Cara Mengganti URL Youtube Channel Terbaru

Halo, sudah tau belum bagaimana cara mengganti atau cara mengubah url Youtube channel? Atau kamu belum tau kalau url pada Youtube channel kamu bisa di ganti?

Sama hanya dengan sosial media Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain, pada media sosial berbagi video Youtube ini kamu juga bisa mengganti atau mengubah url nya sesuka kamu kapanpun kamu mau.

Saat pertama kali membuat channel, Youtube akan secara acak atau otomatis memberikan kamu sebuah url untuk menuju ke channel Youtube kamu.

Url tersebut bisa kamu bagikan atau share ke teman-teman kamu agar bisa lebih cepat mengunjungi atau menemukan channel Youtube kamu untuk di subscriber.

Nah masalahnya url yang dikasih oleh Youtube tersebut terlalu panjang dengan berbagai karakter acak, unik dan membosankan untuk ditulis atau di hafal.

Contoh url bawaan yang dibuat secara otomatis oleh Youtube:

https://www.youtube.com/channel/UCBbiBmF7g1CP6KydI7pl21A

Seperti dijelaskan diatas, kamu bisa mengubah dan mengganti url acak tersebut dengan nama kamu sendiri agar lebih bagus dan kelihatan menarik. 

Contoh url yang sudah di custom secara manual:

https://www.youtube.com/cekmus atau
https://www.youtube.com/c/cekmus

Bagaimana terlihat perbedaan yang sangat berarti bukan url yang dikasih sama Youtube secara otomatis dengan url yang sudah kita ubah atau custom sendiri.

Manfaat Mengganti URL Youtube Channel


  • Mudah untuk diingat
  • Terlihat lebih menarik dan professional
  • Akan terlihat lebih rapi bila kamu menaruh link url Youtube channel kamu pada bio akun sosial media
  • Bagus untuk SEO atau mesin pencari seperti Google Search

Syarat dan Ketentuan Custom URL Channel Youtube


Sebelum mengganti custom url channel Youtube atau merubah url channel Youtube, ada beberapa syarat serta ketentuan yang harus kamu miliki yaitu sebagai berikut:

  • Minimal channel kamu harus memiliki 100 subscribe atau lebih
  • Channel harus berusia minimal 30 hari atau lebih
  • Kamu telah menambahkan foto profil pada akun Google atau pada channel
  • Serta telah menambahkan gambar header

Bila kesemua syarat dan ketentuan diatas telah kamu penuhi, maka kamu sudah bisa mengganti atau membuat url Youtube pada channel kamu.

Namun bila syarat-syarat diatas belum kamu penuhi, maka kamu belum bisa mengganti url Youtube channel. Silahkan penuhi syarat-syarat diatas agar dapat mengganti url channel di Youtube.

Lantas bagaimana cara merubah atau cara membuat url Youtube? Langsung saja, bila kesemua syarat diatas telah kamu penuhi, maka berikut cara mengganti url channel Youtube terbaru:

Cara Mengganti URL Youtube Channel Terbaru

Cara Mengganti URL Youtube Channel Terbaru


1. Untuk mengganti url Youtube channel, kamu bisa menggantinya lewat web browser yang ada di hp Android atau pun iPhone dan mengubahnya ke tampilan desktop. Namun sangat disarankan untuk menggunakan PC, karena bila lewat hp kamu akan mengalami kesulitan menggantinya sebab layar hp yang begitu kecil. Langsung saja buka https://www.youtube.com/ di web browser pc kamu, lalu klik menu "Setelan" kiri bawah, klik "Setelan lanjutan", bila ingin cepat langsung saja klik tautan ini https://www.youtube.com/account_advanced. Selanjutnya klik pada "Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan URL kustom, klam disini" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Silahkan masukkan nama apa saja yang ingin kamu masukkan pada kotak tersebut, lalu klik conteng pada "Saya telah membaca dan menyetujui Syarat Pengguna URL kustom". Bila sudah silahkan klik "UBAH URL".


3. Bagaimana apakah kamu sudah yakin ingin mengubah url tersebut? Bila sudah yakin langsung saja klik pada "KONFIRMASIKAN PILIHAN".


Selamat kamu telah berhasil mengubah url pada channel Youtube kamu. Untuk membuktikannya apakah sudah berhasil, langsung saja salin url tersebut atau klik pada url tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, url channel Youtube kamu sudah benar-benar diganti. Kamu sekarang bisa menyalinnya untuk dibagikan ke teman atau menaruhnya di bio akun sosial media kamu lainnya.


Bagaimana sangat mudah bukan cara ubah url channel Youtube. Namun pastikan terlebih dahulu channel Youtube kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan seperti diatas agar bisa mengganti url nya.

Bila kamu tidak begitu menyukai lagi dengan url yang barusan kamu ganti tadi, kamu tidak bisa mengeditnya kembali, namun kamu bisa menghapus dan membuat url baru lagi. Berikut caranya:

Menghapus dan membuat url Youtube channel baru


1. Silahkan buka tab baru pada web browser yang sedang kamu buka ini, login ke akun Youtube kamu, buka alamat ini https://myaccount.google.com/profile, scroll kebawah pada menu "Tentang". Lalu klik pada "URL KUSTOM YOUTUBE" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik "Hapus" untuk langsung menghapus url kustom yang barusan kamu buat seperti cara diatas tersebut.


3. Bagaimana apakah kamu sudah yakin ingin menghapus url tersebut? Bila sudah yakin langsung saja konfirmasi dengan cara klik "Hapus".


4. Selanjutnya silahkan buka halaman pengaturan pada Youtube https://www.youtube.com/account_advanced, lalu buka kembali pada "URL Kustom", dan klik pada "Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan URL kustom, klam disini". Lalu silahkan pilih pada url kedua yang dikasih oleh Youtube tersebut. Klik conteng pada "Saya telah membaca dan menyetujui Syarat Penggunaan URL kustom". Bila sudah klik "UBAH URL".


5. Bila nama yang dikasih Youtube tersebut tidak bisa digunakan, kamu bisa menambahkan beberapa huruf dibelakangnya.


Itulah cara menghapus dan mendapatkan url kustom baru pada Youtube channel kamu. Tapi yang perlu diingat, kamu hanya bisa menghapus dan membuat url kustom baru cuma 3 kali dalam setahun. Jadi jangan sering-sering mengubahnya ya.

Memang tidak semua channel bisa mengubah url nya sesuai dengan apa yang kita inginkan, ada yang bisa diubah 100 % namanya dan menggunakan url yang dikasih Youtube dengan menambahkan beberapa karakter dibelakangnya.

Lihat juga:

Kesimpulan


Mengganti url Youtube channel memang harus kamu lakukan bila memenuhi syaratnya. Karena dengan mengganti url, kamu bisa dengan mudah mengetik nama url nya untuk dibagikan ke teman.

Selain itu, url Youtube channel yang sudah diganti akan terlihat lebih profesional dan rapi bila kamu menaruh link tersebut pada bio akun sosial media kamu seperti di Instagram.

Itulah artikel lengkap yang membahas bagaimana caranya mengubah atau mengganti url Youtube channel terbaru. Bagaimana apakah kamu telah berhasil menggantinya?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Demikian terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon