Cara Melihat Kapan Terakhir Online Di Instagram

Bagaimana cara melihat kapan terakhir online di Instagram? Apakah kamu belum bisa mengetahui akun Instagram yang sedang aktif menggunakan Instagram? Berarti ada yang salah dengan akun Instagram kamu.

Tapi kamu tak usah kuatir, karena dibawah ini akan dijelaskan cara melihat last seen Instagram dengan lengkap.

Cara Melihat Kapan Terakhir Online Di Instagram

Fitur cara melihat terakhir aktif di Instagram ini memang sudah lama ada pada aplikasi Instagram. Fitur ini sangat membantu kamu untuk melihat kapan terakhir online di Instagram atau cara mengetahui Instagram online atau offline.

Dengan mengetahui orang online di Instagram ini, kamu bisa langsung mengirim pesan DM untuk teman kamu dan kemungkinan akan langsung dibalas karena dianya pas sedang online.

Hampir mirip seperti aplikasi chatting WhatsApp dan Messenger yang sama-sama milik Facebook ya.

Namun tak semua orang menyukai fitur kapan terakhir kali online di Instagram ini. Privasi adalah alasan sebagian pengguna Instagram untuk tidak menggunakan fitur last seen ini, dan Instagram pun paham akan masalah ini.

Jadi fitur cara melihat kapan terakhir kali online di Instagram ini dapat dimatikan pada menu pengaturan.

Tapi bila kamu ingin mencoba menggunakan fitur last seen atau cara mengetahui akun Instagram yang sedang aktif ini, kamu bisa mengaktifkannya pada menu pengaturan juga.

Lantas bagaimana cara mengetahui orang online di Instagram? Nah tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, langsung saja, berikut cara melihat kapan terakhir online di Instagram dengan mudah:

Cara Melihat Kapan Terakhir Online Di Instagram


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara melihat terakhir aktif di Instagram adalah membuka terlebih dahulu akun Instagram kamu, klik pada bagian profil akun Instagram kamu. Selanjutnya klik icon menu pilihan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


2. Perhatikan pada bagian paling bawah, klik "Pengaturan".


3. Klik menu "Privasi" yang terletak dibawah menu Kreator atau diatas menu Keamanan.


4. Selanjutnya klik "Status Aktivitas" yang terletak di bawah menu Cerita.


5. Pada tampilkan status aktivitas ini, silahkan klik aktifkan dengan cara klik icon seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah sekarang akun-akun yang sudah mengaktifkan fitur diatas dan yang pernah berkirim pesan dengan kamu akan saling mengetahui kapan terakhir kali aktif menggunakan Instagram serta sedang online atau sedang offline.

Silahkan buka pesan direct messenger (DM) untuk melihat siapa saja yang sedang aktif atau kapan terakhir kali aktif menggunakan Instagram.


Nah disini kamu bisa melihat beberapa teman kamu yang sedang online atau sedang aktif menggunakan Instagram. 


Teman yang sedang aktif selain dapat ditandai dengan adanya titik hijau yang muncul pada kanan bawah foto profil, juga dapat diketahui dengan adanya tulisan "Sedang Aktif" dibawah username.


Untuk teman yang sedang tidak aktif atau sedang tidak online, maka titik hijau tersebut tidak akan tampil, namun dibawah username akan nampak pemberitahuan aktif berapa menit yang lalu atau last seen nya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


Tapi perlu di ingat, kamu dan teman kamu harus sama-sama mengaktifkan fitur status aktivitas ini agar bisa sama-sama mengetahui juga dianya sedang online atau sedang offline menggunakan Instagram. 

Bila teman kamu tidak mengaktifkan fitur last seen ini, maka kamu tidak bisa melihat dan mengetahui dia sedang online apa sedang offline, dan juga tidak terdapat pemberitahuan kapan dia terakhir kali aktif menggunakan Instagram.


Begitu juga dengan akun kamu, bila kamu tidak mengaktifkan fitur status aktivitas tersebut, berarti teman kamu juga tidak bisa melihat kamu kapan terakhir kali online menggunakan Instagram.

Bila kamu sudah mengaktifkan fitur status aktivitas ini dan orang yang kamu DM pun sudah mengaktifkannya juga, namun kalian belum pernah saling mengirim pesan di Instagram, maka kamu dan teman kamu tersebut tidak dapat mengetahui kapan kalian terakhir kali aktif di Instagram, serta sedang online apa sedang offline menggunakan Instagram.

Lihat juga:

Cara melihat kapan terakhir online di Instagram tanpa dm


Bila teman atau orang yang kamu ikuti di Instagram tersebut tidak mengaktifkan fitur status aktivitas ini, kamu masih bisa mengetahui dia sedang aktif apa sedang offline menggunakan Instagram dengan cara melihat aktivitas dia di Instagram.

1. Cara mengetahui orang aktif di Instagram tanpa dm, silahkan klik pada icon love atau menu untuk melihat semua pemberitahuan di Instagram seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Silahkan klik "MENGIKUTI".


3. Selamat kamu sudah berhasil mengetahui seseorang aktif menggunakan Instagram tanpa perlu dm terlebih dahulu. Disini cuma tampil aktivitas untuk akun-akun yang sudah kamu ikuti saja ya. Silahkan lihat ada apa tidak akun yang ingin kamu ketahui sedang aktif menggunakan Instagram.

Lihat juga:

Disini kamu dapat kepoin akun tersebut. Semua aktivitas dia di Instagram dapat kamu lihat, seperti dia habis like foto siapa, komentar foto siapa, dan habis follow akun siapa. Tapi kalau untuk mengetahui dia habis dm siapa jelas tidak akan tampil disini.


Lantas bagaimana bila akun tersebut tidak melakukan aktivitas apa pun di Instagram? Nah inilah kelemahan cara diatas, berarti kamu tidak dapat mengetahui akun tersebut sedang aktif atau sedang offline menggunakan Instagram.

Cara yang paling ampuh untuk tau dia sedang online apa kagak adalah dengan mengirim dia pesan. Bila langsung dibalas berarti dia sedang aktif.

Namun ada juga yang sengaja untuk tidak membuka pesan dm dari seseorang walaupun dia sedang aktif menggunakan Instagram.

Tapi jangan kesal dulu, siapa tau dia sedang sibuk menonton sesuatu di Instagram atau membalas dm orang lain.

Nah itulah cara melihat kapan terakhir online di Instagram dengan kedua cara diatas. Bagaimana apakah kamu telah berhasil mengetahui cara melihat last seen Instagram?

Demikian artikel singkat yang membahas tentang cara mengetahui orang online di Instagram ini. Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah bila ada kendala. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya: