Cara Upload Video Di IGTV Lewat PC

Bila kamu adalah seorang konten creator, suka membuat video dan membagikannya ke sosial media, selain Youtube kamu patut mencoba IGTV.

IGTV adalah salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Instagram ini bisa kamu manfaatkan untuk mengupload video kamu.

Sejak pertama kali rilis, IGTV ini memang tidak begitu populer dan tidak banyak yang menyukainya mengingat model video nya portrait, hal ini pasti merepotkan bagi mereka bila ingin mengupload nya lagi ke Youtube, mereka harus mengedit model landscape lagi.

Namun sepertinya pihak Instagram mengetahui keluhan kebanyakan penggunanya tersebut dan ingin IGTV bisa bersaing dengan Youtube, maka sekarang kamu bisa upload video ke IGTV model landscape, tanpa terpotong, serta bisa ditonton secara horizontal.

Nah bila kamu mengupload video di IGTV lewat aplikasi Instagram yang ada di hp kamu, maka kamu hanya bisa mengupload video dengan durasi maksimal 15 menit saja dengan ukuran file tidak boleh lebih dari 650 MB.

Sekarang bila kamu memiliki video yang durasinya lebih dari 15 menit atau bahkan satu jam, kamu bisa mengupload video IGTV via PC.

Ya, lewat PC kamu bisa upload video IGTV maksimal dengan durasi 60 menit dengan ukuran file maksimal 3.6 GB.

Durasi yang cukup panjang bukan dan hanya bisa lewat PC saja kamu bisa mengupload video ke IGTV dengan durasi satu jam ini.

Selain itu, bagi kamu yang suka edit video lewat PC sekarang tidak perlu repot-repot lagi harus memasukkannya lagi ke hp lalu mengupload nya lagi ke IGTV via aplikasi Instagram yang menghabiskan waktu cukup lama.

Lantas bagaimana cara upload video di IGTV lewat PC? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara upload ig tv via pc dengan mudah dan gampang:

Cara Upload Video Di IGTV Lewat PC

Cara Upload Video Di IGTV Lewat PC


1. Langsung saja langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara upload ig tv via pc adalah membuka terlebih dahulu web browser yang ada di pc kamu. Kamu bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, Opera, UC Web Browser, atau web browser favorit kamu lainnya. Bila sudah silahkan langsung saja buka https://www.instagram.com/ dan login terlebih dahulu dengan akun Instagram kamu bila kamu belum login.


2. Bila sudah login, silahkan buka profil akun Instagram kamu. Selanjutnya klik menu "IGTV" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Klik tombol "Upload" sebelah kanan tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Klik pada "Drag and Drop a Video File" atau "Pilih dan jatuhkan file disini" untuk memilih video yang ada di penyimpanan komputer kamu dan kamu upload ke igtv.


Seperti dijelaskan disitu "Your video must be between 1 and 60 minutes long, landscape or portrait, an MP4 file and less than 3.6 GB". Itu artinya kamu hanya bisa upload video ke IGTV minimal durasi 1 menit dan maksimal durasi 60 menit, landscape atau potret, file jenis mp4, dan kurang dari 3.6 GB.

Jadi video yang durasinya tidak sampai 1 menit tidak bisa kamu upload ke IGTV dan video yang lebih dari 60 menit juga tidak bisa kamu upload ke IGTV.

Bila kamu ingin upload video dengan durasi 60 menit atau kurang namun ukuran file nya lebih dari 3.6 GB, nah agar bisa di upload ke IGTV Instagram silahkan kompres dulu atau perkecil ukuran video tersebut.

5. Silahkan klik pada edit untuk menambahkan cover atau gambar thumbnail pada video IGTV kamu. Masukkan judul dan keterangan video IGTV nya. Klik conteng pada "Post a Preview" untuk menampilkan satu menit pertama di beranda dan di feed akun Instagram kamu. Bila sudah klik "Post" untuk langsung mengupload ke IGTV kamu.


Patut diketahui juga, bila kamu ingin menambahkan cover atau ambar thumbnail pada video igtv yang kamu upload maka tambahkanlah pada langkah diatas, karena setelah diupload gambar thumbnail nya tidak bisa di tambah lagi, lewat pc maupun lewat hp.

6. Silahkan tunggu sampai selesai proses upload nya. Lama proses upload nya tergantung sama ukuran video yang kamu upload tersebut.


7. Selamat kamu telah berhasil upload video di IGTV via PC dengan mudah. Sekarang kamu sudah bisa menonton dan membagikan video tersebut. Klik untuk menontonnya.


Begini tampilan video IGTV bila kamu buka lewat PC. Kamu bisa klik pause, mempercepat video, mengubah ke layar penuh, membagikannya, like, komen dan lain-lain.


Kamu tidak bisa mengedit judul sama keterangan video IGTV yang sudah kamu upload tersebut lewat pc. Kamu hanya bisa menghapus video tersebut, membagikan, menyalin tautan, embed, dan menuju ke postingan. 


Cuplikan satu menit pertama juga bisa dilihat pada pc ketika ada yang membuka profil akun Instagram kamu lewat pc.


Lantas bagaimana dengan hp? Begini ketika dilihat dari hp postingan IGTV yang kamu upload lewat pc.


Dan seperti ini ketika video IGTV tersebut diputar melalui hp. Ternyata sama saja dengan cara upload video IGTV lewat hp ya.


Bagaimana apakah kamu telah berhasil mengupload video di IGTV lewat PC belum? Bila belum berhasil dan menu IGTV nya tidak muncul, jangan lupa untuk menggunakan web browser versi terbaru atau update web browser kamu.

Lihat juga:
Cara upload video IGTV lewat hp horizontal tanpa terpotong
Panduan lengkap cara menggunakan IGTV di Instagram

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi haru memasukkan video dari pc ke hp untuk di upload ke IGTV akun Instagram kamu. Selesai edit video nya lewat pc kamu bisa langsung mengupload nya ke IGTV akun Instagram kamu.

Kamu tidak perlu kuatir video kamu akan terpotong karena sekarang biar pun video yang kamu upload model video landscape, video kamu akan tetap landscape.

Demikian artikel singkat yang membahas cara upload video di IGTV lewat PC dengan cepat dan mudah. Bila ada kendala atau ada hal lainnya yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara mengaktifkan mode dark mode di Instagram
Cara mengatasi caption Instagram tidak muncul
Cara mengatasi Instagram tidak bisa follow orang lain
Cara mengatasi Instagram tidak bisa komentar

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon