Cara Mengganti Nama Pengguna Instagram Yang Tidak Tersedia

Bagaimana cara mengganti nama pengguna Instagram yang tidak tersedia lagi? Atau yang tidak bisa diganti lagi karena sudah ada orang yang menggunakannya?

Memang kamu bisa mengganti nama pengguna atau usname akun Instagram sesering mungkin dan pihak Instagram pun tidak membatasinya.

Hal ini berbeda dengan Facebook yang membatasi para penggunanya dalam mengganti usname. Yaitu dalam sebulan hanya diizinkan sekitar 1 kali.

Pada Instagram masalahnya kamu tidak bisa menggunakan nama pengguna (us-name) yang sudah dimiliki oleh orang lain.

Ini pasti membuat kamu sedih, sebel, dan jengkel karena kamu tidak bisa menggunakan nama lengkap kamu di usname akun Instagram.

Kamu tidak bisa memohon kepada pihak Instagram untuk mengambil nama pengguna tersebut karena sudah dimiliki oleh orang lain.

Serta pihak Instagram juga tidak akan mengabulkan permintaan kamu walaupun kamu sudah sangat memohon.

Kecuali kamu mengontak pemilik usname tersebut dan memintanya dengan cara mengasih sedikit rupiah.

Itupun bila orang tersebut mau mengasihnya. Bagaimana kalau tidak?

Kalau orang tersebut tidak mau memberinya, kamu jangan kuatir dulu, kamu masih bisa menggunakan nama pengguna tersebut di akun Instagram kamu kok dengan cara sedikit mengakalinya.


Lantas bagaimana cara mengatasi nama pengguna tidak tersedia di Instagram? Nah tidak perlu menunggu lama, berikut cara mengganti nama Instagram yang tidak tersedia:

Cara Mengganti Nama Pengguna Instagram Yang Tidak Tersedia


Cara Mengganti Nama Pengguna Instagram Yang Tidak Tersedia

1. Gunakan Tanda Titik


Langkah yang pertama untuk cara mengganti nama Instagram yang tidak tersedia lagi adalah dengan cara membuka akun Instagram kamu dulu. Buka profil akun, lalu klik "Edit Profil".

Mungkin tampilan profil yang terlihat pada gambar dibawah ini sedikit berbeda dengan profil akun Instagram kamu, karena akun Instagram ini sudah dirubah ke akun bisnis.

Bila ingin merubah juga ke akun bisnis, kamu bisa cek caranya di artikel cara beralih ke akun bisnis.


Bila sudah terbuka halaman "Edit Profil" nya lalu klik pada kolom kedua, yaitu "Nama Pengguna". Disini lah kamu bisa mengubah nama pengguna atau usname akun Instagram kamu.


Nah pada bagian ini silahkan ubah atau ganti nama pengguna akun Instagram kamu dengan menggunakan tanda titik (.). Kamu bisa menaruhnya dimanapun sesuka kamu. 

Tapi untuk lebih enak dan gampang dibaca taruhlah setelah satu kata. Contohnya misal nama pengguna akun Instagram aku "musdeoranje" sudah tidak tersedia lagi, maka aku mengakalinya dengan cara menaruh tanda titik di awal, contoh "mus.deoranje". Mudah kan?

2. Menambahkan Kata


Bila kamu merasa "mus.deoranje" kurang cocok atau kurang bagus, kamu bisa menambahkan kata di awal atau di akhir nama tersebut. Contoh "musdeoranje.net". 

Bila masih tidak tersedia dan keluar pesan "Pengguna dengan mama pengguna itu sudah ada" maka kamu bisa menambahkan tanda titik lagi setelah kata pertama. Contoh "mus.deoranje.net".


Kamu harus menambahkan kata yang sesuai dengan akun atau nama akun Instagram kamu ya biar tampak menarik. Misal menambahkan kata panggilan kamu, atau kata-kata yang berkaitan dengan kamu lainnya.

3. Menambahkan Underscore


Trik selanjutnya untuk cara mengganti nama ig yang tidak bisa diganti adalah dengan menambahkan underscore. Apa itu underscore? Underscore adalah karakter yang ada didalam mesin ketik dan tujuannya untuk menggarisbawahi. Contoh nya ini "_".

Kamu bisa menambahkan underscore ini setelah satu kata, bisa di awal nama pengguna, ditengah, atau di akhir nama pengguna akun Instagram kamu. Contoh "mus_deoranje", atau mengkombinasikan dengan penambahan kata. Contoh "musdeoranje_net".


4. Mengkombinasikan


Langkah yang lainnya untuk cara mengganti nama ig yang tidak bisa diganti atau cara mengatasi nama tidak tersedia di ig adalah dengan mengkombinasikan antara titik, underscore, dan kata tambahan. Contoh "musdeoranje.net_".

Dengan cara mengkombinasikan antara titik, undercose dan kata tambahan besar kemungkinan pesan peringatan "Pengguna dengan mama pengguna itu sudah ada" tidak akan keluar lagi dan kamu sudah memiliki nama pengguna (usname) baru yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.


5. Mempersingkat Nama Pengguna


Selanjutnya cara mengatasi nama pengguna tidak tersedia Instagram. Kamu bisa mempersingkat nama pengguna akun Instagram kamu. Contoh "md.net". Persingkatlah dengan nama yang mudah diingat orang, atau mudah ditulis orang.

Lihat juga:

6. Menambahkan Angka 


Ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk mengganti nama pengguna ig yang tidak tersedia lagi. Kamu bisa menambahkan angka apa saja, misal tahun kelahiran kamu, tanggal atau bulan kelahiran kamu, dan lain sebagainya. Contoh "musdeoranje21", "musdeoranje2021".

Selain itu kamu juga bisa mengganti huruf dengan angka bila tidak ingin menambahkan angka tersebut. Kamu bisa menambahkan angka yang mirip-mirip dengan huruf nama kamu. Contoh "musdeoranj3", "musdeor4nje".

7. Menambahkan Huruf


Cara yang terakhir untuk mengatasi nama pengguna Instagram yang tidak bisa diganti atau cara mengatasi nama tidak tersedia di ig adalah dengan cara menambahkan huruf. Kamu bisa membuat double huruf tertentu. Contoh "musdeoranjee", "musdeoranjeee".

Bila kamu sudah mendapatkan nama pengguna yang sesuai dengan yang kamu inginkan, artinya pesan peringatan "Pengguna dengan mama pengguna itu sudah ada" tidak muncul lagi, silahkan klik icon conteng kanan atas untuk menyimpan seperti yang tampak pada gambar diatas.

Selamat kamu sudah berhasil mengganti nama pengguna di Instagram yang tidak tersedia. Bagaimana sudah mendapatkan nama pengguna Instagram yang seperti kamu harapkan?

Nama pengguna atau usname tidak masalah berbeda atau bahkan tidak mirip sedikitpun dengan nama asli kamu. Yang penting itu usname kamu mudah diketik orang, mudah di afal orang, terlihat unik dan tidak sulit untuk diingat orang.

Kamu bisa menaruh nama lengkap kamu pada bagian nama di bio kamu agar orang tau nama jelas kamu.

Nah itulah cara mengganti nama pengguna Instagram yang tidak tersedia. Semoga kamu bisa mendapatkan nama pengguna atau usname yang sesuai dengan keinginan kamu.

Semoga artikel cara mengganti nama Instagram yang tidak tersedia ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share artikel ini, dan tinggalkan komentar dibawah bila ada saran dan trik lainnya dari kamu. Terimakasih :)

Artikel lainnya:
Cara mengganti foto profil di Instagram
Cara menghapus foto di Instagram
Cara upload foto di Instagram
Panduan lengkap cara menggunakan Instagram