Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Halo, sudah tau belum bagaimana cara screenshot panjang di hp Samsung? Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini semua hal dibuat lebih mudah dan cepat.

Begitu pun di dunia telekomunikasi, bila dulu sebuah hp cuma bisa digunakan untuk telepon dan berkirim pesan teks saja, sekarang hampir semua hal bisa dilakukan.

Salah satu kemajuan pada sebuah hp adalah bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot yang dulu belum bisa dilakukan.

Mengambil screenshot banyak dilakukan pengguna smartphone untuk mengingat sesuatu hal yang terjadi disuatu aplikasi di hp atau sebagai bukti sesuatu hal, seperti transaksi pembayaran dan lain-lain.

Untuk mengambil screenshot halaman hp yang panjang bagaimana cara kamu mengambilnya? Apakah dengan cara mengambil beberapa kali, scroll halaman kebawah lagi lalu mengambil screenshot lagi?

Sehabis mengambil beberapa kali screenshot tersebut lalu kamu mengeditnya lagi untuk menyambung fotonya di aplikasi edit foto?

Sekarang stop lakukan hal seperti diatas karena begitu merepotkan dan menghabiskan banyak waktu  kamu, karena di hp Samsung kamu bisa mengambil screenshot secara panjang loh.

Lantas bagaimana cara mengambil screenshot atau tangkapan layar hp Samsung panjang?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara mengambil screenshot panjang di hp Samsung a10, Samsung j2 prime, Samsung a10s, Samsung j1 ace, a11, j7 prime, j7 prime, j7 pro, a20, a01, j5 prime dan tipe hp Android Samsung lainnya:

Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung Tanpa Aplikasi


Namun sebelum mengambil tangkapan layar panjang apakah hp Samsung kamu sudah aktif untuk mengambil screenshot hanya mengusap telapak tangan saja tanpa perlu memecet tombol volume bawah + tombol kunci secara bersamaan? Atau tombol home + kunci? Bila belum aktif berikut cara mengaktifkakannya:

Cara Mengaktifkan Usap Telapak Tangan Untuk Mengambil Screenshot


1. Buka menu "Pengaturan".


2. Scroll kebawah lalu klik pada "Fitur lanjutan" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Scroll kebawah lagi dan klik pada "Gerakan dan gestur".


4. Selanjutnya klik conteng atau klik pada "Usah telapak tangan untuk mengambil" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


5. Klik aktifkan untuk langsung mengaktifkannya.


Sekarang kamu sudah bisa mengambil screenshot dengan cara mengusapkan tepi tangan ke seluruh layar hp. Gerakan ini tidak dapat digunakan saat keyboard ditampilkan.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot Panjang di HP Samsung


1. Langsung saja untuk mengaktifkan screenshot panjang di hp Samsung semua tipe, klik pada menu "Pengaturan".


2. Selanjutnya klik pada "Fitur lanjutan".


3. Berikutnya klik pada menu "Gambar layar dan perekam layar" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Klik conteng atau klik pada "Bilah alat gambar layar" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


5. Klik conteng untuk mengaktifkannya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini lagi.


Sekarang fitur screenshot panjang sudah aktif pada hp Samsung kamu untuk Android versi terbaru. Nanti saat kamu mengambil tangkapan layar maka akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu pilih seperti mengambil screenshot panjang, memotong gambar hasil screenshot tersebut, membagikannya dan hal lainnya.

Cara Mengambil Screenshot Panjang


Untuk cara mengambil screenshot panjang di hp Android semua tipe silahkan buka halaman apa yang ingin kamu ambil screenshot panjang nya, lalu silahkan ambil screenshot bisa dengan cara mengusap telapak tangan kelayar atau memencet tombol. Nah setelah selesai mengambil srceenshot maka akan muncul beberapa menu pilihan dibawah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Klik pada icon mengambil srceenshot panjang seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk mengambil srceenshot panjang.


Klik lagi bila kamu ingin mengambil lebih panjang atau lebih dari tiga halaman dan atau klik lagi untuk mengambil lebih panjang lagi. Bila sudah kamu bisa klik tombol kembali.


Berikut contoh hasil srceenshot panjang tiga kali halaman seperti cara diatas.


Bagaimana sangat mudah bukan cara mengambil screenshot panjang di semua tipe hp Android Samsung? Namun ada beberapa tipe hp Samsung yang belum ada fitur ini, yaitu hp-hp Android Samsung jadul yang tidak mendapatkan update Android versi terbaru.

Namun kamu tidak perlu putus asa terlebih dulu, walaupun hp Android Samsung kamu tidak bisa mengambil screenshot panjang, kamu masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut caranya:

Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung Dengan Menggunakan Aplikasi


Berikut beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install di hp Android Samsung kamu atau hp Android merek lainnya untuk mengambil screenshot panjang:

1. Longshot
2. Screen Master
3. Scroll Screen Capture Longshot-Long screenshot
4. Screenple Screenshot dan Perekaman Layar
5. Panjang ScreenShot capture app for android
6. Assistive Touch,Tangkapan layar,Perekam Layar
7. Long Screenshot-LongShot
8. Screenshot Touch
9. Tangkapan Layar Mudah
10. Touchshot

Untuk cara mengambil screenshot menggunakan aplikasi-aplikasi diatas masing-masing aplikasi sudah menyediakan tutorialnya dan cukup mudah.

Kesimpulan


Dengan adanya fitur mengambil screenshot panjang pada hp Android Samsung ini semoga bisa membantu kamu untuk mengambil gambar layar hp panjang tanpa perlu repot-repot menggabung nya lagi lewat aplikasi edit foto.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara screenshot panjang di hp Samsung semua tipe. Bagaimana apakah kamu sudah bisa mengambil screenshot atau tangkapan layar panjang?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artike lainnya:
Cara menghapus akun Gmail di Android dengan mudah
Cara menyembunyikan Youtube di hp tanpa aplikasi
Cara menyembunyikan nomor hp di Facebook

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon