Cara Menggunakan Instagram Music Di Indonesia

Halo! Apakah kamu masih penasaran bagaimana cara menggunakan Instagram music di Indonesia?

Bila kamu ingin mengetahui cara menggunakan fitur musik di Instagram lebih lanjut, maka silahkan simak artikel ini sampai habis.

Instagram musik adalah sebuah fitur keren yang ada pada aplikasi Instagram ini ternyata sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun 2018 loh.

Lewat Instagram musik ini, kamu bisa menambahkan potongan lagu kesukaan kamu di unggahan Instagram story kamu.

Nah mungkin kamu sering melihat Instastory para artis idola kamu dari negara Amerika Serikat maupun beberapa negara di benua Eropa yang kamu follow dan mereka menggunakan fitur Instagram musik ini.

Ketika kamu melihat story mereka pasti akan muncul notifikasi peringatan "Musik Instagram tidak tersedia di wilayah Anda", atau "Instagram music not available in your region".

Kenapa bisa muncul pesan peringatan seperti itu? Jawabannya karena pihak Instagram belum memasukkan fitur Instagram musik ke wilayah Indonesia.

Fitur stiker music baru tersedia di negara Amerika Serikat, beberapa negara di Benua Eropa, dan di Australia.

Jadi tidak hanya Indonesia saja yang belum bisa menikmati fitur Instagram music tersebut, cukup banyak negara-negara lainnya yang ternyata belum bisa merasakan fitur keren ini juga. Jadi kamu tidak perlu bersedih.

Seperti dikutip dari Kompas.com, kenapa fitur Instagram musik ini tidak atau belum dimasukkan ke Indonesia? Jawabannya adalah karena masalah lisensi atau hak cipta.

Pihak Instagram sendiri sedang mengurus lisensi dan perizinan dari artis atau penyedia musik dari Indonesia tersebut yang membutuhkan waktu tidak sebentar dan ribet.

Namun bila kamu tak sabar menunggu kapan fitur Instagram musik ini masuk ke Indonesia, dan sudah sangat penasaran ingin segera mencoba stiker musik ini di Instagram story yang akan kamu unggah, maka kamu patut melihat caranya dibawah ini.

Tidak perlu harus pergi ke negara Amerika Serikat dan negara-negara lainnya yang sudah tersedia fitur musik di Instagram ini, kamu pun yang tinggal di negara Indonesia bisa kok menggunakan Instagram music dengan melakukan sedikit trik dibawah ini.

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara menggunakan fitur Instagram musik di Indonesia dan bikin para followers kamu tercengang mengira kamu sedang berada diluar negeri:

Cara Menggunakan Instagram Music Di Indonesia

Cara Menggunakan Instagram Music Di Indonesia


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara membuat Instagram music di Indonesia adalah menginstall terlebih dahulu aplikasi VPN (virtual private network).

Di Google Play Store maupun di di Apple App Store, cukup banyak aplikasi VPN yang bisa kamu pilih dan install di hp Android maupun iPhone kamu.

Kamu bisa memilih aplikasi VPN mana saja, namun pada artikel cara membuat Instagram music di Indonesia ini menggunakan aplikasi Turbo VPN dari Innovative Connecting.

Turbo VPN ini cukup banyak jumlah penggunanya, bisa digunakan dengan gratis dan cukup kencang. Kamu bisa juga menggunakan Turbo VPN ini agar bisa dengan mudah mengikuti tutorial cara pakai Instagram music di Indonesia dibawah ini.

Silahkan cari di Google Play Store Turbo VPN ini bagi pengguna Android dan di Apple Apps Store bagi pengguna IOS. Install dan buka.


2. Bila sudah terbuka aplikasinya, klik "I AGREE".


3. Langsung klik icon bola dunia paling kanan atas untuk memilih server VPN nya.


4. Pilih "Gratis". Atau bisa juga pilih yang VIP (berbayar) bila kamu ingin mencicipi server VIP yang tentunya banyak kelebihannya dari pada yang gratis.


5. Pilih server dari negara "Amerika Serikat".


6. Turbo VPN ingin menyiapkan sambungan VPN yang memungkinkannya memantau lalu-lintas jaringan dan akan muncul di bagian atas layar hp kamu. Silahkan langsung saja klik "OK".


7. Silahkan tunggu sampai terhubung. Mungkin akan memerlukan waktu yang sedikit lama.


8. Bila tidak berhasil terhubung atau gagal, silahkan klik "Coba Lagi" sampai terhubung.


9. Sekarang Turbo VPN sudah terhubung ke server VPN yang ada di negara Amerika Serikat.


10. Kamu bisa membuka bagian atas layar hp kamu untuk melihat aplikasi Turbo VPN ini aktif dan berjalan.


11. Sekarang silahkan buka akun Instagram kamu. Tapi sebelumnya jangan lupa logoff dan login kembali kembali ke akun Instagram kamu agar stiker music di story Instagram ini bisa muncul. Selanjutnya silahkan buat story pada akun Instagram kamu, kamu bisa upload foto maupun video.


12. Nah stiker music sudah muncul, klik untuk memasukkan ke story kamu.


13. Pilih musik mana yang ingin kamu masukkan. Kamu bisa memilih berdasarkan genre lagu dan suasana hati. Bila tidak terdapat musik yang ingin kamu masukkan, atau dari penyanyi idola kamu, silahkan cari di kolom pencarian tersebut musik lainnya.


14. Selain lagu-lagu barat, kamu juga bisa memasukkan lagu dari Indonesia. Klik icon play sebelah kanan tersebut untuk mendengarkan terlebih dahulu lagunya, dan klik pada lagu sebelah kiri untuk menambahkannya.


15. Pada Instagram music ini, ada beberapa tampilan yang bisa kamu pilih, yaitu dengan menambahkan lirik lagu nya, dengan stiker kecil yang cuma menampilkan foto album penyanyi, judul dan nama artis, serta stiker music yang lebih besar dengan judul dan nama artis dibawah nya. 

Kamu juga bisa melaporkan lirik tersebut bila ada lirik yang salah, mengganti lagu, mengubah warna pada font, memilih jenis tampilan font, durasi, memilih pada bagian atau menit keberapa lagu tersebut di putar, dan klik play/stop lagu tersebut.


16. Klik icon kedua dari ujung kanan pada deretan memilih tampilan font bila tidak ingin memasukkan lirik lagu nya dan ingin memasukkan stiker kecil.


17. Geser lagi paling ujung untuk memilih stiker yang lebih besar lagi untuk di tampilan di story kamu.


18. Bila sudah siap, silakan klik icon conteng atas sudut kanan tersebut untuk menyelesaikan proses cara membuat Instagram music ini.


19. Klik "Cerita Anda" untuk mengupload story Instagram musik tersebut. Namun sebelum mengupload nya, kamu juga bisa mengedit lagi story tersebut, seperti menambahkan stiker lain, mention teman, menambahkan teks, coretan, dan lain-lain.


20. Selamat kamu telah berhasil menggunakan Instagram musik di Indonesia. Dan kamu sudah bisa mendengarkan lagu yang telah kamu taruh di story kamu tersebut.

Dibawah ini adalah contoh Instagram musik yang ada lirik lagu nya yang telah berhasil diaktifkan.


Dibawah ini adalah Instagram musik tanpa menggunakan lirik namun dengan stiker lebih besar yang telah berhasil diaktifkan.


Dibawah nama pengguna akun Instagram kamu juga terdapat nama artis dan judul lagu tersebut yang ketika kamu klik akan keluar kotak besar dibawah dan lagu tersebut bisa kamu dengar dengan durasi 60 detik. Begitu juga pada lirik maupun stiker music tersebut ketika di klik juga akan muncul kotak dibawah nya. Sungguh asyik bukan karena kamu bisa mendengarkan lagu nya selama satu menit?


Nah itulah cara aktifkan Instagram musik di Indonesia. Cukup mudah bukan? Kamu hanya perlu menginstall aplikasi VPN saja, dan fitur Instagram musik sudah bisa kamu nikmati meskipun di Indonesia belum tersedia fitur tersebut secara resmi.

Kamu bisa menyombongkan diri kamu karena para followers kamu akan mengira kamu sedang berada di luar negeri atau di negara yang sudah bisa menikmati Instagram musik ini.

Cara memutuskan koneksi VPN


Memang menggunakan koneksi VPN akan membuat hp kamu panas, baterai hp juga akan cepat habis, dan koneksi internet juga tidak stabil.

Kamu bisa memutuskan koneksi VPN ini, caranya cukup mudah, kamu cukup membuka kembali aplikasi Turbo VPN yang sedang berjalan dilatar belakang ini, atau bisa juga membukanya lewat bagian atas layar. Klik icon "X" untuk memutuskan koneksi.


Klik "PUTUSKAN KONEKSI".


Sekarang koneksi ke VPN di server Amerika Serikat sudah terputus. Otomatis sekarang aplikasi Instagram menganggap kamu menggunakan Instagram di negara Indonesia, yaitu negara yang belum bisa menggunakan fitur Instagram musik, yang artinya ketika kamu menonton kembali story yang tadi telah kamu buat maka akan muncul notifikasi "Instagram musik tidak tersedia di wilayah Anda" seperti dibawah ini.


Hal ini sama seperti ketika para followers kamu menonton Instagram story musik kamu, mereka juga tidak akan bisa mendengarkan musik tersebut dan muncul juga notifikasi "Instagram musik tidak tersedia di wilayah Anda" karena mereka tidak menggunakan aplikasi VPN, kecuali kalau para followers kamu orang Amerika atau negara-negara yang fitur Instagram musik nya sudah tersedia.

Oh ya, stiker musik tersebut juga tidak bisa memutar lagu nya ketika kamu klik saat aplikasi VPN nya sudah kamu matikan sambungannya dan para followers kamu juga mengalami hal tersebut.


Itulah cara menggunakan Instagram musik di Indonesia dengan bantuan aplikasi VPN. Bagaimana apakah kamu akan terus menggunakan aplikasi VPN ini agar dapat selalu mendengarkan musik yang kamu tambahkan ke story kamu walaupun para followers kamu tidak bisa mendengarkan?

Memang aplikasi VPN ini bisa membuat hp kamu cepat panas, baterai cepat habis, dan membuat koneksi internet kurang stabil.

Tapi paling tidak kamu sudah bisa menikmati fitur Instagram musik ini duluan dari pada teman-teman kamu di Indonesia sebelum fitur ini resmi masuk ke Indonesia.

Selain itu, kamu bisa menyombongkan diri kamu karena sudah pasti para followers kamu akan menganggap kamu lagi berada di luar negeri karena bisa menggunakan fitur musik Instagram ini.

Sekarang kamu sudah bisa mendengarkan musik di Instagram story para artis idola kamu di Amerika Serikat bila mereka ada memasukkan juga musik di Instagram story nya.

Lihat juga:
Cara mengatasi diblokir melakukan pendaftaran akun baru Instagram
Cara mengatasi tidak bisa follow orang lain

Stiker Instagram musik tidak muncul di story?


Sudah menginstall aplikasi VPN diatas dan sudah logoff dan login kembali akan tetapi stiker music belum muncul juga di Instagram story kamu?

Silahkan buka menu pengaturan, lalu ke bagian aplikasi, cari aplikasi Instagram, lalu klik hapus memori dan cache.

Tutup aplikasi Instagram yang masih terbuka di latar belakang dengan cara menekan tombol recent apps di hp kamu. Atau bisa juga me-restart hp kamu.

Pastikan juga kamu sudah menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru. Bila belum silahkan update aplikasi Instagram kamu terlebih dahulu.

Bisa buka situs yang diblokir oleh pemerintah


Lewat aplikasi VPN ini kamu bisa membuka situs, game dan aplikasi yang diblokir oleh pemerintah. Jadi bila kamu ingin membuka situs apa itu terserah sama kamu. Dan akibat yang akan ditimbulkan kamu akan tanggung sendiri.

Bila kamu Ingin menambahkan musik di Instagram story namun tidak ingin menggunakan aplikasi VPN, serta para followers kamu bisa menikmati juga musik tersebut, maka kamu bisa mencoba cara menambahkan lagu di Instagram story ini.

Demikian artikel lengkap yang membahas cara menggunakan fitur Instagram music di Indonesia. Bila ada kendala atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:
Aplikasi edit Instagram story kekinian
Cara mengatasi tindakan diblokir di Instagram
Cara melaporkan akun Instagram palsu agar diblokir
Cara mengatasi Instagram tidak muncul fitur baru

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon