Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Video Call

Halo, sudah tau belum bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa video call atau gagal video call di Instagram?

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat banyak jumlah penggunanya di dunia ini memiliki fitur yang sangat keren dan bermanfaat bagi para penggunanya.

Di Instagram selain kamu dapat mengupload foto, membuat story, live, mengirim pesan, menyukai dan mengomentari postingan orang lain, kamu juga dapat melakukan video call atau panggilan video.

Fitur keren video call di Instagram ini pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2018 dulu dan disambut gembira oleh para pengguna Instagram diseluruh dunia.

Dengan fitur ini, kamu dapat melakukan video call sesama pengguna Instagram, bisa dengan dua orang bahkan lebih dengan membuat grup terlebih dahulu.

Namun sampai dengan sekarang ini sebagian pengguna Instagram ada yang belum bisa melakukan video call atau panggilan video. Ada juga yang hanya bisa melakukan video call ke akun-akun tertentu saja dan tidak bisa ke semua pengguna Instagram.

Apakah kamu mengalami hal ini yaitu tidak bisa dan gagal melakukan video call di Instagram?

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa video call? Atau obrolan video di Instagram gagal? Dan video call di ig tidak muncul?

Nah sebelum membahas cara mengatasi Instagram tidak bisa video call, kamu patut mengetahui terlebih dahulu apa penyebab Instagram tidak bisa video call seperti dibawah ini:

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Video Call

Penyebab Instagram Tidak Bisa Video Call


1. Obrolan Video di Senyapkan


Teman atau orang yang kamu telepon tersebut telah menyenyapkan obrolan video nya. Jadi agar bisa video call, teman kamu patut menghilangkan conteng pada "Senyapkan Obrolan Video" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Untuk memunculkan menu "Rincian" seperti pada gambar dibawah ini terdapat pada icon (!) sudut kanan atas dalam pesan dm kalian.


2. Belum Menerima Pesan


Apakah orang yang kamu video call tersebut telah berteman dengan kamu di Instagram? Atau sudah saling mengikuti? Bila orang yang kamu video call tersebut belum followback kamu, maka video call dari kamu pasti akan gagal karena tidak ada pemberitahuan di akun orang tersebut. Bila orang tersebut tidak mau followback kamu, maka orang tersebut harus menerima terlebih dahulu pesan dari kamu, dan baru nanti kalian bisa video call.


3. Pesan Dipindahkan ke Umum


Selain itu penyebab lainnya tidak bisa video call di Instagram adalah karena pesan dari kamu telah dipindahkan ke "UMUM" (akun bisnis). Nah agar bisa video call dengan orang tersebut maka pesan dari kamu harus di pindahkan ke "UTAMA".


4. Dibatasi


Yang terakhir adalah akun Instagram kamu telah dibatasi oleh orang tersebut, jadi kamu tidak bisa melakukan video call atau pun mengirim pesan walaupun masih saling follow.


Diatas adalah penyebab Instagram tidak bisa melakukan video call atau panggilan video. Bila sudah melakukan semua hal-hal diatas namun kamu tetap masih belum bisa juga melakukan video call, maka coba perhatikan hal-hal berikut ini, yaitu cara mengatasi Instagram tidak bisa video call:

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Video Call


1. Update


Coba cek apakah aplikasi Instagram kamu meminta update? Siapa tau kamu masih menggunakan Instagram versi lama yang belum ada fitur video call nya. Untuk pengguna hp Android bisa lewat Google Play Store untuk mengecek update nya, dan bagi pengguna hp iPhone bisa lewat Apple Apps Store.


2. Restart HP


Bila kamu sudah mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru namun fitur video call nya belum muncul juga atau masih tidak bisa melakukan video call, maka coba restart hp kamu. Dengan mengrestart, update aplikasi tadi akan benar-benar diterapkan dan kamu sudah bisa video call.


3. Izinkan Akses


Bila masih belum bisa melakukan panggilan video di Instagram, mungkin ada yang salah pada menu pengaturan aplikasi Instagram nya di hp kamu. Untuk mengaturnya, silahkan buka menu pengaturan pada hp kamu, lalu klik pada pengaturan aplikasi atau "Aplikasi".


Cari aplikasi Instagram dan buka.


Klik pada "Izin" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Lalu silahkan periksa satu persatu pada kamera, lokasi, mikrofon, dan penyimpanan.


Klik berikan izin seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Hapus dan Install


Cara yang terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi Instagram tidak bisa video call adalah mencopot pemasangan Instagram lalu memasang nya lagi. Masih pada menu "Info Aplikasi", klik pada menu "Hapus Instalasi" untuk langsung mencopot pemasangan aplikasi Instagram nya. Selanjutnya kamu bisa memasangnya lagi.


Selain lewat menu pengaturan, kamu juga dapat mencopot pemasangan aplikasi Instagram lewat aplikasi Google Play Store bagi pengguna hp Android, dan untuk iPhone bisa lewat Apple Apps Store.

Bagaimana apakah kamu telah berhasil mengatasi masalah tidak bisa melakukan video call di Instagram?

Kesimpulan


Fitur video call atau panggilan video pada pesan di Instagram ini bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti video call di wa atau aplikasi chatting lagi yang lebih sederhana. Jadi kamu tidak perlu mengasih nomor wa kamu agar bisa melakukan video call.

Perlu diingat


Jangan melakukan video call ke teman bila belum dapat izin terlebih dahulu apalagi orang yang tidak mengenal kamu dengan dekat. Bisa saja orang tersebut terganggu atau belum siap menerima panggilan video call dari kamu.

Jangan sampai deh akun Instagram kamu diblokir atau pesan dari kamu dimasukkan ke umum atau bisa jadi dibatasi seperti diatas.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengatasi Instagram tidak bisa video call. Bagaimana apakah kamu sudah bisa melakukan video call di Instagram tanpa adanya kendala lagi?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara mengatasi video disenyapkan di Instagram

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon