Cara Upload Video Ke Story Instagram Tanpa Crop

Cara upload video ke stories Instagram tanpa crop? Emang bisa? Bisa banget loh. Tapi sebelum aku membahas bagaimana cara upload video instastory tanpa crop aku akan terlebih dahulu membahas fakta tentang Instagram story yang sangat menarik di Indonesia maupun di dunia untuk diulas.

Ternyata ada sebuah laporan yang mengatakan 300 juta orang aktif menggunakan Instagram stories setiap hari nya, 22 jutanya dari Indonesia loh. Banyak dari mereka sangat antusias membagikan aktivitas atau momen-momen keseharian mereka ke stories Instagram baik dalam bentuk unggahan video ataupun foto.

Yang menariknya lagi bila di postingan Instagram mereka membagikan foto atau video terbaik, tapi kalau di Instagram story malah mereka sering membagikan momen dan aktivitas apa adanya. Mungkin biar tidak mau terlihat banyak postingan di lini masa.

Selain itu kamu patut tau juga kalau urutan viewers instagram story paling atas adalah mereka yang selama ini paling perhatian sama cerita-cerita kamu alias mereka sering kepo sama kamu. Ya kamu bisa lihat urutan atas pasti orang-orang yang sama meski orang tersebut jarang like atau komentar foto kamu, tapi mereka selalu melihat cerita-cerita yang kamu bagikan ke story (stalker).

Untuk tahun ini dengan algoritma terbaru Instagram serpertinya pihak Instagram sangat memperhatikan Instagram storie ini, seperti penambahan banyak fitur-fitur di Instagram story. Tapi sayangnya pihak Instagram belum bisa menambahkan fitur yang mirip pada aplikasi chat mereka yaitu WhatsApp. WhatsApp bisa upload foto/video dengan ukuran asli atau tanpa terpotong (no crop).

Ini yang membuat para pengguna Instagram story pada kerepotan bila ingin memasukkan video/foto ke snapgram mereka. Tapi dengar kabar mereka pihak Instagram lagi berencana akan menambahkan fitur mirip WhatsApp ini yaitu upload ke snapgram tidak akan terpotong lagi.

Tapi masalahnya pihak Instagram belum mengatakan kapan fitur ini akan segera tersedia. Nah dari pada kamu menunggu lama kapan fitur ini akan segera dirilis dan selalu kerepotan saat akan memasukkan video ataupun foto ke story Instagram yang selalu terpotong mending kamu coba cara aku ini yaitu cara upload video ke Instagram stories tanpa crop alias tidak terpotong.

Cara Upload Video Ke Stories Instagram Tanpa terpotong


Cara Upload Video Ke Story Instagram Tanpa Crop


1. Upload snapgram tanpa crop langkah yang pertama adalah cari di Google Play Store lalu pasang dulu di smartphone kamu aplikasi bernama Inshot - Editor Video & Foto Terbaik.

Cara Upload Video Ke Story Instagram Tanpa Crop

2. Bila sudah terpasang, silahkan buka aplikasinya, lalu klik icon video seperti tampak pada lingkaran kotak warna merah gambar di bawah ini.


3. Silahkan pilih video di hp kamu yang ingin kamu masukkan ke dalam snapgram agar tidak terpotong. Klik di terkini untuk mencari di foldernya bila disini tidak tampil.


4. Bila sudah selanjutnya silahkan atur durasinya maksimal 15 detik agar muat ke story kamu dan klik icon conteng seperti pada gambar di bawah ini untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.


5. Klik "PAS" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


6. Klik di "RASIO 1:1".


7. Klik di rasio "9:16" lalu klik conteng untuk menyimpan dan masuk ke tahap selanjutnya.


8. Klik conteng lagi untuk menyimpan lagi seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Tapi kamu bisa atur juga videonya mau tampil di tengah, bawah atau atas.


9. Klik icon "LB BURAM" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


10. Silahkan atur tingkat transparannya apakah mau terlihat lebih buram atau terlihat lebih jelas latar belakangnya. Bila latar belakangnya tidak ingin terlihat transparan begini dan ingin polos saja silahkan klik icon (X) saja.


11. Klik "LT BELAKANG" untuk mengganti warna latar belakangnya.


12. Silahkan pilih warna apa yang ingin kamu kasih untuk latar belakangnya, kalau aku pilih warna hitam saja biar videonya lebih terlihat. Bila sudah klik conteng.


13. Silahkan klik "SIMPAN" bila kamu sudah selesai mengeditnya, yaitu tidak ingin memasukkan apa-apa lagi dalam videonya.


14. Pilih kualitas paling tinggi agar videonya terlihat jelas dan tidak pecah waktu di upload ke Instagram story.


15. Video sudah berhasil di simpan dalam memory hp kamu. Silahkan di cek.


16. Buka aplikasi Instagram, selanjutnya masuk ke Instagram story untuk memasukkan video yang sudah di edit menggunakan aplikasi inshot tadi.


17. Saat kamera sudah nyala geser layar ke atas untuk memasukkan video/foto ke snapgram yang tersimpan di memory hp. Silahkan masukkan video yang telah di edit tadi.


17. Nah selamat video nya sudah tidak terpotong lagi.



Bagaimana tidak terlalu sulit kan cara upload video ke Instagram stories tanpa crop. Nah bila kamu memasukkan video ke Instagram story tanpa mengeditnya lagi seperti cara di atas maka video yang kamu upload akan jadi begini seperti gambar di bawah yaitu video akan terpotong pada bagian kiri dan kanan. Jadi sangat jelek kan karena videonya tidak tampil sempurna padahal sudah susah payah kamu membuatnya.


Oh ya dengan aplikasi Inshot ini kamu tidak hanya bisa mengedit video/foto agar muat masuk ke snapgram, akan tetapi aplikasi ini punya fitur lainnya yang sangat keren.

Dengan aplikasi Inshot ini kamu bisa upload video panjang di Instagram story dengan cara memotong-motong videonya berdurasi 15 detik. Selain itu kamu juga bisa mengganti musik latarnya, menggabungkan beberapa video, memasukkan teks, menambahkan stiker, membuat kolase foto dan lain-lain. Gimana keren kan?

Itulah cara upload video ke story Instagram tanpa crop. Selain video kamu juga bisa memasukkan foto ke stories Instagram tanpa terpotong juga dengan mengeditnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi Inshot ini.

Instagram stories tidak hanya sebagai ajang pamer, eksis, atau sebagai tempat curhat panjang lebar saja, kamu juga bisa menggunakan fitur Instagram ini yang bisa bermanfaat bagi orang lain, seperti membuat story-story yang bisa menginspirasi orang, seperti bikin kisah keseharian kamu yang positif atau share tips dan trik.

Apakah Instagram story ini dapat menghasilkan duit? Jawabannya bisa! Jadi tidak hanya artis atau selebgram saja yang dapat mendapatkan duit dari postingan iklan di snapgram mereka, kamu juga bisa kok dengan cara mepromosikan produk atau jasa kamu.

Yuk gunakan Instagram story ini dengan bijak. Ingat, tidak semua momen dalam hidup kamu harus kamu bagikan ke story Instagram.

Semoga artikel cara upload video instastory tanpa crop ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk share dan meninggalkan komentar di bawah bila ada yang belum dipahami. Terimakasih!

Update:


Kabar gembira ternyata pihak Instagram telah meluncurkan fitur upload video atau foto ke Instagram Stoties tanpa crop. Cara menggunakannya cukup gampang, bila sudah memasukkan video atau fotonya, kamu cukup cubit sambil menahan layar hp kamu dan secara otomatis foto atau video yang kamu masukkan ke instastory atau snapgram tidak akan terpotong lagi.

Nah warna latar belakangnya akan otomatis menyesuaikan dengan warna foto atau video kamu. Tapi bila kamu tak suka dengan latar belakangnya, kamu bisa bikin sendiri sesuka kamu dengan aplikasi diatas, dan juga kamu bisa menaruh musik di video snapgram kamu. Silahkan update aplikasi Instagram di hp kamu untuk menikmati fitur ini. Terimakasih :)

Artikel lainnya:

2 komentar

Mantap cek mus... saya tunggu fitur barunya aja.. lumayan panjang proeses crop pake aplikasi tambahan

Iya semoga secepatnya ya fitur baru ini dirilis :)

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon