15 Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Semua Tipe

Halo, sudah tau belum bagaimana cara mengatasi hp lemot Samsung? Samsung adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia asal Korea Selatan ini tidak hanya membuat alat-alat elektronik saja, seperti tv, kulkas, AC dan lain-lain, Samsung juga membuat HP dan Smartphone.

HP pertama yang dibuat oleh Samsung adalah Samsung SC-1000 pada tahun 1985 di Korea Selatan, dan sampai sekarang ini Samsung terus membuat hp baru nya, baik hp berfitur sederhana sampai dengan smartphone yang cukup mahal.

Kebanyakan smartphone Samsung sekarang ini menggunakan OS Android, baik tipe hp murah mereka sampai yang flagship. Nah ketika sedang menggunakan hp Samsung kendala apa yang kamu alami? Apakah lemot?

Semua hp pasti terjadi hal yang namanya lemot, hp menjadi lambat dan sering terjadi hang saat sedang membuka aplikasi.

Apakah hp Samsung yang sedang kamu gunakan ini sering mengalami yang namanya lemot? Terutama saat sedang asyik bermain dengan IG, menonton Youtube, WA, dan hal lainnya? Pasti hal ini bikin kamu kesel dan marah-marah sendiri.

HP Samsung lemot bisa disebabkan oleh banyak hal, berikut beberapa penyebab utama hp Samsung lemot:

Penyebab utama HP Samsung jadi Lemot


1. Banyak install aplikasi

Penyebab utama hp Samsung menjadi lemot atau lambat adalah karena terlalu banyak menginstall aplikasi. Terlalu banyak menginstall aplikasi akan menyebabkan RAM jadi penuh dan akan membuat aplikasi lainnya yang sedang terbuka jadi berebutan RAM, efeknya membuat hp lemot.

2. RAM penuh

Seperti sudah dijelaskan diatas, RAM penuh akan menyebabkan hp jadi lemot. Jadi ketahui terlebih dahulu kapasitas RAM hp kamu sebelum memutuskan menginstall dan membuka aplikasi terlalu banyak disaat bersamaan.

3. Media penyimpanan penuh

Media penyimpanan sebuah hp yang kecil bisa membuat hp kamu menjadi lemot bila kamu terlalu banyaki menyimpan file nya.

4. Banyak aplikasi berjalan dilatar belakang

Banyaknya aplikasi yang dibuka ditambah lagi kapasitas RAM hp kamu yang kecil sudah pasti akan membuat hp Samsung kamu menjadi lemot.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa hp itu bisa lemot. Lantas bagaimana cara mengatasi hp Samsung lemot?

Bagi kamu yang menggunakan hp Samsung J1 Ace, Samsung J5, Samsung J2 Prime, Samsung J6 Plus, Samsung A10S, Samsung Galaxy V, Samsung Grand Prime, Samsung J7 Prime, Samsung Grand Duos, dan hp-hp merek Samsung lainnya, ini cara mengatasi hp Samsung lemot semua tipe:

Cara mengatasi hp Samsung lemot

Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Semua Tipe


1. Fitur perawatan perangkat


Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengatasi hp Samsung lemot adalah dengan cara memanfaatkan sebuah fitur bawaan hp Samsung yaitu "Perawatan perangkat". Hampir semua smartphone Samsung memiliki fitur ini. Untuk mengakses fitur ini bisa lewat menu "Pengaturan" lalu scroll kebawah dan klik pada "Perawatan perangkat".


Lalu klik pada "Optimalkan sekarang". Fitur ini akan menganalisis dan memeriksa masalah apa saja yang ada di hp kamu dan akan memperbaikinya secara otomatis, mirip aplikasi pihak ketiga CCleaner.


2. Tutup semua aplikasi dilatar


Penyebab kedua hp Samsung lemot adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang, hal ini akan banyak memakan RAM, terlebih lagi bila RAM hp kamu kecil sudah pasti bikin hp kamu lelet banget. Silahkan tekan timbol recent apps lalu klik tutup semua aplikasi yang sedang berjalan tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Restart hp


Merestart hp juga akan membuat hp kamu menjadi kencang lagi. Semua aplikasi dilatar yang sedang aktif akan ditutup semua. Silahkan restart hp kamu. Klik tahan tombol kunci hp lalu klik "Mulai lagi" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Hapus aplikasi yang jarang dipakai


Coba cek ada berapa banyak aplikasi yang kamu install di hp kamu dan lihat satu pesatu mungkin siapa tau ada aplikasi yang sudah jarang kamu gunakan. Bila sekarang kamu sudah jarang membuka atau menggunakan aplikasi tersebut, sebaiknya hapus saja.

Menghapus sebagaian aplikasi di hp akan membuat RAM hp kamu menjadi lega dan efeknya akan membuat hp kamu menjadi kencang. Klik tahan pada icon aplikasi nya, lalu klik "Hapus instalasi" untuk langsung menghapusnya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


5. Hapus widget yang tidak penting


Di menu home hp Samsung kamu coba perhatikan ada berapa banyak widget yang terpasang. Bila kamu merasa tidak beritu membutuhkan widget-widget tersebut sebaiknya dihapus saja, karena kebanyakan memasang widget akan membuat RAM hp kamu termakan banyak, efeknya hp menjadi lemot. 

Klik tahan pada widget tersebut untuk menghapusnya, lalu klik "Hapus dari Depan" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


6. Update perangkat lunak


Menggunakan OS yang telah usang ternyata dapat membuat hp kamu jadi lemot. Silahkan cek apakah hp Samsung kamu ada diminta buat update OS nya ke versi terbaru? Atau update lainnya seperti keamanan dan perbaikan performa? Bila ada silahkan langsung klik update.


Untuk hp-hp Android Samsung yang usianya sudah lebih dari 2 tahun memang sudah jarang mendapatkan update perangkat lunak, namun agar hp kamu tidak lemot, kamu bisa melakukan tips-tips lainnya pada artikel ini.

7. Jangan gunakan antivirus


Berbeda seperti 10 tahun yang lalu saat sistem operasi sebuah hp belum terlalu canggih, sekarang kebanyakan hp menggunakan OS Android yang sangat canggih jadi kamu tidak perlu lagi memasang antivitus. Ditambah lagi setiap merek hp seperti Samsung juga memiliki aplikasi bawaan yang bisa mendeteksi virus di hp kamu. Jadi bila kamu memasang antivirus justru akan membuat hp kamu menjadi semakin lemot karena software antivirus itu file nya cukup gede.

Fitur keamanan pada hp Samsung dapat kamu temukan pada menu "Pengaturan", lalu klik pada "Perawatan perangkat" dan pilih "Keamanan". Klik "Pindai ponsel" untuk memeriksa virus dan masalah keamanan lainnya.


Nah seperti yang tampak pada gambar diatas, ternyata Samsung telah bekerja sama dengan perusahaan pembuat software keamanan MCAfee. Jadi kamu tidak perlu lagi mengisntall aplikasi AntiVirus.

8. Hapus aplikasi cleaner


HP Samsung sudah memiliki fitur Keamanan dan Perawatan perangkat, jadi kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi cleaner, cukup gunakan kedua fitur tersebut untuk mengatasi berbagai masalah yang membuat hp kamu lemot.

Aplikasi cleaner justru akan membuat hp kamu menjadi lemot karena rata-rata aplikasi cleaner itu ukurannya cukup besar dan akan memakan banyak RAM saat dibuka.

9. Gunakan memori penyimpanan eksternal yang bagus


Jangan menggunakan media penyimpanan abal-abal karena bisa membuat hp Samsung kamu menjadi lemot. Gunakan media penyimpanan yang direkomendasikan oleh Samsung yang bisa menyimpan file rekaman FHD atau 4K.

10. Hapus file besar


Coba cek mungkin ada file-file besar yang ada di hp kamu yang tidak penting. Kamu bisa menghapusnya atau memindahkan ke laptop bila dirasa penting. Banyak menyimpan file yang besar akan membuat media penyimpanan hp Samsung kamu jadi penuh, efeknya sudah pasti bikin hp lelet dan lemot.

11. Hapus data dan cache pada aplikasi yang sering dipakai


Aplikasi yang sering dibuka akan membuat file sampah semakin menumpuk dan memakan banyak media penyimpanan karena banyak data yang disimpan, jadi kamu bisa menghapus file datanya dan file cache nya. Carannya silahkan buka menu pengaturan, lalu klik pada aplikasi, cari aplikasi yang banyak menyedot media penyimpanan, selanjutnya klik pada penyimp anan dan kilik hapus data dan hapus memori.


12. Matikan auto sinkronisasi


Mengaktifkan fitur auto sinkronisasi ternyata dapat membuat hp Samsung kamu menjadi lemot. Fitur auto sinkr tersebut akan terus berkerja mencadangkan file kamu. Namun bila kamu mematikan fitur ini sudah pasti file-file kamu tidak akan di sinkron.


13. Gunakan aplikasi versi lite


Sekarang sudah banyak aplikasi di Google Play Store yang ada versi lite nya, seperti Facebook Lite dan lain-lain. Aplikasi versi lite ini cukup ringan dan tidak memakan banyak RAM ketika digunakan, jadi bila kamu menginstall aplikasi versi lite sudah pasti membuat hp kamu kencang.

14. Matikan fitur update aplikasi secara otomatis


Mengaktifkan fitur auto update aplikasi secara otomatis itu artinya setiap suatu aplikasi memerlukan update maka akan langsung otomatis terupdate, hal ini sudah pasti bikin hp kamu lemot bila sedang membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Kamu bisa mematikan fitur auto update ini pada aplikasi Google Play Store, klik icon memunculkan menu pilihan sudut kiri atas, lalu klik pada Setelan. Selanjutnya pilih "Update aplikasi secar otomatis", dan klik "Jangan update aplikasi secara otomatis".


15. Reset data pabrik


Cara mengatasi hp Samsung lemot yang terakhir adalah mereset ke pengaturan pabrik. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan terlebih dahulu kamu backup file-file penting yang ada di media penyimpanan telepon kamu agar tidak dihapus semua.

Mereset hp kembali ke pengaturan awal pabrik akan membuat mesin hp kamu seperti baru lagi dan sudah pasti kembali kencang.


Nah itulah 15 cara mengatasi hp Samsung lemot semua tipe. Bagaimana setelah melakukan salah satu cara diatas apakah hp Samsung yang kamu gunakan kembali kencang tidak lemot lagi?

Kesimpulan


Ke 15 cara mengatasi hp Samsung lemot diatas memang harus sering-sering kamu lakukan pada hp Samsung kamu setidaknya sebulan sekali agar hp Samsung kamu selalu sehat bugar. Apalagi bila kamu menggunakan hp Samsung keluaran beberapa tahun yang lalu yang sudah tidak mendapatkan update OS lagi, cara diatas memang harus kamu lakukan sesering mungkin.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas tentang bagaimana cara mengatasi hp lemot Samsung semua tipe, baik hp harga 1 jutaan, 4 jutaan, bahkan 10 jutaan keatas seri s dan note.

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara menghapus akun Gmail di Android dengan mudah
Cara menyembunyikan Youtube di hp tanpa aplikasi
Cara menyembunyikan nomor hp di Facebook
Trik fotografi keren dengan menggunakan kamera hp

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon