Memahami Dasar-Dasar Pinterest untuk Bisnis

Memahami Dasar-Dasar Pinterest untuk Bisnis

Di era serba digital saat ini, bisnis membutuhkan media sosial untuk berkembang semakin besar. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas.

Jika selama ini sebagian besar pebisnis menggunakan cara membuat blog untuk pemula dan juga media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan produk atau layanan bisnisnya, Anda bisa menambahkan Pinterest untuk meningkatkan jangkauan pelanggan Anda.

Pinterest memang tidak sepopuler Facebook atau Instagram, namun sebagai media sosial Pinterest memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda lebih luas lagi. Tujuan utama menggunakan Pinterest yaitu pengenalan merek bisnis Anda, meningkatkan trafik ke situs bisnis Anda, dan meningkatkan keterikatan dengan pelanggan.

Baca juga:
Cara jualan di Instagram agar laris manis untuk pemula

Pinterest dapat mendatangkan banyak calon pelanggan potensial ke situs bisnis Anda, oleh karena itu gunakan domain murah terbaik dan hosting yang memadai untuk menunjang hal ini.

Pinterest memiliki tampilan dan cara penggunaan yang cukup berbeda dengan media sosial lainnya. Agar Anda dapat menggunakannya secara efektif, yuk pahami dasar-dasar Pinterest untuk bisnis berikut ini:

1. Membuat Akun Bisnis


Pada Pinterest Anda dapat membuat akun personal dan akun bisnis. Jika tujuan Anda menggunakan Pinterest untuk mengembangkan bisnis, tentu saja Anda harus membuat akun bisnis untuk mendapatkan fitur-fitur yang berguna untuk menunjang promosi bisnis Anda. Anda dapat melakukan pendaftaran akun bisnis Pinterest gratis melalui menu pengaturan lalu pilih buat akun bisnis gratis.

2. Membuat Board Karyawan


Karyawan merupakan bagian penting dari perusahaan. Mereka memiliki keahlian masing-masing yang menunjang besarnya merek bisnis Anda. Membuat board bagi karyawan dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda di mata pengguna Pinterest.

Misalnya jika Anda merupakan pengusaha di bidang salon kecantikan, Anda dapat membuat board yang memungkinkan para penata rambut Anda mengunggah foto hasil karya mereka, atau para penata rias yang dapat memamerkan hasil karya mereka di Pinterest.

Baca juga:
Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

Unggahan yang menarik dapat meningkatkan kunjungan ke laman bisnis Anda. Oleh karena itu, gunakan domain murah terbaik dan hosting yang cukup lega agar laman bisnis Anda tetap mudah diakses meskipun diserbu para netizen.

3. Buat Board dan Pin yang Atraktif dan Interaktif


Membuat board yang interaktif, jauh lebih efektif untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan dibanding hanya mengunggah foto di Pinterest. Board yang menarik memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan atau menaikkan jangkauan ke para calon pelanggan baru.

Berikut beberapa cara untuk membuat board dan pin yang interaktif:

a. Eksplorasi

Anda dapat mengunggah banyak konten di dalam board. Pinterest memungkinkan Anda melakukan unggahan video dari Youtube atau Dailymotion, serta dapat menyimpan suara dari Soundcloud, dan mengunggah slide dari Slideshare. Anda dapat mengeksplorasi hal ini untuk membuat board Anda menarik dan memperluas jangkauan konsumen Anda.

b. Tambahkan Peta

Anda dapat menambahkan peta lokasi bisnis Anda dengan menggunakan fitur place pin yang memungkinkan Anda mengunggah konten gambar dengan menyematkan lokasi. Hal ini bermanfaat untuk memberitahukan kepada konsumen di mana lokasi bisnis Anda berada.

c. Gunakan Fitur Rich Pin

Fitur Rich Pin disediakan oleh Pinterest untuk menambahkan informasi detil pada pin yang Anda buat. Hal ini bertujuan agar pin Anda lebih efektif dan lebih bermanfaat bagi para pengguna lainnya.

d. Respons terhadap Pertanyaan

Menanggapi dan merespons pertanyaan yang masuk merupakan salah satu hal penting untuk mempertahankan pelanggan Anda. Membalas komentar dengan baik dapat membuat pelanggan Anda merasa terhubung dan berinteraksi lebih dekat dengan Anda.

4. Membuat Kontes


Anda dapat membuat kontes di Pinterest untuk menarik banyak calon pelanggan baru. Anda dapat membuat acara “Pin to Win” yaitu mengajak pengguna Pinterest lainnya untuk memposting gambar pada board Anda untuk mendapatkan hadiah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang Anda tentukan.

Baca juga:

Selain itu, Anda juga bisa mengadakan kontes yang bertajuk penggunaan produk dari bisnis Anda. Anda bisa mengajak pengguna untuk membuat board dan mengunggah konten tentang penggunaan produk Anda.

Jangan lupa gunakan hashtag tertentu untuk membuat postingan Anda lebih mudah ditemukan oleh para pengguna Pinterest lainnya.

5. Membuat Board Infografis


Tidak bisa dimungkiri, sebagian besar orang lebih tertarik pada informasi gambar daripada informasi yang berupa tulisan saja. Anda dapat mengunggah konten infografis untuk mendapatkan atensi yang lebih baik dari para pengguna Pinterest lainnya.

6. Buat Board dan Pin yang Mudah Ditemukan


Gambar yang Anda unggah di Pinterest tentu banyak yang berasal dari laman bisnis Anda. Pastikan konten yang Anda unggah mudah ditemukan di mesin pencari atau search engine friendly.

Gunakan nama gambar yang relevan dengan kata kunci sehingga mesin pencari lebih mudah menemukannya. Tak lupa, pastikan laman Anda dilengkapi domain murah gratis dan hosting yang memadai.

Baca juga:
Cara mendapatkan uang dari Youtube untuk pemula

Selain itu, buat deskripsi board dan pin yang menarik. Pemilihan tag dan link juga berpengaruh terhadap kunjungan ke laman bisnis Anda. Jangan lupa, masukkan kata kunci pada deskripsi dan nama board untuk mendapatkan ranking yang lebih bagus dalam pencarian Pinterest.

Demikian beberapa cara menggunakan Pinterest untuk mengembangkan bisnis. Tertarik untuk mencobanya? Selamat mengeksplorasi Pinterest.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon