7 Cara Cek RAM HP Samsung Berapa Kapasitas Dan Sisa

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara cek RAM di hp Samsung seperti total ram dan sisa ram nya ada berapa lagi, maka silahkan simak artikel ini sampai usai.

Namun sebelum membahas bagaimana cara melihat ram hp Samsung, apakah kamu sudah tau kepanjangan dari kata RAM tersebut?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Semua hp atau gadget pasti ada yang namanya RAM. RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara untuk aplikasi yang sedang aktif atau sedang digunakan.

Sebagai contoh, bila hp kamu memiliki RAM sebesar 1 Gb, bila kamu membuka 10 aplikasi secara bersamaan atau masih berjalan dilatar belakang dengan ukuran aplikasi masing-masing sebesar 50 MB, maka RAM yang digunakan adalah sebesar 500 MB, ini belum lagi yang digunakan oleh sistem.

Jadi bila salah satu aplikasi ditutup atau semuanya, maka ukuran RAM akan kembali normal dan membuat hp kamu jadi lebih cepat.

Beda merek atau tipe hp berbeda pula kapasitas RAM yang digunakan, serta harga hp juga mempengaruhi berapa besarnya RAM sebuah hp. Semakin mahal sebuah hp maka kapasitas RAM yang ditawarkan juga semakin besar.

Seperti hp merek Samsung, tidak semua tipenya memiliki kapasitas RAM yang sama. Misal hp Samsung A20S, Samsung J2 Pro, Samsung A10S, Samsung J5 Prime, Samsung A10, Samsung A21S, Samsung J5, Samsung A50S, Samsung J4 Plus, Samsung Galaxy S 10 Plus, 20 S, Note 20 Ultra dan tipe hp Samsung lainnya.

Dari semua tipe hp Samsung yang disebutkan diatas ada yang memiliki kapasitas RAM 1 GB, 2 GB, 4 GB, 6 Gb, 8 Gb, 12 GB, bahkan ada yang sampai 16 GB seri hp flagship nya Samsung.

Semakin gede kapasitas RAM nya maka harga hp Samsung juga semakin mahal seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra, sekarang harganya masih mencapai 15 jutaan keatas.

Nah tipe hp Samsung apa yang kamu gunakan? Apakah kamu mengetahui berapa kapasitas RAM nya? Jangan sampai nanti hp Samsung kamu lelet, suka terhenti sendiri aplikasi yang sedang dibuka, hp restart sendiri dan masalah-masalah lainnya karena ukuran RAM nya kecil.

Lantas bagaimana cara melihat RAM di hp Samsung? Atau cara cek sisa RAM nya? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini dia cara cek RAM di hp Samsung dengan beberapa cara mudah berikut ini:

Cara cek ram hp samsung

Cara Cek RAM di HP Samsung Terbaru


1. Melalui menu pengaturan (Android 10 keatas)


Bagi kamu yang menggunakan OS Android versi 10 keatas cara melihat ram nya bisa melalui menu pengaturan hp atau setting. Silahkan buka menu setting atau pengaturan.


Lalu scrool kebawah dan klik pada menu "Perawatan perangkat".


Selanjutnya klik pada "Memori".


Nah disini silahkan lihat berapa kapasitas RAM hp kamu serta berapa jumlah yang masih tersedia. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, total RAM adalah 8 GB, lalu yang tersedia adalah 2,5 GB. Kamu bisa mengonsongkan memori agar kinerja hp bisa lebih cepat. Klik pada "Hps skrg" untuk menutup aplikasi yang sedang aktif dilatar belakang.


2. Melalui menu pengaturan (Android 9 kebawah)


Bagi kamu yang masih menggunakan hp-hp jadul dari Samsung, yaitu yang masih menggunakan OS Android versi 9 kebawah, caranya sebagai berikut:

Buka menu "Pengaturan".


Lalu klik pada "Pemeliharaan perangkat".


Selanjutnya klik pada "Memori" paling bawah.


Nah disinlah kamu bisa melihat berapa total kapasitas RAM hp Samsung kamu, lalu berapa ruang yang masih tersedia. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, kapasitas RAM hp ini adalah 4 GB, lalu ruang yang masih tersedia 1,8 GB. Klik "HPS SKG" untuk menutup aplikasi yang masih berjalan dilatar hp.


3. Menggunakan CPU-Z


Selain dengan kedua cara diatas, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek RAM hp Samsung yang kamu gunakan. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan adalah CPU-X.

Silahkan buka Google Play Store, lalu cari aplikasi CPU-Z seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, install dan buka.


Bila sudah terbuka, klik pada menu "DEVICE" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah silahkan lihat berapa total RAM lalu jumlah yang masih tersedia. Selain itu kamu juga bisa melihat berapa kapasitas memori internal dan jumlah yang tersedia, dan informasi lainnya seperti model hp, ukuran layar, resolusi layar dan lain-lain.


4. Menggunakan AIDA64


Selain dengan menggunakan aplikasi CPU-Z, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya yang bernama AIDA64. Silahkan download dan instal aplikasi AIDA64 di Google Play Store seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Bila sudah terbuka langsung saja klik pada "System" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah silahkan lihat berapa total memori hp kamu dan kapasitas yang masih tersedia. Selain itu disini kamu juga bisa mengecek berbagai informasi yang ada di hp Samsung kamu seperti menggunakan chip apa, model hp, kapasitas penyimpanan dan lain-lain.

'

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang ada di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk melihat dan cek RAM hp kamu, namun kedua aplikasi tersebut sepertinya sudah cukup akurat untuk kamu gunakan.

5. Cek melalui website Samsung


Cara yang kelima ini cukup simpel, kamu bisa mengecek kapasitas RAM hp Samsung kamu melalui website Samsung langsung. Silahkan buka Samsung.com, lalu pada bagian pencarian klik tipe hp Samsung kamu, selanjutnya klik pada menu spesifikasi dan akan muncul berapa kapasitas hp RAM hp Samsung kamu seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Namun pada website Samsung kamu tidak bisa mengecek berapa sisa RAM yang masih tersedia. Untuk mengecek sisa RAM yang tersedia kamu bisa melakukannya lewat cara nomor 1-5 diatas.

6. Melalui kotak dus HP



Nah ini adalah cara yang sangat simpel untuk mengecek berapa total kapasitas RAM hp Samsung kamu. Silahkan cari dus kotak hp Samsung kamu, lalu lihat dibagian bawah. Nah itulah kapasitas RAM hp Samsung kamu. Sangat mudah bukan?

7. Tanya Google



Cara ini hampir sama denga cara nomor lima diatas, yaitu bertanya di Google. Silahkan bertanya di Google atau ketik di Google Pencarian tipe hp Samsung kamu lalu pada ujungnya tambahkan kata spesifikasi. Bila tidak langsung muncul total RAM nya silahkan buka website-website yang muncul dibawah nya. Agar lebih akurat langsung saja buka website nya Samsung.

Itulah cara cek RAM di hp Samsung, silahkan pilih satu diatara ke tujuh cara diatas yang mana menurut kamu paling mudah. Bagaimana apakah kamu sudah mengetahui berapa kapasitas RAM serta total RAM yang masih tersedia?

Kesimpulan


Mengetahui berapa kapasitas RAM hp yang kamu gunakan sangat perlu agar hp kamu tidak lelet dan tiba-tiba suka keluar sendiri saat sedang menggunakan aplikasi yang berat-berat.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara cek ram di hp Samsung atau cara melihat kapasitas ram nya. Bagaimana apakah ada kendala?

Bila ada masalah dan hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon