Siapa Penemu Instagram Dan Tahun Berapa?

Penasaran siapa penemu Instagram dan tahun berapa Instagram diciptakan? Mendengarkan nama Instagram apa yang ada dibenak kamu? Sudah pasti aplikasi sosial media yang ada di smartphone kamu.

Dalam sehari pasti tak terhitung berapa kali kamu membukanya bukan? Baik sekedar ngecek notifikasi, melihat snapgram terbaru dari gebetan atau pacar, memberikan love pada postingan teman, dan membalas pesan DM yang masuk.

Instagram adalah sosial media berbagi foto yang cukup hit pada zaman sekarang ini. Hampir semua orang dan golongan memiliki akun Instagram, baik tua maupun anak sekolah dasar sudah memiliki akun Instagram.

Lewat Instagram banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengupload foto, mengomentari dan menyukai postingan, mencari teman, sebagai sumber inspirasi, membagikan informasi, memamerkan bakat, bahkan lewat aplikasi Instagram kamu bisa mendapatkan penghasilan juga loh.

Penemu Instagram


Hampir tiap saat mengecek akun Instagram, apakah kamu sudah tau siapa penemu Instagram? Nah bagi kamu yang sangat penasaran dari tadi, penemu Instagram pertama kali adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010 silam.

Penemu Instagram
Dua penemu Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger - Foto by: mypress.mx

Sejarah Instagram


Siapa Kevin Systrom dan Mike Krieger ini? Mereka berdua adalah CEO dari perusahaan Burbn, INC. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2010 ini bergerak dalam bidang teknologi telepon seluler, dan fokus pada pembuatan aplikasi untuk smartphone.

Nah Instagram ini adalah aplikasi yang lahir dari perusahaan Burbn ini yang memungkinkan kamu untuk mengupload foto, menyukai, mengomentari, dan mengikuti banyak orang di Instagram.

Arti Nama Instagram


Pasti kamu juga sangat penasaran apa arti dari nama "Instagram" bukan?. Kata "Insta" sendiri berasal dari kata "Instan". Seperti kamera palaroid yang zaman dulu dikenal dengan foto instan, habis foto langsung keluar hasilnya.

Kamera palaroid

Maka dari itu logo Instagram mirip dengan kamera palaroid, dan kamu bisa langsung membagikan foto yang barusan kamu ambil ke aplikasi Instagram dengan cepat.

Sedangkan untuk kata "gram" sendiri berasal dari akta "telegram". Sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Begitu juga dengan Instagram, kamu bisa membagikan kiriman secara cepat kepada followers pada akun kamu.

Maka dari itu, Instagram adalah gabungan dari dua kata "insta" dan "gram", yang memiliki makna menyampaikan informasi dengan cepat melalui jaringan internet.

Lihat juga:
Cara mendapatkan uang dari Instagram dengan cepat
300 + Caption Instagram lucu, romantis, dan keren

Instagram dibeli oleh Facebook


Logo Facebook

Namun, setelah hampir dua tahun, Kevin Systrom dan Mike Krieger akhirnya melepas Instagram ke tangan Facebook dengan harga $1 miliar pada tahun 2012, tepatnya pada 9 April.

Ditangan Facebook, aplikasi Instagram ini banyak sekali dilakukan penambahan fitur-fitur baru yang membuat penampilan Instagram tidak se-sederhana lagi seperti pada saat masih di tangan Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Logo dan Tampilan Baru


Logo lama dan logo baru Instagram

Pada tanggal 11 Mei 2016, Instagram mengumumkan logo baru, tampilan baru serta desain baru. Serta tidak lama kemudian Instagram juga menambahkan fitur-fitur baru yang cukup banyak penggunanya sekarang ini, seperti Instagram story, live, panggilan suara dan video, serta lainnya.

Lihat juga:
Cara menjadi selebgram mendadak tanpa beli followers
Cara melihat story Instagram orang lain tanpa ketahuan

Kevin Systrom dan Mike Krieger Mundur dari Instagram


Sekitar bulan September 2018, dua orang yang sangat berjasa menciptakan sosial media Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger ini mengumumkan mundur dari perusahaan Facebook, yaitu induk dari Instagram sendiri dan bos nya adalah Mark Zuckerberg.

Kevin Systrom dan Mike Krieger pertama kali bertemu pada tahun 2010 yang pada saat itu bergabung dalam sebuah proyek aplikasi selular yang sekarang ini menjadi Instagram.

Sangat disayangkan ya mereka berdua memutuskan mundur dari Instagram padahal sudah bersusah payah menciptakan Instagram.

Hanya mereka berdua yang tau alasan kenapa mereka mundur dari jabatan masing-masing di Instagram yang sudah dimiliki oleh Facebook ini. 

Sudah tau kan siapa penemu Instagram serta tahun berapa Instagram di ciptakan? Nah bagaimana pada tahun berapakah kamu untuk pertama kalinya tau Instagram dan membuat akun Instagram untuk yang pertama kalinya? Tulis dikolom komentar ya.

Instagram sejak dibeli oleh Facebook sampai sekarang ini cukup banyak fitur-fitur baru yang sangat berguna bagi para penggunanya. Menurut kamu fitur apa yang pengen ditambahkan lagi di aplikasi Instagram? Dan fitur apa yang menurut kamu tidak terlalu penting?

Sebab makin banyaknya fitur yang ditambahkan pada aplikasi Instagram membuat tampilan aplikasi yang awal diciptakan sangat sederhana malah mirip seperti kakak nya, yaitu Facebook.

Demikian artikel sederhana yang membahas siapa penemu Instagram atau pencipta Instagram, tahun berapa Instagram diciptakan, sejarah Instagram singkat, fungsi Instagram, dan sedikit biografi penemu Instagram.

Semoga artikel singkat penemu Instagram ini dapat menambah wawasan kamu. Mohon tinggalkan komentar dibawah bila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel diatas. Sekian dan terimakasih.


Artikel lainnya: