Selanjutnya klik pada "Konten postingan yang tidak seharusnya berada di Instagram".


6. Pilih "Penipuan atau penggelapan".



Selamat kamu telah berhasil melaporkan akun Instagram penipuan tersebut.


Bila beberapa jam kemudian tidak ada balasan dari Instagram, maka silahkan tunggu beberapa hari kedepan. Namun bila tidak ada tanggapan juga berarti laporan kamu terhadap akun tersebut tidak ditanggapi oleh pihak Instagram.

Solusi bila laporan ditolak


Sudah ada tanggapan dari pihak Instagram terhadap laporan kamu tadi, namun pihak Instagram menolak memproses atau laporan akun palsu kamu, maka solusinya adalah melaporkan secara berjamaah.

Silahkan ajak teman, adik, kakak, atau siapapun yang banyak untuk ramai-ramai melaporkan akun tersebut.

Biasanya bila ada banyak orang yang melaporkan satu akun di Instagram, maka pihak Instagram benar-benar akan memprosesnya, bila benar akun tersebut melakukan penipuan maka akan langsung dihapus.

Lapor ke KOMINFO


Setelah melaporkan akun tersebut ke Instagram, lalu akunnya dihapus, kemungkinan besar pelaku akan membuat akun baru dan akan terus melakukan penipuan, nah bila kamu sudah mengetahui nomor rekening si penipu tersebut, kamu bisa melaporkan nomor rekening tersebut ke Kominfo agar dibekukan.

Kamu cukup membuka situs dari Kominfo https://cekrekening.id/, lalu masukkan nama bank serta nomor rekening si penipu tersebut. Lakukan langkah-langkah selanjutnya sampai laporan kamu diterima.

Ajak teman-teman kamu untuk melaporkan nomor rekening penipu itu juga, karena semakin banyak orang yang lapor, maka laporan kamu semakin besar kemungkinan untuk ditindak.

Selain ke situs cekrekening.id kamu juga dapat melaporkan ke situs lapor.go.id dan kredibel.co.id.

Lapor ke Polisi langsung


Bila kamu belum puas setelah melaporkan ke situs-situs diatas atau ke Instagram, kamu bisa langsung datang ke kantor polisi untuk melaporkannya langsung. Silahkan cerita kronologi lengkap dan bukti-bukti pendukung lainnya.

Ciri-ciri akun online shop penipu


Berikut ini adalah tanda-tandan atau ciri-ciri akun Instagram online shop abal-abal yang suka melakukan penipuan:

1. Postingan pada akunnya ala kadarnya saja, tidak rapi dan foto ambil punya akun lain.
2. Tidak ada testimonial yang real.
3. Barang yang dijual dengan harga sangat murah.
4. Followersnya banyak yang palsu alias beli followers, kamu bisa lihat pada pastingan dia yang sepi like maupun komentar.
5. Kolom komentar pada postingannya dinonaktifkan atau dibatasi.

Lantas seperti apa ciri-ciri akun online shop yang tidak menipu? Akun online shop yang tidak menipu biasanya memiliki banyak followers real, bisa dilihat di postingan mereka pasti banyak yang mengomentarinya.

Akun online shop Instagram yang tidak menipu biasanya tidak hanya berjualan di Instagram saja, namun mereka juga berjualan di marketplace terkenal, seperti bukalapak, tokopedia, dan lain-lain.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara melaporkan akun Instagram penipu. Bagaimana apakah laporan kamu telah dibalas oleh Instagram dan memproses akun tersebut?

Bila masih terdapat masalah atau ada hal lainnya yang ingin ditanyakan, langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon