2 Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

Bagaimana cara mengganti template blog di blogspot atau Blogger? Bagi yang barus saja membuat blog di Blogger, hal yang pertama dilakukan selain menulis artikel adalah mengganti tampilan blog atau tema blog. Karena template yang disediakan oleh Blogger tidak semua orang menyukainya.

Memang sekarang template bawaan dari Blogger sudah mendapatkan update terbaru, tampilannya sudah bagus-bagus, minimalis, dan fiturnya hampir mirip dengan template-template premium yang dijual oleh situs penjual template.

Namun meskipun demikian, masih banyak yang tidak menyukai template bawaan Blogger tersebut dan pengen mengganti nya dengan template hasil download mereka di internet. Apakah kamu demikian?

Banyak sekali situs-situs penyedia template gratis atau berbayar diluar sana yang bisa kamu download dan pasang di blogspot kamu, seperti:
Nah bila kamu bingung ingin mengganti template blog dan tidak tau situs apa saja yang menyediakan template untuk blogspot keren-keren dan SEO Friendly, maka kamu bisa membuka situs tersebut satu-persatu.

Silahkan lihat dan download template mana yang kamu suka dan kesemua situs diatas yang menyediakan template free download, artinya bisa kamu download secara gratis. Namun ada juga template premium yang harus kamu beli terlebih dahulu.

Template Blogger premium umumnya memiliki fitur yang lengkap dan tampilannya lebih keren dari yang gratis. Bila kamu ingin memilikinya silahkan langsung dibeli.

Bila kamu tidak memiliki akun Paypal atau kartu kredit, kamu bisa membeli template Blogger di penyedia template Blogger lokal, seperti sugeng.id milik Mas Sugeng, dan idntheme.com milik Mbak Arlina  yang pembayarannya bisa dilakukan dengan cara transfer bank. Paling harganya sekitar 50-200 ribu rupiah.

Template blog ini musdeoranje.net juga beli di idntheme.com, namun sudah di modifikasi sedemikian rupa dan tidak mirip lagi dengan template asli.

Lantas bagaimana cara mengganti template blogspot dari hasil download di Google? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengganti template blog di blogspot atau Blogger.com:

Cara Mengganti Template Blog Hasil Download


Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

Cara memasang atau cara mengganti template blog di Blogger bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat upload langsung atau dengan cara edit html blog. Berikut cara lengkap mengganti template blog di blogspot:

A. Upload Tema Dari File PC


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengganti template blog hasil download adalah membuka terlebih dahulu dasbor Blogger blog kamu. Bila sudah terbuka silahkan klik menu "Tema" sebelah kiri.


2. Klik "Cadangkan / Pulihkan" sebelah kanan atas.


3. Sebelum klik "Pilih File", kamu bisa terlebih dahulu mendownload tema kamu tersebut karena mungkin siapa tau kamu ingin menggunakan kembali template kamu yang sekarang ini. Bila sudah silahkan langsung saja klik "Pilih File".


4. Silahkan cari dimana file template yang barusan kamu download tersebut disimpan. Bila sudah ketemu silahkan upload template tersebut.  Klik dua kali pada template tersebut atau klik "Open".


5. Klik upload untuk lanjut mengganti template blog kamu hasil download tersebut.


6. Selamat kamu telah berhasil mengganti template blog tersebut, dan kamu sudah bisa menggunakan template tersebut. Silahkan buka blog kamu dan refresh untuk melihat perubahannya.


Selain mengganti template dengan cara mengupload seperti diatas, kamu juga bisa mengganti template blogger kamu dengan cara mengambil kode template nya saja, lalu tempel kan di edit html template blog kamu. Berikut caranya:

B. Lewat Edit HTML


1. Cara mengganti template blogspot yang kedua ini sedikit berbeda dengan cara yang pertama diatas. Langsung saja silahkan klik menu "Tema" sebelah kanan dasbor Blogger kamu. Kemudian klik "Edit HTML".


2. Jangan tutup dulu dasbor Blogger kamu, silahkan buka file explore atau my komputer di pc atau laptop kamu, silahkan cari dimana letak template tersebut, bila sudah ketemu template nya, silahkan buka lewat notepad dan salin semua kode html tersebut.


3. Sekarang silahkan menuju ke dasbor Blogger kamu lagi, hapus semua kode html yang ada dalam edit html tersebut, tempel kan kode html nya disini semua yang disalin pada langkah nomor 2 diatas.


4. Bila sudah silahkan klik "Simpan tema".

Selamat kamu telah berhasil mengganti tema blog kamu dengan cara edit html ini. Sekarang silahkan sesuaikan tampilan blog kamu yang sudah berantakan setelah mengganti template nya, seperti widget, menu, kode-kode dari Google Analytics, kode iklan Google Adsense, dan lain-lain.

Bagaimana ternyata cukup mudah dan gampang kan cara mengganti template blog hasil download di situs penyedia template. Semoga setelah mengganti template blog ini membuat tampilan blog kamu di Blogger semakin bagus

Dan semoga juga setelah mengganti template blog ini membuat kamu semakin bersemangat ngeblog dan menulis artikel-artikel yang berkualitas yang bisa mendatangkan banyak pengunjung dan membacanya.

Lihat juga:

Ingat, poles lah blog kamu sejak awal blog tersebut dibuat atau blog yang barus saja dibuat. Cari lah template yang bagus yang sesuai dengan niche blog kamu.

Mengganti template ketika blog sudah jalan lama dan sudah banyak mendapatkan pengunjung dari Google bisa membuat blog kamu kehilangan pengunjung sementara waktu, dan akan menghabiskan waktu kamu lagi buat mengedit-ngedit tampilannya, memasang kode ini itu dan lain-lain sehingga tidak mempunyai waktu lagi buat menulis artikel di blog.

Maka dari itu sejak awal membuat blog bereskan dulu tampilan blog kamu, cari lah template yang cocok biar nanti bisa fokus membuat konten dan tidak perlu lagi memikirkan tampilan blog.

Selain itu jangan pernah mengunakan template bajakan, atau template yang dijual oleh pembuat template tersebut dan kamu menemukannya secara gratis saat mencarinya di Google.

Menggunakan template bajakan selain tidak mendapatkan update template terbaru dari pembuat templatenya dan tidak bisa bertanya juga bila terdapat masalah, blog kamu juga bisa hancur, karena siapa tau pada template bajakan yang kamu download tersebut ditaruh virus atau script yang berbahaya.

Sekali lagi jangan pernah ya menggunakan template bajakan. Hargailah hasil karya orang lain dengan cara membeli template tersebut, dengan begitu blog kamu bisa lebih berkah, mendapatkan banyak pengunjung, bisa diterima mendaftar Adsense, dan mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Nah itulah artikel tutorial lengkap cara mengganti template blog hasil download di Google. Bila terdapat masalah atau ada hal yang ingin ditanya silahkan sampaikan di kolom komentar bawah. Sekian dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya: