Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Di Hack

Halo, sudah tau belum cara mengamankan akun Instagram agar tidak mudah di hack? Atau apa saja hal-hal yang telah kamu lakukan supaya akun IG kamu aman dari para hacker?

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup populer dengan jumlah penggunanya yang mencapai miliaran ini sering kali menjadi sasaran para hacker untuk membajak akun seseorang.

Menggunakan kata kunci atau password saja tidaklah cukup untuk mengamankan akun Instagram kamu karena sekarang ini para hacker cukup pintar dalam membobol sebuah akun Instagram.

Banyak sekali kasus-kasus pembajakan akun Instagram diluar sana, tidak hanya akun-akun biasa yang memiliki sedikit followers, akun artis pun yang memiliki followers belasan juta dan sudah centang biru pun tak luput dari pembajakan.

Sangat mengerikan bukan? Apalagi bila kamu sudah memiliki akun Instagram cukup lama, postingan pun juga sudah banyak, pasti sedih banget kalau tiba-tiba akun Instagram kamu di bobol oleh hacker.

Nah maka dari itu segera amankan akun Instagram kamu agar tidak mudah di hack oleh orang jahat dan kamu tidak bisa mengambil lagi akun tersebut.

Lantas bagaimana cara mengamankan akun Instagram agar tidak mudah di hack oleh hacker? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara mengamankan akun Instagram dari hacker agar tidak di hack:

Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Di Hack

Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Mudah di Hack


1. Gunakan Kata Sandi yang Unik


Instagram menyuruh kita untuk menggunakan kata sandi yang unik dan tidak digunakan pada situs web lain.

Jangan menggunakan nama-nama yang dekat dengan kamu seperti nama binatang peliharaan, nomor plat kendaraan kamu, tanggal lahir dan lain-lain karena bisa dengan mudah ditebak oleh orang.

Sebaiknya gunakanlah kombinasi antara angka dan huruf. Semakin panjang kata sandi yang kamu masukkan maka akan semakin kuat akun Instagram kamu dan tidak mudah di hack oleh orang lain.

2. Rutin mengganti kata sandi


Rutin lah untuk mengganti kata sandi akun Instagram kamu. Rajin mengganti kata sandi akan membuat akun Instagram kamu tidak mudah di bobol oleh penjahat.

Bila kamu baru saja login ke akun Instagram kamu menggunakan hp atau komputer orang lain dan tidak sempat untuk logout, sebaiknya segera ganti kata sandi agar akun Instagram kamu tidak di bajak orang.

Selain itu ganti juga kata sandi akun Instagram kamu bila habis login ke aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi cek unfollowers, penambah followers, like dan lain-lain. Siapa tau aplikasi tersebut menyimpan informasi login akun Instagram kamu.

3. Mengaktifkan autentikasi dua faktor 


Nah ini wajib, karena kata sandi saja tidaklah cukup untuk mengamankan akun Instagram kamu dari para tangan-tangan jahil, kamu harus mengaktifkan autentikasi dua faktor ini.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor ini bisa dilakukan pada menu "Pengaturan" di aplikasi Instagram kamu, bisa lewat hp Android atau pun iPhone.

Selanjutnya klik menu "Keamanan", lalu klik pada "Autentikasi Dua-Faktor". Disini kamu bisa memilih SMS atau menggunakan aplikasi autentikasi pihak ketiga.

Bila autentikasi dua faktor sudah aktif, walaupun ada yang tau password, mereka juga tidak bisa login ke akun Instagram kamu karena harus memasukkan kode keamanan lagi yang dikirim ke hp kamu atau di aplikasi autentikasi tersebut.

4. Amankan email


Selain autentikasi dua faktor, jangan lupa juga untuk mengamankan email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Instagram.

Jangan lupa kata sandi email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Instagram, karena bila nanti terjadi sesuatu pada akun Instagram seperti tidak bisa login lagi atau lupa kata sandi, nah nanti kamu bisa menggunakan email tersebut buat mereset kata sandi akun Instagram kamu.

Jadi bila email kamu bisa di buka oleh orang lain, jelas akun Instagram kamu bisa diambil alih oleh orang tersebut.

5. Lihat aktivitas akun


Jangan asyik like dan nonton story orang saja, sekali-kali kamu wajib untuk melihat aktivitas apa saja yang terjadi pada akun Instagram kamu.

Silahkan buka menu "Pengaturan" pada akun Instagram kamu, lalu klik "Keamanan", pilih "Aktivitas Login", nah silahkan lihat apakah ada yang mencurigakan seperti login ke akun Instagram kamu dari bukan daerah kamu tinggal dan perangkat yang sedang aktif apakah jenis hp atau pc yang kamu gunakan?

Bila kamu merasa tidak login ke akun Instagram kamu pada tempat tersebut atau menggunakan perangkat tersebut, segera klik "Ini Bukan Saya", maka secara otomatis orang yang sedang login ke akun Instagram kamu langsung logout dari akun Instagram kamu, dan segera ganti kata sandi nya.

Selanjutnya pada "Tempat Anda Login", klik pada titik tiga tersebut, lalu klik logout agar akun ig kamu langsung keluar dari orang yang sedang membuka akun kamu.

6. Lihat aktivitas login


Selain seperti car diatas, untuk melihat aktivitas login lainnya yang lebih akurat seperti jam berapa dia seseorang login ke akun Instagram kamu, kamu bisa melihatnya masih pada menu "Pengaturan" juga. Selanjutnya klik "Keamanan", pilih menu "Data Akun", scroll kebawah sampai menemukan tulisan "Aktivitas Akun", lalu "Lihat Semua" pada "Login" tersebut.

Disini kamu bisa melihat tanggal dan waktu login ke akun Instagram kamu.

7. Lihat email dari Instagram


Jangan lupa juga untuk membuka email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Instagram, siapa tau ada pesan yang dikirim oleh Instagram yang memberitahukan masalah keamanan pada akun Instagram kamu seperti ada yang mencoba masuk ke akun Instagram kamu dan lain-lain.

8. Jangan login pada aplikasi pihak ketiga


Apakah kamu pernah login ke aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi penambah followers, penambah like, aplikasi cek unfollowers dan aplikasi lain-lain? Bila pernah maka dari sekarang jangan pernah lagi login ke aplikasi tersebut.

Aplikasi pihak ketiga tersebut ada yang baik dan ada yang jahat bisa menyimpan informasi login akun Instagram kamu.

Bila kamu baru saja login ke aplikasi pihak ketiga, segera ganti kata sandi akun Instagram kamu.

9. Hapus info login


Bila kamu ingin meminjam hp ke teman atau ingin menjual hp nya, keluar saja dari aplikasi Instagram tidak lah cukup karena sandi akun Instagram kamu masih tersimpan di aplikasi Instagram nya.

Klik menu "Pengaturan" pada aplikasi Instagram kamu, lalu klik pada "Keamanan", berikutnya pilih "Info Login Tersimpan", silahkan klik untuk menghapus informasi login tersebut.

Untuk komputer atau laptop, cara menghapus informasi login bisa dilihat pada artikel cara logout Instagram yang ke remember.

10. Hubungkan dengan Facebook


Yang terakhir untuk cara mengamankan akun Instagram agar tidak mudah di hack adalah menghubungkan akun Instagram dengan Facebook.

Cara menghubungkan Instagram dengan Facebook sangat mudah untuk dilakukan, bisa dilakukan lewat profil akun Instagram kamu, lalu klik pada sudut kanan atas untuk memunculkan menu pilihan dan pilih "Hubungkan dengan Facebook" atau "Buka Facebook".

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengamankan akun Instagram agar tidak mudah di hack oleh para hacker. Bagaimana apakah kamu sudah melakukan salah satu cara diatas atau semuanya?

Lihat juga:
Cara mengetahui akun Instagram kita dibuka oleh orang lain
Cara logout Instagram di hp orang lain

Lakukan tips dan cara mengamankan akun Instagram diatas agar akun Instagram kamu kebal dari pembajakan akun.

Bila terdapat masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan, langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara memindahkan akun Instagram dari hp lama ke hp baru
Cara keluar dari akun Instagram di laptop
Cara mengatasi akun Instagram keluar sendiri
Cara mengatasi terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui di Instagram

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon