Rabu, Agustus 17

Ukuran Foto Atau Video Instagram Agar Pas Dan Tidak Terpotong

Ukuran foto Instagram - Instagram adalah aplikasi sosial media berbagi foto yang banyak di pasang di ponsel Android, dan di ponsel iOS pada zaman sekarang. Instagram layaknya album foto yang ada di PC dan di smartphone kamu. Dengan Instagram kamu bisa upload foto atau video dan kamu bisa memilih foto tersebut ingin dilihat oleh teman yang mengikuti kamu atau bisa dilihat oleh pengguna Instagram lain di seluruh dunia.

Bila dulu, saat kamu upload foto ke Instagram, secara otomatis foto kamu akan terpotong dengan ukuran foto Instagram waktu itu masih 640 x 640, pasti hal tersebut membuat kamu kecewa karena foto yang kamu upload terpotong, dan foto yang telah bagus kamu ambil dan edit akan rusak karena bagian sisi kiri dan sisi kanan foto tersebut akan terpotong secara otomatis. Tidak hanya foto, video pun juga terpotong dengan format square 1x1 atau 640 x 640 Instagram dulu.

Nah untuk mengakali agar fotonya tidak terpotong, pasti kamu dulu sering menggunakan aplikasi no crop video atau no crop foto untuk Instagram.

Format square 1x1 atau 640 x 640 memang sudah bawaan Instagram semenjak mereka lahir pertama kali pada tahun 2010 dan pada saat di beli oleh Facebook pada tahun 2012. Nah akhir tahun 2015 lalu, pihak Instagram telah meninggalkan format square 1x1 atau ukuran 640 x 640. Ukuran foto Instagram kini telah ditingkatkan dengan resolusi 1080 x 1080 piksel.

Dengan ukuran foto Instagram yang terbaru yaitu 1080 x 1080, kamu bisa upload foto atau video ke Instagram dengan dua ukuran yang berbeda yaitu landscape dan portrait tanpa crop lagi seperti dulu. Bila kamu masih menggunakan aplikasi Instagram versi dulu, segera perbarui aplikasi Instagram yang ada di smartphone kamu supaya bisa upload ukuran foto Instagram dengan ukuran 1080 x 1080 dan tanpa crop lagi.

Cara menggunakan format foto atau video ukuran 1080 x 1080 sangat gampang. Ketika kamu hendak mengunggah foto atau video ke Instagram, kamu tinggal mengatur orientasi foto atau video, kamu bisa mengatur dan menyesuaikan ukurannya, atau bisa juga dengan menge-tap ikon "format" dan bisa memilih landscape atau portrait.

Ukuran Foto Atau Video Instagram Agar Pas Dan Tidak Terpotong

Lihat juga: Cara Upload Foto Di Instagram

Tapi, dengan ukuran foto atau video 1080 x 1080 atau kualitas HD, pasti akan membuat kuota internet kamu cepat habis, dan satu hal lagi, bila smartphone yang kamu gunakan spesifikasi nya rendah, atau ran nya masih di bawah 1 gb, hal ini akan membuat ponsel kamu lambat pada saat membuka atau memainkan aplikasi Instagram yang banyak memuat foto resolusi tinggi.

Sejak Instagram hadir pada tahun 2010, saat itu banyak ponsel masih belum canggih seperti sekarang ini, dulu banyak ponsel yang belum memiliki layar canggih, atau resolusi kamera ponsel juga belum memiliki megapixel besar. Apalagi saat itu, koneksi Internet masih juga masih 3G, belum 4G seperti sekarang ini.

Dulu dengan resolusi foto yang di unggah ke Instagram ukuran 640 x 640, ketajaman sebuah foto tidak akan terlihat yang saat itu ponsel masih kecil resolusi layarnya. Nah untuk sekarang ini, Instagram ternyata mengikuti perkembangan teknologi sebuah ponsel, yang memiliki resolusi layar besar, dan ukuran megapixel sebuah lensa kamera di ponsel juga meningkat.

Oleh karena itu, Instagram menjawab kebutuhan pengguna dengan ukuran foto Instagram atau video yang di tingkatkan menjadi 1080 x 1080 kualitas HD. Namun kelemahannya, bila kamu upload foto atau video kualitas Full HD, atau 4K, foto atau video kamu tersebut akan tetap diturunkan kualitasnya sampai HD saja. Untuk lebih jelasnya ukuran foto Instagram kamu bisa baca di link bantuan Instagram ini.

Jika di banding dengan layanan penyimpanan foto dari Flick dan Google+, Instagram kalah besar. Google + sudah memberikan resolusi maksimum 16Mpix dengan ukuran lebar tidak dibatasi
Tapi menurut aku bagus juga pihak Instagram hanya sampai dengan resolusi 1080 x 1080 pixel, karena tidak akan membuat kuota internet kita cepat habis dan membuat aplikasi Instagram lelet bila terlalu banyak memuat foto.

Bagaimana dengan kamu apa setuju dengan hal ini, atau foto yang di upload ke Instagram tanpa dikurangi kualitasnya dan dengan ukuran original?

Artikel terkait:

loading...
loading...

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon