PENGERTIAN MOTIVASI: Menurut Para Ahli

Walaupun kata motivasi sudah tidak asing lagi, namun masih banyak orang yang belum mengetahui pengertian motivasi, padahal hal ini sangat penting demi mengetahui apa motivasi tersebut sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman.

Mengingat kehadiran motivasi sangat penting, sebab dengan adanya motivasi dapat memberikan semangat kepada orang yang sedang bersedih sehingga bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Namun untuk pengertian motivasi sendiri beragam, dimana pandangan setiap ahli juga berbeda mengenai motivasi.

Tidak heran jika banyak sekali pengertian untuk motivasi yang wajib Anda ketahui demi mengenal lebih jauh mengenai apa itu motivasi.

Apalagi jika Anda merupakan orang yang berminat mendalami ilmu psikologi maka sangat diharapkan untuk mengetahui apa itu motivasi.

Karena memberikan motivasi tentunya sangat penting, karena tidak hanya dibutuhkan untuk kegiatan pendidikan saja namun juga kegiatan sehari-hari.

Karena dengan adanya motivasi maka Anda juga bisa menyelamatkan nyawa seseorang, sebab mereka yang depresi, sedih, maupun putus asa berpotensi besar untuk melakukan hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri.

Namun dengan memberikan motivasi maka dapat membantu mereka terhindari dari hal tersebut sehingga bisa hidup dengan benar dan penuh semangat.

Pengertian motivasi menurut para ahli

Pengertian dasar mengenai motivasi


Sebelum mengenal motivasi secara dalam maka Anda wajib mengetahui mengenai pengertian motivasi secara dasar, dimana motivasi merupakan dorongan yang menjadi alasan mengapa seseorang menjadi semangat maupun bersedia melakukan suatu kegiatan dalam tujuan tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan segala hal yang dapat menimbulkan dorongan dalam diri seseorang untuk dapat semangat, motivasi sendiri dapat timbul dari diri sendiri maupun orang lain.

Jadi dengan memberikan masukan motivasi kepada orang lain maka dapat membantu mereka untuk bisa bersemangat dalam menjalani hari.

Apalagi motivasi ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan kegiatan dalam jangka waktu yang panjang, mengingat setiap orang sering mengalami penurunan semangat apalagi jika melakukan sebuah kegiatan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini tentunya memicu kebosanan yang dapat membuat Anda malas bekerja sehingga dengan memberikan motivasi maka dapat membangkitkan semangat kembali.

Secara etimologi, motivasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu motivation yang memiliki arti daya batin maupun dorongan.

Sebab motivasi sendiri merupakan bentuk dorongan baik dari diri sendiri maupun orang lain untuk dapat melakukan sesuatu.

Jadi apabila Anda sudah mengetahui pengertian motivasi versi dasarnya maka terdapat juga pengertian motivasi versi ahli, dimana setiap ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai motivasi ini.

Namun walaupun berbeda, inti dari pendapatan para ahli sama mengenai motivasi.

Pengertian motivasi menurut ahli


Setiap orang yang bekerja di bidang ini tentunya memiliki pendapat mengenai pengertian motivasi menurut para ahli, tentunya pengertian motivasi ini dapat membantu Anda mengenal lebih dalam mengenai apa itu motivasi. Berikut beberapa pendapat dari beberapa ahli yaitu:

1. Weiner

Menurut Weiner, pengertian motivasi adalah sebuah kondisi dari dalam internal yang dapat membangkitkan seseorang agar dapat bertindak. Tentunya kondisi ini juga dapat mendorong individu untuk mencapai tujuan tertentu maupun dapat membuat individu tertarik untuk melakukan suatu kegiatan.

2. Uno

Menurut Uno, pengertian motivasi adalah dorongan yang berasal dari internal maupun eksternal pada diri seseorang yang dibuktikan dengan adanya hasrat, minat, harapan, cita-citra, dan penghormatan.

3. Henry Simamora

Menurut Henry, pengertian motivasi adalah fungsi dari harapan individu mengenai sebuah upaya dimana dapat menghasilkan tingkat kinerja yang dapat membuahkan imbalan maupun hasil yang sesuai dengan keinginan,

4. G. R. Terry

Menurut Terry, pengertian motivasi adalah sebuah bentuk keinginan yang terdapat pada diri seseorang dimana dapat merangsang untuk melakukan sebuah tindakan tertentu yang sesuai dengan keinginan mereka.

5. A. Anwar Prabu

Menurut A. Anwa pengertian motivasi adalah merupakan kondisi yang dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan maupun mengarahkan perilaku seseorang yang berhubungan dengan lingkungan kerjanya, dimana motivasi memberikan pengaruh juga dalam kegiatan maupun aktivitas seseorang.

Pengertian motivasi berdasarkan jenisnya


Tentunya tidak hanya terdapat pengertian yang berdasarkan dengan pendapat ahli saja, dimana terdapat juga pengertian motivasi berdasarkan jenisnya. Sebab motivasi sendiri terdapat dalam 2 jenis yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

1. Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik merupakan keinginan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan yang disebabkan oleh dorongan dari dalam diri sendiri tanpa adanya campur tangan pengaruh orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Tentunya motivasi ini didapatkan dari kesadaran diri sendiri, karena tanpa orang lain memberikan motivasi dimana seseorang sadar untuk melakukan kegiatan tersebut.

Jadi motivasi itu tidak hanya datang dari luar saja, sehingga Anda sendiri bisa memberikan motivasi untuk diri sendiri.

Contohnya jika seseorang memiliki banyak kebutuhan dan ingin memuaskan semua kebutuhannya maka seseorang tersebut dapat termotivasi untuk bekerja dengan giat dan rajin.

Motivasi tersebut muncul karena seseorang tersebut sadar bahwa kebutuhannya banyak dan harus dipenuhi semuanya.

Jadi apabila Anda tidak mendapatkan motivasi dari orang lain maka bisa memberikan motivasi kepada diri sendiri seperti merenung dan berfikir agar bisa semangat dalam melakukan sebuah kegiatan.

Apalagi memberikan motivasi kepada diri sendiri juga sangat penting, sebab tidak semua orang bisa memberikan motivasi dengan baik.

Mengingat mereka tidak merasakan penderitaan yang Anda miliki, dengan memberikan motivasi kepada diri sendiri maka secara tidak sadar Anda juga membuat diri Anda sendiri sadar untuk memberikan hal yang terbaik serta bangkit dari masalah tersebut.

2. Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik sendiri merupakan keinginan seseorang dalam melakukan sebuah kegiatan yang muncul dikarenakan dorongan dari pihak luar.

Tentunya hal ini sudah banyak ditemukan dalam kegiatan sehari-hari, dimana mereka yang menjadi orang terdekat Anda yang biasanya memberikan motivasi.

Contohnya orang tua Anda memberikan motivasi untuk dapat bekerja menjadi rajin, jadi apabila orang tua memberikan motivasi maka secara langsung Anda akan semangat bekerja.

Selain orang terdekat beberapa cara lainnya juga bisa membuat Anda mendapatkan motivasi ekstrinsik seperti menonton video motivasi yang membahas permasalahan yang seperti Anda alami.

Tentunya setelah menonton video tersebut pastinya Anda mendapatkan solusi untuk permasalahan yang dialami sehingga bisa semangat kembali dalam menjalankan kegiatan nanti.

Jadi sangat mudah untuk mendapatkan motivasi ekstrinsik apabila Anda tidak mendapatkan motivasi intrinsik mengingat banyak sekali orang yang kesulitan untuk berpikir dan merenung untuk mendapatkan motivasi dari diri sendiri.

Motivasi ekstrinsik tentunya bisa didapatkan jika Anda menceritakan permasalahan yang Anda rasakan kepada orang terdekat, sehingga orang terdekat akan memberikan motivasi sekaligus solusi untuk permasalahan tersebut.

Atau terdapat juga beberapa kasus dimana orang dapat sadar bahwa Anda membutuhkan motivasi ketika melihat perilaku Anda seperti lesu, malas, maupun sedih.

Pengertian motivasi kerja

Pengertian motivasi lainnya yang wajib Anda ketahui adalah pengertian motivasi kerja, dimana motivasi kerja merupakan suatu hal yang mendorong seseorang baik dari segi dalam diri maupun luar diri yang dapat menimbulkan semangat maupun keinginan yang tinggi untuk melaksanakan pekerjaan.

Menurut Pandji Anoraga, motivasi kerja merupakan kemauan untuk kerja pada karyawan yang dapat timbul akibat adanya dorongan dari dalam diri karyawan yang berasal dari pengaruh lingkungan maupun akibat dari kebutuhan pribadi. Tentunya kekuatan dari motivasi ini bergantung terhadap proses integrasinya.

Tentunya motivasi kerja ini sangat dibutuhkan oleh pekerja, dimana dengan adanya motivasi ini dapat membantu mereka untuk bekerja lebih keras.

Untuk mendapatkan motivasi kerja ini bisa dengan kesadaran dari diri sendiri yaitu sadar bahwa terdapat kebutuhan yang harus dipenuhi, dimana untuk memenuhinya itu harus dengan bekerja karena dari bekerja bisa mendatangkan penghasilan.

Atau motivasi kerja ini bisa didapatkan dari atas dimana setiap harinya memberikan semangat maupun pujian terhadap kinerja karyawan sehingga mereka bersedia untuk bekerja dengan rajin.

Motivasi kerja tentunya sangat dibutuhkan mengingat setiap pekerja pasti mengalami titik jenuh dalam pekerjaan mereka yang membuat mereka malas untuk bekerja.

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja


Selain mengetahui pengertian motivasi, Anda juga harus mengetahui faktor apa saja yang memicu timbulnya motivasi kerja.

Motivasi kerja biasanya dipengaruhi oleh gaji, dimana semakin besar gaji seseorang maka semakin besar pula motivasi yang didapatkan untuk bekerja lebih giat sehingga keuntungan yang didapatkan menjadi lebih banyak.

Kemudian dipengaruhi juga oleh pencapaian penyelesaian pekerjaan tersebut, dimana orang akan termotivasi untuk bekerja agar bisa mencapai suatu hal maupun menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Semakin besar keinginan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu cepat maka semakin besar motivasi untuk bekerja yang dimiliki.

Selain itu tanggung jawab juga termasuk ke dalam faktor motivasi bekerja, sebab semakin besar tanggung jawab seseorang pada pekerjaan tersebut maka mereka harus bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Jadi otomatis mereka akan memiliki motivasi kerja.

Pengertian motivasi belajar


Selain motivasi kerja, tentunya Anda wajib mengetahui pengertian motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak yang didapatkan siswa baik dari dalam diri maupun luar diri untuk menciptakan usaha yang memberikan arah untuk kegiatan belajar.

Jadi seseorang yang termotivasi belajar pastinya akan rajin belajar, dimana tujuan untuk termotivasi agar bisa belajar juga beragam dimana agar bisa mendapatkan nilai tinggi maupun dapat menguasai bahan ajaran tersebut.

Tentunya memberikan motivasi belajar sangat penting, dimana banyak sekali sekarang orang yang malas belajar.

Tentunya motivasi belajar ini sangat dibutuhkan oleh siswa maupun orang yang berniat untuk belajar, sebab ketika belajar nanti pastinya terdapat tantangan yang dapat memberikan pengaruh terhadap semangat mereka dalam belajar seperti susahnya materi untuk dikuasai maupun malas belajar.

Dengan adanya motivasi belajar ini maka sudah tentu para siswa dapat semangat belajar tanpa pantang menyerah, mengingat saat ini masih banyak orang yang malas belajar.

Padahal belajar merupakan hal yang penting karena merupakan gerbang ilmu pengetahuan, semakin banyak belajar maka semakin banyak hal yang Anda ketahui nanti.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi munculnya motivasi


Selain mengetahui pengertian motivasi maka Anda wajib mengetahui faktor yang memicu timbulnya motivasi, dimana banyak sekali faktor yang memberikan pengaruh. Tentunya faktor yang memicu timbulnya motivasi dibagi dalam 2 macam yaitu faktor internal dan eksternal.

1. Faktor internal

Beberapa hal yang merupakan faktor internal yang dapat memberikan munculnya motivasi seperti harga diri dimana motivasi akan muncul apabila seseorang ingin menaikkan harga dirinya.

Jadi seseorang tersebut akan termotivasi untuk melakukan kegiatan yang bisa menaikkan harga dirinya.

Kemudian terdapat juga faktor kebutuhan, dimana motivasi akan muncul jika seseorang memiliki banyak kebutuhan sehingga termotivasi untuk melakukan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan seperti bekerja.

Lalu terdapat juga faktor harapan, dimana harapan di masa yang akan mendatang dapat membangkitkan motivasi untuk mewujudkan harapan tersebut.

Contohnya harapan untuk menjadi kaya sehingga Anda akan melakukan semua hal dalam mewujudkan harapan tersebut.

Terdapat juga faktor tanggung jawab, dimana tanggung jawab dapat membuat seseorang bekerja untuk berhati-hati dan baik.

2. Faktor eksternal

Beberapa hal yang merupakan pemicu munculnya motivasi untuk faktor eksternal adalah seperti jenis pekerjaan dimana seseorang dapat termotivasi bekerja jika melihat pekerjaan yang akan dikerjakan.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh imbalan yang didapatkan, semakin besar maka semakin termotivasi mereka bekerja.

Kemudian terdapat faktor keamanan bekerja, jika seseorang bekerja di tempat yang aman maka mereka akan tetap termotivasi untuk bekerja menjadi lebih baik.

Namun apabila tempat bekerja tidak aman pastinya para pekerja akan was-was sehingga tidak dapat bekerja dengan fokus serta maksimal.

Lihat juga:
Pengertian kepemimpinan
Pengertian poster

Komponen yang mempengaruhi motivasi


Tentunya terdapat komponen yang berkaitan erat dengan motivasi, hal ini tentunya wajib Anda ketahui setelah pengertian motivasi. Apalagi komponen ini terbagi dalam 3 macam yaitu:

1. Kebutuhan

Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan, dimana kebutuhan akan timbul jika seseorang merasakan kekurangan di dalam dirinya.

Pastinya kebutuhan ini haruslah dipenuhi demi kelangsungan hidup maupun kesenangan dalam hidup nanti.

Tentunya setiap kebutuhan juga beragam, dimana ada yang harus segera dipenuhi dan ada yang tidak

Namun apapun jenis kebutuhannya maka dapat memicu timbulnya motivasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, contohnya jika kebutuhan Anda ingin mendapatkan baju baru maka Anda akan termotivasi untuk melakukan segala kegiatan yang bisa membantu untuk mendapatkan baju tersebut seperti bekerja.

2. Dorongan

Setelah mengetahui terdapatnya kebutuhan, maka untuk mengatasi ketidakseimbangan tersebut maka akan muncul dorongan.

Tentunya dorongan berbentuk dalam usaha dalam memenuhi kebutuhan yang Anda miliki, contohnya kebutuhan Anda adalah mendapatkan nilai yang bagus di sekolah.

Maka cara untuk mendapatkannya adalah dengan rajin belajar, tentunya kegiatan rajin belajar tersebut mengandung motivasi belajar.

Pastinya dorongan yang dirasakan harus disertai dengan niat, seba jika terdapat dorongan namun Anda tidak berniat untuk melakukan hal tersebut maka percuma saja.

Namun jika terdapat niat maka Anda akan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga memuaskan Anda.

3. Tujuan

Tentunya setelah memiliki dorongan maka Anda harus melakukan kegiatan yang dapat mencapai tujuan dari kebutuhan tersebut, contohnya jika Anda lapar maka akan memiliki dorongan untuk makan dimana tujuan akhirnya adalah kenyang. Pastinya tanpa adanya tujuan yang jelas maka bisa jadi usaha Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat berhenti di tengah jalan.

Pastinya setelah mengetahui berbagai pengertian motivasi ini serta faktor yang mempengaruhinya maka dapat membantu Anda dalam mengenal motivasi secara lebih dalam. Mengingat kehadiran motivasi ini sangat penting karena diperlukan dalam kegiatan sehari-hari agar semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari nanti.

Artikel lainnya:
Pengertian PHP
Pengertian Zakat
Pengertian Analisis
Pengertian ekonomi

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon