Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Login

Instagram merupakan sosial media yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pada saat ini jumlah pengguna instagram sangatlah banyak. Bahkan sudah mencapai 1 miliar download di Play Store. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat signifikan. Dikarenakan begitu populernya aplikasi instagram di kalangan masyarakat, bahkan sudah ada akun instagram yang memiliki follower lebih dari 400 juta follower.

Instagram bisa memiliki banyak pengguna aktif dikarenakan penggunanya tidak hanya dari kalangan remaja. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, instansi pemerintah, pebisnis sudah menggunakan instagram sebagai sarana branding mereka. Karena memang jangkauan akun instagram ini sangat luas. Tidak hanya orang yang anda follow yang bisa melihat postingan anda, melainkan seluruh pengguna instagram di seluruh dunia.
 

Penyebab Instagram Tidak Bisa Login


Instagram dapat memiliki pengguna yang cukup banyak bukan tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan instgaram memiliki fitur-fitur yang keren dan bermanfaat bagi penggunanya. Seperti fitur live streaming, video reels, filter dan efek keren, dan lain sebagainya.

Di instagram, anda bisa mengupload foto, video, insta story, video reels, dan IG TV. Syarat agar dapat menggunakan itu semua hanyalah sebuah akun. Jadi anda harus memiliki akun instagram terlebih dahulu sebelum memulainya. 

Setelah memiliki akun instagram, langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah login ke akun instagram dengan cara memasukkan username dan password. Ketika username dan password benar, maka secara otomatis anda akan dibawa login ke halaman instagram.

Ketika sedang login di Instagram, pernahkah anda mengalami permasalahan dimana anda gagal login atau tidak bisa login. Penyebab dari tidak bisa login itu bermacam-macam. Dikutip dari Bloggerkoplo.com berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan akuns instagam tidak bisa login:
 

1. Salah username atau password akun instagram


Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab tidak bisa login di instagram adalah lupa username atau password akun instgaram. Orang-orang menjadi lupa password instagram biasanya disebabkan karena sekalinya mereka masuk di akun instagram, mereka tidak pernah log out. Sehingga akun instagram menjadi lupa.

2.Terdapat permasalahan di jaringan internet


Selain salah dalam memasukkan username dan password instagram, penyebab lain yang mengakibatkan tidak bisa login di instagram adalah terjadi permasalahan pada jaringan intenret. Permasalahan jaringan bisa bermacam-macam seperti kuota internet habis, sinyal tidak kuat, wifi sedang down, atau terdapat gangguan pada provider yang anda gunakan.

3. Akun Instagram diblokir


Ketika menggunakan akun instagram, hal tersebut berarti anda harus menaati dan mematuhi kebijakan yang sudah ditentukan oleh instagram. Ketika anda melakukan pelanggaran kebijakan yang sudah dibuat oleh instagram, maka akun anda bisa diblokir oleh pihak instagram. Sehingga, anda menjadi tidak bisa login di Instagram.

4. Akun Instagram dikunci


Selain di blokir oleh pihak instagram , akun anda juga bisa dikunci oleh pihak instgaram. Biasanya hal tersebut disebabkan karena anda melakukan aktivitas-aktivitas yang mencurigakan seperti terlalu sering login di instgaram, terlalu banyak mengikuti, like, komentar dalam waktu yang singkat. Sehingga pihak instagram menganggapya sebagai SPAM.

5. Server instagram sedang down


Sebuah aplikasi yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak seperti Instagram, tentu memerlukan server yang besar juga. Karena hal tersebut, maka sangat memungkinkan server instagram mengalami down atau ganggunan. Ketika server instagram sedang down, maka secara otomatis anda menajdi tidak bisa login ke akun instagram.

Kira-kira itulah beberapa hal atau faktor yang dapat menyebabkan akun instagram tidak bisa login. Untuk mengatasi instagram tidak bisa login pun bermacam-macam tergantung penyebabnya apa.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Login


Diatas saya sudah menjelaskan beberapa peyebab instagram tidak bisa login. Hal tersebut bisa disebsbkan karena anda salah memasukkan username atau password, akun instagram diblokir, akun instagram di kunci, permasalahan pada jaringan, dan server instagram sedang down. Untuk mengatasi penyebab tersebut, silahkan anda ikuti beberapa solusi berikut ini :

1. Login dengan menggunakan menu lupa kata sandi


Ketika anda tidak bisa login di instagram disebabkan karena anda lupa dengan kata sandi akun instgaram. Maka anda bisa login ke akun instagram dengan menggunakan menu lupa kata sandi. Hal yang diperlukan untuk lupa kata sandi hanyalah email atau nomor telepon yang terkait dengan akun.

Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan nomor telepon, kemudian pihak instagram akan mengirimkan link untuk reset kata sandi akun instagram anda.

2. Ganti jaringan yang anda gunakan


Jika anda tidak bisa login di instagram disebabkan kaerna terjadi permasalahan pada koneksi internet yang anda gunakan. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Seperti :

-Restart HP anda atau matikan HP sementara waktu

-Hidupkan dan matikan kembali mode pesawat

-Ganti jaringan dari data seluler ke WiFi atau sebaliknya

-Silahkan ganti jaringan wifi atau provider yang anda gunakan

-Gunakan VPN

3. Lakukan banding pemblokiran akun


Ketika akun anda diblokir oleh pihak instgaram, maka secara otomatis akun instagram menjadi tidak bisa diakses atau tidak bisa login. Jika anda merasa tidak melakukan pelanggaran komunitas instagram dan menganggap pemblokiran tersebut merupakan sebuah kesalahan, anda dapat mengajukan banding ke pihak instagram melalui link sebagai berikut https://help.instagram.com/contact/606967319425038

4. Hindari tindakan SPAM pada akun instagram


Selain akun yang diblokir, ternyata akun instagram juga bisa dikunci oleh pihak instgaram. Salah satu penyebab yang paling sering karena anda melakukan tindakan yang dianggap SPAM oleh pihak instagram, Seperti memfollow orang terlalu cepat, memberikan like, komen terlalu cepat, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda hanya perlu membiarkan akun anda untuk sementara waktu dengan tanpa melakukan aktivitas apapun. Biasanya antara 3 sampai 7 hari, akun instagram anda akan normal kembali.

5. Server instagram sedang down


Jika penyebab anda tidak bisa login di instagram karena server instagaram sedang down. Maka satu satunya cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menunggu hingga server instagram kembali normal. Biasanya ketika server down, pihak instagram akan segera melakukan maintenance terhadap server mereka. Dalam waktu dekat, server instagram akan kembali normal.

Yak, kira-kira seperti itulah penyebab dan cara mengatasi akun instagram tidak bisa login. Terdapat banyak sekali hal yang mengakibatkan akun instagram menjadi tidak bisa login. Dan masing-masing penyebab juga berbeda cara untuk mengatasinya. Jadi silahkan sesuaikan dengan permasalahan anda. Jika anda tidak mengetahui apa penyebabnya, anda bisa mencoba cara diatas satu per satu.

Demikian artikel saya kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi akun instagram tidak bisa login. Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai instagram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengatasi instgaram tidak bisa follow orang lain. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon