Cara Mengembalikan Instagram Ke Versi Lama

Halo, sudah tau belum bagaimana cara mengembalikan Instagram ke versi lama? Ternyata bila kamu bosan dengan tampilan baru aplikasi Instagram yang terlalu ribet dengan fitur-fitur barunya yang tidak begitu bermanfaat, kamu bisa downgrade ke versi ig lama loh.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang berdiri pada tahun 2010 dan di ambil oleh Facebook pada 2012 ini dari dulu sampai sekarang begitu banyak mengalami perubahan.

Perubahan paling besar yang terjadi pada Instagram adalah pada tahun 2016, selain tampilannya banyak berubah, Instagram juga mengubah logo nya dan banyak para pengguna Instagram kecewa waktu itu.

Nah setelah Instagram berganti logo, beberapa fitur baru Instagram juga diluncurkan seperti Instagram story, bisa siaran langsung, video call dan fitur-fitur menarik lainnya.

Ada yang suka dengan fitur-fitur tersebut dan tidak sedikit juga yang tidak menyukainya karena mereka beralasan dengan banyaknya fitur-fitur yang disematkan pada aplikasi Instagram malah menjadikan tampilannya terlalu ribet mirip kakak nya Facebook.

Bila kamu ingin mengembalikan tampilan aplikasi Instagram ke versi lama atau ingin meng-downgrade nya memang tidak bisa, pada Google Play Store tidak ada menu pilihan downgrade, yang ada hanya perbarui ke versi terbaru atau hapus pemasangan.

Lantas bagaimana caranya mengembalikan aplikasi Instagram ke versi lama? Ternyata cara mengembalikan Instagram ke versi lama cukup mudah untuk kamu lakukan.

Namun perlu di ingat juga, mengembalikan Instagram ke versi lama tidak bisa dilakukan di Google Play Store, aplikasi Instagram kamu harus dihapus dan kamu harus menginstall aplikasi Instagram versi apk.

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara mengembalikan Instagram versi baru ke versi lama:

Cara Mengembalikan Instagram Ke Versi Lama

Cara Mengembalikan Tampilan Aplikasi Instagram Ke Versi Lama di Android


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus terlebih dahulu aplikasi Instagram reguler yang sudah terinstall di hp Android kamu, caranya silahkan buka menu pengaturan, lalu klik pada aplikasi. Silahkan pilih aplikasi Instagram.


2. Langsung saja klik "NONAKTIFKAN".


3. Klik "NONAKTIFKAN".


4. Nah sekarang aplikasi reguler Instagram pada hp Android kamu telah berhasil dihapus, cara menghapus aplikasi Instagram seperti diatas akan berbeda-beda caranya tergantung tipe OS dan merek hp.

Langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi Instagram versi lama. Silahkan buka situs https://instagram.en.uptodown.com/android/versions melalui web browser yang ada di hp Android kamu.

Disini semua versi aplikasi Instagram dari yang pertama rilis sampai yang terbaru akan tampil semua, silahkan scroll ke bawah untuk memilih aplikasi versi berapa yang ingin kamu Install. Namun bila kamu ingin menginstall aplikasi Instagram dengan logo lama maka silahkan pilih versi 8 kebawah.


5. Dibawah nya kamu bisa melihat beberapa informasi dari versi tersebut seperti ukuran dan tanggal rilis nya.


6. Klik icon "Unduh" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk langsung mendownload apk nya.


7. Bila muncul popup seperti yang tampak pada gambar dibawah ini "Jenis file ini dapat membahayakan perangkat Anda. Tetap ingin menyimpan instagram7-20-0.apk?" maka langsung saja klik "Oke".


Uptodown adalah situs tepercaya milik perusahaan besar dan tidak perlu kuatir untuk mendownload nya karena jelas sangat aman sejauh ini.

8. Selanjutnya bila muncul pesan notifikasi lagi seperti gambar dibawah ini "Chrome. Demi keamanan, ponsel tidak diizinkan menginstall aplikasi yang tidak dikenal dari sumber ini." maka langsung saja klik "SETELAN" untuk menuju halaman menu pengaturan dan memberikan izin agar file apk ini dapat di Install di hp Android kamu.


9. Langsung saja klik conteng pada "Izinkan dari sumber ini".


10. Klik "INSTAL".


11. Klik "TOLAK" dan silahkan tunggu sampai selesai proses pemasangan apk Instagram nya.


12. Klik "SELESAI" atau "BUKA" dan selamat kamu telah berhasil menginstall aplikasi Instagram versi lama di hp Android kamu.


Sekarang kamu telah menggunakan aplikasi Instagram versi lama, icon menu aplikasi Instagram pun juga telah berubah ke logo lama. Silahkan buka untuk masuk ke aplikasi Instagram.


Klik "Masuk" bila kamu ingin login dengan menggunakan akun Instagram yang ada atau klik "Buat Akun dengan Email atau Nomor Telepon" bila kamu ingin membuat akun Instagram baru.


Masukkan nama pengguna dan sandi akun Instagram kamu lalu klik "Masuk".


Nah inilah tampilan lama aplikasi Instagram sebelum ganti logo. Selamat bernostalgia dengan tampilan aplikasi Instagram versi lama.


Bagaimana ternyata sangat simpel kan dan belum ada fitur-fitur kekenian seperti sekarang, kayak Instagram story dan lain-lain. Nah dibawah ini adalah halaman profil akun Instagram kamu, juga terlihat sangat simpel dan belum ada menu igtv nya.


Namun entah kenapa video tidak bisa diputar pada aplikasi Instagram versi 8 kebawah ini.


Halaman menu pemberitahuan yang terlihat sangat jadul sekali bukan?


Tombol fitur aktivitas memang ada namun saat kamu klik maka akan kosong tidak terdapat aktivitas apapun dari akun-akun Instagram yang kamu ikuti hal ini terjadi karena sekarang fitur aktivitas pada aplikasi Instagram telah ditiadakan oleh Instagram.


Untuk menu pesan atau direct messenger (DM) terjadi error saat dibuka pada versi ini.


Dan aplikasi Instagram juga sering keluar sendiri dengan muncul notifikasi seperti pada gambar dibawah ini.


Bagaimana Instagram versi berapa yang kamu install dan apakah kamu telah berhasil menginstall?

Pemberitahuan


Proses menginstall aplikasi Instagram versi lama seperti cara diatas menggunakan hp Android merek Samsung dengan OS Android 8.

Mungkin cara diatas agak sedikit berbeda pada hp kamu bila menggunakan hp Android merek lain. Jadi silahkan di sesuaikan saja menurut keadaan hp kamu masing-masing.

Perlu diketahui juga, menggunakan aplikasi Instagram versi lama atau bahkan yang sangat lama sekali memang tidak dianjurkan oleh pihak Instagram karena aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sempurna dan lancar.

Kamu bisa melihat contoh diatas yang terdapat banyak sekali error dan aplikasi nya juga sering terhenti serta keluar sendiri.

Begitu juga dari segi keamanan, pihak Instagram juga tidak menjamin lagi keamanan akun kamu bila kamu menggunakan Instagram versi lama.

Kesimpulan


Menggunakan Instagram versi lama sangat cocok untuk kamu coba namun hanya sekedar bernostalgia saja, menikmati sensasi tampilan ig jadul dan tidak cocok digunakan seterusnya dengan alasan yang sudah dijelaskan diatas.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara mengembalikan Instagram ke versi lama. Bila terdapat masalah atau ada hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon