Panduan Cara Pasang Iklan di TikTok Ads Lengkap

Masih bingung bagaimana cara pasang iklan di TikTok Ads atau cara promosi di TikTok Ads? Yuk simak artikel ini sampai selesai karena akan dijelaskan secara lengkap sebuah panduan beriklan di TikTok seperti berapa harga pasang iklannya, pengaturan iklannya, cara bayarnya dan lain-lain khusus bagi pemula.

TikTok adalah sebuah aplikasi sosial media berbagi video pendek yang sangat di sukai hampir semua kalangan terutama kaum remaja ini seiring dengan berjalannya waktu jumlah penggunanya terus bertambah.

Saat artikel ini dibuat, jumlah pengguna aplikasi TikTok di dunia adalah 1,4 miliar pengguna aktif, sedangkan di Indonesia sendiri hampir mencapai 100 juta pengguna yang rata-rata didominasi oleh anak muda.

Karena jumlah orang yang menggunakan aplikasi TikTok terus bertambah, maka tak heran bila banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan usahanya.

Nah berbicara masalah promosi di TikTok, ada begitu banyak cara yang bisa dicoba untuk mempromosikan usahanya, bisa dengan cara gratis dan cara berbayar yaitu memasang iklan langsung di TikTok.

Bila kamu ingin mencoba memasang iklan di TikTok, maka kamu bisa menggunakan fitur promosi atau TikTok Ads.

Apa itu TikTok Ads?


TikTok Ads adalah sebuah fitur yang ada di aplikasi TikTok yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan bisnis kamu dengan cara memasang iklan di aplikasi TikTok.

Nanti kamu bisa memilih berapa anggaran iklannya, berapa lama durasi iklannya, jumlah jangkauan iklannya sebanyak apa, memilih kota, jenis kelamin, hobi dan lain-lain.

Lantas bagaimana cara buat atau cara pasang iklan di TikTok Ads?

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara promosi di TikTok atau beriklan di TikTok, langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi ini cara promosi di TikTok Ads bagi pemula dengan lengkap:

Cara promosi di TikTok

Panduan Cara Pasang Iklan di TikTok Ads Lengkap


Beralih ke akun bisnis atau creator terlebih dahulu


Sebelum memulai beriklan di TikTok dan agar kamu dapat memasang iklan di TikTok, jangan lupa untuk mengubah terlebih dahulu akun TikTok pribadi kamu ke akun bisnis.

1. Bila sudah beralih ke akun TikTok creator atau bisnis, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memasang iklan di aplikasi TikTok adalah membuka profil akun TikTok kamu. Cari dan buka video TikTok yang ingin kamu promosikan tersebut.



2. Lalu klik icon titik tiga sebelah kanan bawah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Klik icon "Promosi" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Disini kamu bisa memilih target iklan misal ingin banyak dapat viewers pada video tersebut, ingin lebih banyak kunjungan situs web atau ingin banyak jumlah followers. Bila sudah klik "Selanjutnya".


5. Tentukan penonton kamu. Kamu bisa memillih penonton bawaan yang direkomendasikan oleh TikTok, penonton bawaan kedua yang direkomendasi oleh TikTok dan buat sendiri yaitu ingin mengatur sendiri siapa penonton video kamu nantinya. Klik "Buat Sendiri" bila ingin membuat sendiri siapa penontonnya.


6. Tulis apa saja nama penonton misal "penonton 1" dan lain-lain. Selanjutnya adalah memilih penonton sasaran kamu seperti jenis kelamin, usia, lokasi dan minat. Klik pada "Jenis kelamin & usia" untuk mengatur nya.


7. Untuk jenis kalamin kamu bisa memilih laki-laki dan perempuan atau kedua-duanya. Selanjutnya pilih usia. Kamu bisa memilih usia sesuai dengan tujuan promosi kamu. Bila sudah klik "Simpan".


8. Pada bagian lokasi, silahkan ketik nama kota pada kotak pencarian tersebut. Kamu bisa menambahkan sebanyak 20 nama lokasi. Bila sudah klik "Simpan".


9. Lalu pada bagian minat, kamu bisa memilih minat para penonton video kamu tersebut, bila sudah klik "Simpan".


10. Bila sudah memilih semua pada bagian penonton ini maka klik "Simpan" untuk lanjut ke proses selanjutnya.


11. Klik "Selanjutnya".


Harga pasang iklan di TikTok


12. Disini kamu bisa menentukan sendiri berapa harga pasang iklan di TikTok dan durasi iklannya berapa hari. Harga paling murah untuk pasang iklan di TikTok dengan durasi satu hari adalah Rp. 15.000 dengan 367 - 1,227 perkiraan tayangan video.


13. Ternyata harga tersebut belum termasuk dengan pajak. Ditambah dengan pajan PPN 11%  Rp. 1.650, maka totalnya adalah Rp. 16.650. Klik "Bayar dan mulai promosi" bila kamu setuju dengan harga segitu.


Cara membayar promosi di TikTok


14. Silahkan pilih metode pembayaran promosi di TikTok nya. Kamu bisa membayar promosi di TikTok dengan menggunakan Dana, Shopee Pay, Kartu Kredit atau Debit, Bank transfer, OVO dan GoPay. 


15. Klik "Konfirmasi" bila kamu sudah memilih metode pembayarannya.


16. Silahkan ikuti panduan pembayarannya sesuai dengan jenis metode pembayaran yang kamu pilih tadi. Selanjutnya lakukan pembayaran segera mungkin agar kode pembayaran tersebut tidak hangus dan promosi iklan kamu di TikTok dibatalkan.


17. Setelah selesai melakukan pembayaran, tidak perlu menunggu lama maka akan muncul notif "Berhasil" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Berhasil memasang iklan di TikTok


Tidak perlu menunggu waktu lama, selamat kamu telah berhasil memasang iklan di TikTok dan iklan kamu baru saja diterbitkan dan akan berakhir sesuai dengan durasi waktu yang kamu pilih tadi. Untuk melihat halaman promosinya, silahkan buka profil akun TikTok kamu, lalu klik icon garis tiga sudut kanan atas dan klik "Alat kreator" atau Business suite" dan pilih menu "Promosi". Scrool kebawah dan pada bagian "Pesanan" silahkan klik buka video yang sudah di promosi tersebut.


Promosi kamu sudah aktif. Disini kamu bisa melihat berapa biaya yang sudah dikeluarkan, tayangan video, jumlah like, share, komentar, gender dan usia.

Hasil dari promosi di TikTok Ads


Setelah iklan tersebut berjalan hampir 24 jam, ternyata dari promosi tersebut mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Jumlah tayangan video yang didapatkan ternyata melebihi seperti yang di perkiraan oleh TikTok. Jumlah like pada video juga sangat banyak, begitu juga dengan komentar, save video dan share yang juga bertambah walaupun tidak banyak.


Video ditonton 59% oleh lelaki dan 41% oleh perempuan. Sedangkan rentang usia 13-17 tahun yang banyak para penontonnya.


Nah ini video yang telah selesai di promosiin di TikTok dengan harga Rp. 15.000 dan durasi satu hari. Jumlah tayangan meningkat sekitar 1.400 dan like bertambah sebanyak 399.


Sebaiknya promosi video yang disarankan


Agar video yang kamu promosi tersebut lebih banyak lagi jangkauannya melebihi yang diperkirakan oleh TikTok maka promosikan video yang disarankan oleh TikTok.

Tidak bisa mempromosikan video di TikTok


Apakah kamu tidak dapat mempromosikan video di TikTok? Untuk mempromosikan video di TikTok pastikan video tersebut tidak melanggar syarat dan ketentuan yang dibuat oleh TikTok. Video tidak boleh berisi adegan atau aktivitas yang dilarang oleh hukum.

Tidak dapat membayar promosi di TikTok dengan pulsa


Saat artikel ini dibuat, untuk membayar biaya promosi di TikTok Ads belum bisa dilakukan dengan pulsa. Jadi pilihan pembayaran yang tersedia adalah Dana, Shopee Pay, Kartu Kredit atau Debit, Bank transfer, OVO dan GoPay. 

Cara membatalkan promosi di TikTok


Untuk membatalkan promosi di TikTok, caranya silahkan buka menu "Promosi" lalu pada bagian "Pesanan" silahkan buka video yang sedang di promosikan tersebut, klik icon titik tiga sudut kanan atas dan klik "Tutup Promosi".

Kesimpulan


TikTok adalah sebuah aplikasi sosial media berbagi video pendek yang sangat digemari terutama kaum mudah ini mulai dilirik oleh para pembisnis untuk mempromosikan usahanya. Ada yang menggunakan cara gratis dan cara berbayar yaitu dengan memasang iklan langsung di aplikasi TikTok. Kamu bisa mencoba mempromosikan video jualan kamu di TikTok bila video tersebut sepi viewers atau sulit masuk fyp.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas panduang cara pasang iklan di TikTok lengkap bagi pemula. Bagaimana apakah kamu sudah berhasil memasang iklan di TikTok?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon