Cara Mengatasi Video Disenyapkan Di Facebook

Facebook adalah jejaring sosial media yang sudah sangat lama ada. Jumlah penggunanya pun lumayan banyak termasuk di Indonesia sendiri.

Di Facebook kamu tidak hanya bisa menulis status, mencari teman, chatting, berdiskusi, like, upload foto dan hal lainnya, namun kamu juga bisa mengupload video.

Ya, sama hanya seperti Youtube dan Instagram, kamu bisa mengupload video ke Facebook.

Kamu bisa upload video apa saja ke Facebook asal video tersebut tidak melanggar ketentuan Facebook, seperti video kekerasan, obat-obatan terlarang, video dewasa, dan video berhak cipta.

Apa itu video berhak cipta? Video berhak cita adalah video yang backsound nya atau musik latar nya berisi lagu milik orang lain.

Saat kamu mengupload video yang berhak cipta, maka video kamu akan dihapus atau audio nya di senyapkan oleh Facebook.

Apakah kamu sering mengalami musik latar pada video yang kamu upload ke fb di hapus oleh Facebook dan video kamu menjadi bisu?

Nah kamu tidak perlu kuatir, bila video yang kamu upload ke Facebook di blokir oleh Facebook audio nya, maka kamu dapat memulihkan kembali lagu yang ada pada video tersebut.

Lantas bagaimana cara agar video tidak disenyapkan di Facebook? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara mengatasi video disenyapkan di Facebook dengan cepat:

Cara Mengatasi Video Disenyapkan Di Facebook

Cara Mengatasi Video Disenyapkan Di Facebook


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengatasi video disenyapkan di Facebook atau cara menghilangkan hak cipta pada video di Facebook adalah membuka notifikasi yang dikirim oleh Facebook itu. Silahkan buka notifikasi tersebut.


2. Bila kamu klik "POSTINGAN DISENYAPKAN" berarti kamu setuju video kamu yang kamu upload ke fb tersebut lagu nya di matikan atau disenyapkan. "PULIHKAN AUDIO" untuk memulihkan audio pada video tersebut, dan "HAPUS VIDEO" untuk menghapus video tersebut. Maka cara mengaktifkan suara video di Facebook adalah dengan cara klik pada "PULIHKAN AUDIO".


3. Kamu hanya bisa memposting video dengan suara jika kamu memiliki izin. Ada hukum yang membatasi penggunaan konten tertentu jika kamu tidak memiliki izin. Jika kamu memiliki hak untuk mengupload video tersebut, maka kamu dapat memilih untuk mengirim video ini dengan suara. Klik "PULIHKAN AUDIO" untuk memulihkan lagu pada video tersebut.


4. Klik sekali lagi "PULIHKAN AUDIO".


Selamat video yang kamu upload sekarang audionya sudah ada kembali. Teman-teman kamu yang memutar video tersebut di Facebook sudah bisa mendengar musik atau lagu yang kamu taruh pada video tersebut.


Bagaimana ternyata sangat mudah bukan cara menghilangkan hak cipta pada video di Facebook. Tidak perlu menunggu waktu lama, dalam hitungan detik video tersebut langsung dipulihkan audio nya oleh Facebook.

Minta izin sama pemilik lagu


Tapi ingat, bila kamu mengupload video berhak cipta atau dengan copyright, maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu sama pemilik lagu tersebut.

Apalagi bila kamu menggunakan lagu atau audio tersebut untuk keperluan komersial, sudah sepantasnya kamu memiliki izin terlebih dulu.

Siapa tau kan suatu saat pemilik lagu tersebut tau bahwa kamu menggunakan lagu mereka tanpa seizin mereka, dan kamu bisa dituntut oleh mereka.

Tidak mau kan hanya masalah sepele seperti ini kamu bisa masuk penjara atau harus membayar uang tuntutan?

Jadi mintalah izin terlebih dahulu sama pemilik lagu tersebut, apalagi bila video kamu adalah video komersial, yaitu kamu dapat menghasilkan duit dari video tersebut.

Gunakan lagu bebas copyright


Cara agar video tidak dihapus Facebook atau audio nya tidak kena copyright, maka gunakan lagu atau audio yang bebas royalti atau not copyright.

Kamu bisa download dan mencari lagu-lagu atau musik yang bebas hak cipta yang bisa kamu gunakan dengan bebas tanpa di cekal lagi di Google.

Silahkan masukkan keyword "no copyright music mp3" atau "music no copyright free download" dan keyword lainnya di Google pencarian atau di Youtube, maka akan keluar musik-musik bebas hak cipta yang bisa kamu download secara gratis.

Kamu bebas untuk menggunakan musik not copyright tersebut untuk keperluan apa saja, seperti untuk di upload ke Instagram, ke Facebook, ataupun ke Youtube dan bisa kamu monetize  juga video tersebut di channel Youtube kamu.

Lihat juga:
Cara mengatasi video hak cipta pada Instagram
Cara mengaktifkan dark mode Facebook di Android

Demikian artikel singkat yang membahas cara agar video tidak disenyapkan di Facebook. Bagaimana apakah kamu telah berhasil menghilangkan hak cipta pada lagu?

Bila ada kendala atau ada hal lain yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Semoga tips cara agar video tidak disenyapkan di Facebook ini dapat bermanfaat bagi kamu. Sekian dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara membuat lokasi baru di Facebook lewat hp
Cara download video di Facebook tanpa aplikasi
Cara menghapus akun Facebook permanen lewat hp
Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon