Durasi Video Instagram Terbaru Sekarang Lebih Panjang

Berapa durasi video Instagram terbaru sekarang ini? Apakah bisa upload video ke Instagram sampai dengan durasi 10 menit bahkan lebih? Jawabnnya bisa banget, kamu bisa upload video ke Instagram dengan durasi sampai 10 menit bahkan bisa sampai 15 menit. Asyik bukan?

Instagram adalah sosial media berbagi foto yang cukup banyak jumlah penggunanya di dunia. Tiap tahun, jumlah pengguna Instagram terus meningkat, bahkan Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Baik tua maupun muda, baik masyarakat biasa sampai kalangan artis serta pejabat juga mengunakan Instagram. Yang menariknya lagi kita bisa mengirim pesan ke orang-orang penting, artis atau pun pejabat serta bisa mengomentari apa yang mereka bagikan walaupun mungkin tidak dibaca atau pun dibalas mereka. Tapi bila beruntung pesan atau komentar kita bisa dibalas atau cuma di sukai saja.

Nah kembali lagi ke berapa durasi video Instagram yang bisa kita upload. Sejak awal kemunculan Instagram yaitu tahun 2012, kita hanya bisa mengupload video dengan durasi hanya 15 detik saja. Dengan waktu yang sangat singkat tersebut, bila video kamu panjang dan kamu harus membagikannya ke Instagram, maka mau tidak mau kamu harus upload dengan jumlah yang sangat banyak pula.

Selain itu, para konten creator mereka dituntut harus membuat video bagus, menarik, dan singkat dengan durasi hanya 15 detik saja. Tapi waktu itu, walau durasi video Instagram yang hanya 15 detik saja, banyak pembuat konten video bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang menarik.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Instagram banyak mengalami perubahan, selain logo Instagram yang berubah, durasi video Instagram juga bertambah. Yang sebelumnya hanya bisa 15 detik sekali posting sekarang bertambah sampai 60 detik atau satu menit.

Durasi video Instagram yang sampai satu menit tersebut betul-betul ditanggapi dengan senang oleh para konten kreator di seluruh dunia. Mereka bisa berkreasi membuat konten video yang lengkap lagi karena durasi nya sampai 1 menit.

Lah kok cuma satu menit? Katanya tadi diatas bisa upload video sampai dengan durasi 10 menit bahkan lebih? Nah memang bisa banget kok upload video ke Instagram sampai durasi 10 menit lebih. Bagaimana caranya? Berikut cara upload video ke Instagram dengan durasi 10 menit lebih.

durasi video instagram


Durasi Video Instagram


Ada 3 cara supaya durasi video Instagram lebih panjang yang harus kamu coba.

1. Multiple


Seperti yang dijelaskan diatas, seiring dengan berjalannya waktu, banyak update yang terdapat pada aplikasi Instagram, selain bisa upload video dengan durasi 1 menit, kamu juga bisa upload video sampai dengan durasi 10 menit. Durasi video Instagram 10 menit ini hanya bisa dilakukan bila kamu menggunakan fitur multiple.

Multiple post adalah fitur baru Instagram yang memungkinkan kamu upload video sampai dengan durasi sampai 10 menit. Selain video, kamu juga bisa upload foto sampai dengan 10 lembar foto.

Tapi perlu di ingat juga, sebelum kamu upload video ke Instagram dan mencoba fitur multiple post ini, edit lah video tersebut terlebih dahulu. Kamu harus memotong videonya dulu, bila video nya 10 menit, berarti kamu harus memotongnya menjadi 10 bagian.

Caranya, bila video nya sudah terpotong menjadi beberapa bagian atau 10 bagian, pada saat mau upload jangan lupa klik icon multiple yang ada ditengah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Silahkan pilih video yang telah kamu potong-potong tersebut maksimal 10 video. Klik "Selanjutnya" untuk menguploadnya.


Contoh dibawah ini video yang aku upload ke akun Instagram aku musdeoranje dengan durasi 1 menit untuk 6 video yang aku upload dengan menggunakan fitur multiple post ini. Jadi total nya pas 6 menit.




Video diatas adalah video utuh yang panjangnya 5 menit lebih, lalu aku memotongnya menjadi 6 bagian, dan hanya sekali upload dengan menggunakan fitur multiple post. Nah pas diputar akan menjadi satu video utuh dengan durasi 5 menit lebih saat di slide ke video berikut nya.

Kamu bisa memotong videonya menggunakan aplikasi InShot atau aplikasi edit video lainnya. Potong videonya dari durasi 0 sampai 60 detik, lalu edit lagi video utuh tersebut, potong dari menit 60 detik sampai 120 detik, dan seterusnya.
Lihat artikel cara menggunakan fitur multiple post

Nah bagaimana ternyata bisa kan upload video ke Instagram dengan durasi 10 menit. Caranya cukup dengan upload video format multiple post. Dan jangan lupa video nya harus kamu potong-potong dulu menjadi 10 bagian video, dengan durasi 1 menit per satu video.

2. IGTV


Agar durasi video Instagram panjang sampai 10 menit, selain dengan posting format multiple post diatas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur terbaru Instagram ini yaitu IGTV. Tapi format video nya harus vertikal.


Berbeda dengan multiple post yaitu kamu harus memotong-motong video durasi 10 menit menjadi 10 bagian, dengan IGTV kamu tidak perlu memotong-motong video 10 menit tersebut menjadi 10 bagian, kamu bisa mengupload nya secara utuh ke Instagram.

Caranya lihat artikel cara menggunakan IGTV

3. Instagram story


Durasi video Instagram story kan cuma 15 detik saja, dan akan menghilang setelah 24 jam. Lalu bagaimana supaya bisa upload video ke Instagram stories bisa lebih dari 15 detik bahkan sampai 10 menit lebih dan tidak akan hilang alias bisa dilihat oleh Followers kamu selamanya?

Nah caranya cukup gampang. Kamu bisa upload banyak video ke Instagram story dengan cara video durasi 10 menit kamu tersebut telah dipotong-potong terlebih dahulu. Kamu harus memotongnya per-video durasinya 15 detik.


Setelah video tersebut sudah kamu upload semua ke snapgram atau Instagram story, langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur "Sorot" dan menambahkan snapgram tersebut ke sorotan.

Lihat juga:

Caranya: Silahkan buka Instagram story yang telah kamu buat tersebut, klik "Sorot" paling bawah.


Klik "Baru" selanjutnya tulis judul untuk sorotan tersebut sesuai dengan tema video yang kamu upload. Bila sudah selesai klik "Tambahkan".


Jangan lupa masukkan semua video yang kamu upload ke story tersebut ke folder Sorotan yang telah kamu buat tadi. Bila telah kamu sematkan begini, video yang kamu upload ke Instagram story tidak akan hilang setelah 24 jam, dan followers kamu bisa melihatnya kapanpun.

Satu folder Sorotan hanya bisa menampung 100 snapgram, nah bila kamu upload Instagram story nya satu Instagram story dengan durasi 15 detik, makan total durasi durasinya adalah 15 menit. Bagaimana ternyata bisa kan upload video ke Instagram dengan durasi lebih dari 10 menit? Tapi caranya sedikit ribet dan kamu harus sabar dan teliti dalam mengedit video nya.

Itulah artikel lengkap penjelasan tentang durasi video Instagram terbaru. Diatas dijelaskan bagaimana cara upload video ke Instagram dengan durasi lebih panjang, yaitu bisa sampai dengan 10 menit lebih. Bila artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media kamu. Terimakasih!

Artikel lainnya: