Cara Memasukkan Link WhatsApp Di Bio Instagram

Sudah tau cara memasukkan link WA di Instagram? Bila kamu belum tau dan bingung bagaimana cara membuatnya, silahkan simak artikel ini sampai tuntas.

Sekarang ini, zaman semakin hari semakin canggih. Untuk membeli sesuatu barang kamu tidak perlu repot-repot harus pergi ke kota atau ke suatu toko yang letaknya cukup jauh dan menghabiskan banyak ongkos.

Cukup duduk manis saja dirumah, kamu bisa membeli apa saja produk yang kamu mau lewat hp kamu, dan menunggu barang tersebut dikirim sampai kerumah kamu.

Ya kamu bisa membeli produk apa saja di toko-toko online, baik langsung di situs-situs e-commerce atau lewat sosial media Instagram.

Instagram memang tidak hanya digunakan sebagai sosial media untuk mempublikasikan foto pribadi, tempat narsis, kepo, curhat, atau pamer, akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Seperti mempromosikan bisnis, berjualan produk punya sendiri maupun orang lain.

Pernah kan saat kamu ingin order suatu produk di Instagram, dan pada bio akun Instagram tersebut ada link url tautan yang ketika di klik akan langsung menuju ke chat WhatsApp admin akun nya.

Nah, cukup mudah bukan cara chatting dengan admin akun olshop tersebut lewat pesan wa. Kamu tidak perlu repot-repot mencatat dan save di kontak hp kamu nomor wa online shop tersebut.

Bila kamu seorang pedagang online, yaitu menjual produk atau mempromosikan produk kamu di Instagram juga, kamu bisa kok membuat sendiri link wa di bio akun Instagram kamu.

Yuk bikin mudah calon pelanggan kamu untuk membeli produk yang kamu jual di Instagram.

Lantas bagaimana cara menambahkan link wa ke Instagram? Langsung saja, tapa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara memasang link wa di bio instagram dengan mudah:

Cara Memasukkan Link WhatsApp Di Bio Instagram

Cara Memasukkan Link WhatsApp Di Bio Instagram


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara menambahkan link WA ke Instagram adalah membuka terlebih dahulu profil akun Instagram kamu. Kemudian klik "Edit Profil".


2. Klik pada bagian website untuk cara memasukkan link WA ke bio Instagram.


3. Silahkan masukkan URL ini https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHPWA pada bagian website tersebut. Ganti teks "NomorHPWA" dengan nomor hp kamu yang sudah aktif nomor WhatsApp nya. 

Jangan lupa untuk memasukkan kode negara. Bila nomor kamu adalah 085260123456, maka sesudah ditambahkan dengan kode negara menjadi 6285260123456.

Jadinya begini: 

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456

Klik centang biru kanan atas bila sudah selesai untuk menyimpan pengaturannya.


4. Selamat kamu telah berhasil melakukan cara memasang link WA di bio Instagram. Sekarang para calon pelanggan kamu bila ingin mengirim kamu pesan WA tidak perlu repot-repot lagi harus menyalin dan menyimpan nya, mereka cukup klik link Whats App di bio Akun Instagram kamu dan langsung bisa chatting dengan mudah.




Cara Menambahkan Format Isi Pesan Link WhatsApp


Kamu juga bisa menambahkan format isi pesan dengan menambahkan teks sesuai dengan bisnis kamu agar calon pelanggan kamu tidak bingung dan repot-repot lagi harus mengetik format order produk kamu.

Kamu bisa menambahkan &text=FormatPesan sesudah url diatas. "FormatPesan" isi dengan pesan yang ingin kamu masukkan.

Tambahkan format dibawah ini untuk:

%3A untuk menambahkan titik dua
%0A untuk enter, dan
%20 untuk spasi

Sebagai contohnya adalah:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%20%3A

Hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Dan pelanggan kamu cukup menulis nama mereka, alamat dan barang pesanannya, lalu tinggal klik kirim langsung masuk ke wa kamu. Cukup mudah bukan?


Cara memperpendek LINK URL


Url tersebut memang cukup panjang bila ditambahkan dengan format isi pesan dan membuat bio akun Instagram kamu kurang menarik.

Kamu bisa memperpendek link url tersebut dengan memanfaatkan situs pemendek url atau short url secara gratis. Disini menggunakan situs bitly.com.

Silahkan buka bitly.com, bisa juga dengan web browser yang ada di hp Android maupun iPhone kamu. Pada artikel ini menggunakan web browser Google Chrome. Bila sudah terbuka silahkan masukkan link url yang ingin kamu perpendek tersebut dalam kotak yang disediakan. Kemudian klik "Shorten".


Klik "Copy" untuk menyalin url yang telah diperpendek tersebut untuk dimasukkan pada bio akun Instagram kamu.


Silahkan klik "Edit Profil", lalu masukkan link url tersebut pada bagian website dan klik simpan. Maka seperti gambar dibawah ini hasilnya, url tersebut sudah terlihat lebih rapi dan bagus karena sudah diperpendek.


Selain itu bila kamu tidak suka kode-kode setelah nama situs bit.ly/3j3oihn (3j3oihn) seperti diatas, kamu bisa menggantinya (custom) dengan kata-kata kamu sendiri loh. Namun caranya harus lewat situs lain, yaitu lewat situs tinyurl.com. Lewat bitly.com bisa juga, namun kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Silahkan buka tinyurl.com, kemudian masukkan url diatas tadi (https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%20%3A) pada "Enter a long URL to make Tiny:". Pada "Custom alias (optional)" kamu bisa masukkan kalimat sesuka kamu, tapi usahakan yang belum pernah di masukkan oleh orang lain supaya tidak terjadi error. Bila sudah klik "Make TinyURL!".


Klik "Copy to clipboard" untuk menyalin link url tersebut dan ditaruh pada bio akun Instagram kamu.


Seperti pada gambar dibawah ini hasilnya. Sekarang link url WhatsApp tersebut sudah terlihat lebih rapi dan professional. Untuk diatas link tersebut, atau pada informasi bio kamu bisa menuliskan kalimat contoh nya "klik link dibawah ini untuk order" agar para calon pelanggan kamu tau bahwa link tersebut adalah menuju pesan chat wa.


Nah itulah cara membuat link wa di bio ig. Bagaimana ternyata cukup mudah kan cara menghubungkan whatsapp ke instagram.

Sekarang calon pelanggan kamu bila ingin order produk yang kamu jual mereka tidak perlu repot dan susah lagi harus menyalin nomor hp wa kamu dan menyimpannya terlebih dahulu di kontak hp mereka agar bisa chat dengan kamu.

Dengan cara membuat link wa di ig menuju chat langsung akan memudahkan mereka. Mereka cuma perlu klik link url tautan yang telah kamu taruh di bio akun Instagram kamu, dan langsung bisa chat dengan kamu.

Demikian artikel lengkap cara memasukkan link wa di instagram ini. Bila ada masalah dan hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat!.

Artikel lainnya:
Cara mengubah font di bio Instagram tanpa aplikasi
Cara mengubah tulisan blog pribadi di bio Instagram
Cara menambahkan lokasi baru di Instagram yang belum ada
Cara mengatasi caption Instagram tidak muncul

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon