Manfaat Website Portfolio Bagi Freelancer


Manfaat website portfolio perlu dipertimbangkan karena ada banyak hal positif jika menggunakannya. Melalui website ini, Anda bisa membagikan profil pribadi, pendidikan, skill, sampai karya yang pernah Anda buat sebelumnya.

Dengan demikian, ini akan mudah untuk menarik orang yang membaca website Anda. Kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan dan orang yang membutuhkan kemampuan Anda menjadi lebih tinggi. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaatnya.
 

Apa Itu Website Portfolio


Website portfolio adalah situs yang berisi tentang karya dan pengalaman bekerja Anda. Ini sama halnya dengan CV namun dibuat di website sehingga siapa saja bisa melihatnya dengan mudah.

Di dalam website ini, Anda bisa menarik klien dengan menawarkan berbagai kemampuan dan pengalaman yang sampai saat ini digeluti. Ini lebih menarik dan terlihat lebih profesional. Terutama bagi freelancer yang ingin memulai usaha sendiri/start up.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman membuat website sebelumnya? Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada jasa pembuatan website salah satunya dari Niagaweb.

Melalui jasa ini, Anda tidak perlu memiliki skill coding sejak awal. Ada pula website builder yang memiliki performa baik sehingga tidak perlu susah-susah membangunnya dari awal.

Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau dengan kualitas dan layanan yang lengkap. Fitur yang menjadi keunggulan Niagaweb ini yaitu websitenya mobile friendly, SEO friendly, gratis domain dan hosting, SSL, dan email bisnis.

Tak hanya itu, servernya juga cepat dan mudah diakses. Semua itu akan menunjang portfolio Anda terlihat lebih premium.
 

Manfaat Website Portfolio Bagi Freelancer


Bagi Anda yang seorang freelancer, website khusus portfolio dapat memberikan Anda manfaat yang beragam terutama dalam menunjang karir. Berikut adalah manfaatnya:
 

1. Menunjukkan Profesionalitas


Dengan membuat portfolio di website, tentu Anda akan terlihat lebih profesional. Ini juga akan memudahkan orang lain mendapatkan informasi dari Anda.

Pihak perusahaan bisa menilai kualitas Anda lewat portofolio yang telah dibuat. Di website ini, Anda menyajikan gambar, video, dan tulisan yang berkenaan tentang keprofesionalitasan Anda. Ini akan menarik perekrut karena Anda bersusah payah membuat website untuk profil Anda.

Bagi pemula, Anda bisa menggunakan berbagai situs yang mudah diterapkan. Contohnya WordPress, Blogspot, dsb.
 

2. Potensi Mendapatkan Job dari Klien


Freelancer lebih mudah mendapatkan job jika ada portfolio. Hal ini karena akan banyak yang mengetahui potensi Anda. Apalagi jika Anda membagikan karya-karya tersebut di website.

Maka akan lebih mudah diketahui secara meluas. Contohnya jika Anda seorang freelance writer. Kemudian, membuat website yang didalamnya berisi tulisan bertema wisata.

Ini bisa membuka kesempatan bagi perusahaan atau jasa biro perjalanan tertarik. Sehingga meminta Anda untuk menuliskan artikel tentang wisata dan mempromosikan biro perjalanan mereka di website Anda atau untuk perusahaan.
 

3. Bangun Personal Branding


Manfaat selanjutnya yaitu bisa membangun personal branding. Personal branding adalah citra diri yang bisa membentuk persepsi masyarakat/publik tentang aspek yang Anda unggulkan.

Jadi, website portfolio akan membantu mengenalkan diri Anda kepada orang lain dengan kemampuan dan keunggulan yang dimiliki. Diharapkan publik akan memiliki persepsi yang positif terhadap diri sendiri.

Contohnya jika Anda memiliki kemampuan memasak dan punya catering. Anda membagikan hasil masakan dan tips memasak bagi pemula di website Anda. Ketika orang menyukainya,, publik akan mengenal Anda sebagai seorang koki atau ahli dalam memasak.

Buntutnya, bisa jadi ada ajakan dan permintaan untuk memesan catering makanan untuk sebuah acara atau menjadi pembicara di kelas memasak.
 

4. Wujud Ekspresi Kreativitas


Membuat portfolio adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele apalagi jika menguploadnya di website. Perlu kemampuan dalam mengolah kata sampai memamerkan karya terbaik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Selain dari tulisan, Anda juga bisa mengekspresikannya melalui podcast, youtube, video yang dishare di website Anda.

Dari sini, lakukan eksplorasi kreativitas dalam membuat portfolio agar terlihat unik dibandingkan orang lain.

Kreativitas ini yang mahal untuk didapat karena tidak semua orang memilikinya. Skill dalam editing, membuat konten menarik, dsb perlu untuk ditingkatkan. Hal ini agar memudahkan dalam menggapai cita-cita.
 

5. Refleksi Personal


Ketika membuat portfolio sebenarnya Anda bisa menemukan jati diri. Disini karena orang akan berpikir mana yang menjadi minatnya dan keunggulannya saat ini.

Dengan begitu, ia akan lebih mengenal tentang kelebihan dan kelemahannya selama ini. Kelebihan dari portfolio kemudian akan ditingkatkan untuk mencapai tujuan karirnya. Sedangkan kelemahannya bisa menjadikannya mencari cara untuk memperbaiki diri.
 

6. Asah Skill dan Kemampuan


Membuat portfolio haruslah sekreatif mungkin. Formatnya juga pasti berbeda dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, dalam membuatnya tentu dibutuhkan skill dan kemampuan. Pilihlah format informasi lengkap untuk data pribadi Anda.

Selanjutnya, tambahkan skill Anda didalamnya agar lebih menarik dibaca oleh orang lain.
Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang manfaat website portfolio bagi freelancer. Segera buat portfolio melalui website agar lebih menjangkau banyak orang. Untuk membangun website lebih cepat sehingga efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website di Niagaweb.

1 komentar so far

Terima kasih informasinya kak

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon