Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools? Apakah blog atau website yang baru saja dibuat wajib didaftarkan ke Google Webmaster Toll atau Google Search Console? 

Jawabannya boleh di daftar boleh tidak. Tergantung juga dengan tujuan blog atau website kamu dibuat untuk apa.

Bila tujuan kamu membuat sebuah blog atau website ingin mendapatkan pengunjung dari Search Engine Google sudah pasti kamu wajib mendaftarkan blog atau situs kamu ke Google Webmaster Tool.

Namun bila kamu membuat blog atau situs tujuannya bukan ingin mencari pengunjung dari pencarian Google, maka mendaftarkan blog ke Google Search Console atau Google Webmaster Tools tidak begitu perlu.

Mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool sangat wajib dilakukan bila kamu ingin mendapatkan pengunjung alami dari hasil pencarian Google.

Apalagi bila nantinya ada artikel kamu yang masuk halaman satu pencarian Google dengan keyword tertentu, sudah pasti blog kamu akan kebanjiran pengunjung.

Ditambah lagi keyword atau kata kunci tersebut merupakan kata kunci abadi, artinya kata kunci yang dicari terus-menerus sepanjang tahun di Google, otomatis blog kamu akan ada pengunjung tiap hari tanpa henti sepanjang tahun.

Namun dalam artian blog kamu masih bertahan pada posisi pertama pencarian kata kunci tersebut tanpa digeser oleh blog lain. Sangat mengasyikkan bukan?

Bahkan walaupun kamu cuekin blog nya, enggak pernah kamu update lagi, ataupun kamu tinggalin begitu saja pergi liburan beberapa hari bahkan mingguan masih akan tetap ada terus pengunjungnya dari Google.

Ditambah lagi bila blog atau situs kamu sudah terdaftar di program Google Adsense, kamu bisa panen rupiah terus menerus tiap hari.

Ibarat menanam pohon yang berbuah sepanjang masa, selama pohonnya masih hidup, kamu bisa memetik buahnya tiap hari. Sangat menggiurkan bukan?

Nah, agar bisa menikmati semua itu, blog atau situs kamu harus SEO (Search Engine Optimization). Mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools adalah syarat utama agar blog kamu bisa SEO. Selanjutnya konten dan BL (backlink).

Dengan mendaftar blog ke Google Search Console atau Google Webmaster Tools, blog atau situs kamu akan mudah ditemukan di pencirian Google. Pengunjung pun akan banyak yang mengunjungi blog kamu.

Lantas bagaimana cara mendaftar Google Webmaster Tools? Nah, tanpa menunggu waktu lama lagi, langsung saja, berikut cara mendaftarkan blog ke search engine Google atau Google Webmaster Tools dengan mudah dan gampang:

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara daftar blog ke Google Webmaster Tool adalah membuka terlebih dahulu situs Webmaster Google. Bila sudah terbuka silahkan klik "MASUK".

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

2. Silahkan login dengan menggunakan akun Gmail kamu. Bila belum memiliki akun Gmail, silahkan buat dulu, caranya ada pada artikel cara membuat akun Gmail baru lewat hp ini.


3. Pilih yang sebelah kanan "Awalan URL". Masukkan full url blog kamu pada kotak tersebut. Kemudian klik "TERUS".


4. Kemudian klik "BUKA PROPERTI".


5. Klik menu "Setelan" sebelah kiri bawah.


6. Klik pada bagian "Verifikasi kepemilikan" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


7. Pilih "Tag HTML".


8. Silahkan salin kode dalam kotak lingkaran warna merah seperti pada gambar dibawah ini untuk di tempel pada template blog kamu. Jangan klik verifikasi dulu, silahkan buka dasbor blogger blog kamu dulu.


9. Klik "Tema", kemudian klik "Edit HTML" pada blog kamu.



10. Silahkan cari "<head>". Kemudian tempel kan kode tadi dibawah <head> dan klik "Simpan tema" bila sudah.

11. Kembali lagi ke Google Webmaster Tools, silahkan klik "VERIFIKASI".


12. Selamat blog kamu telah berhasil diverifikasi atau telah sukses di daftar ke Google Webmaster Tools.


Itulah cara daftar blog ke Google Webmaster Tools, bagaimana ternyata sangat mudah kan cara mendaftarkan blog ke search engine Google.

Sekarang blog kamu sudah terdaftar ke Google Webmaster Tool, artikel-artikel yang kamu posting juga akan terindex di search Google, dan siap-siap blog kamu akan kebanjiran pengunjung dari Google.

Diatas adalah cara mendaftarkan blog di Blogger atau Blogspot ke Webmaster Google. Kalau untuk pengguna Wordpress caranya hampir sama saja, yang beda adalah saat verifikasi saja.

Cara verifikasi Google Webmaster di Wordpress


Bagi pengguna Wordpress, cara verifikasi Google Webmaster Tools cukup mudah, silahkan masuk ke dasbor blog Wordpress kamu, klik menu "Perkakas/Tools", lalu klik menu yang muncul dibawahnya lagi yaitu "Perkakas yang tersedia", silahkan tempelkan kode Tag HTML yang di Google Webmaster seperti cara nomor 8 diatas didalam kotak dibawah tulisan Google Webmaster Tools di dasbor WP kamu. Klik "Simpan Perubahan". Nah selanjutnya silahkan buka kembali dasbor Google Webmaster Tools, klik "Verifikasi" dan beres.

Nah itulah cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools atau Google Search Console agar blog kamu dapat ditemukan di pencarian Google.

Setelah membuat blog baru dan juga telah mendaftarkan ke Google Webmaster Tools, apa langkah selanjutnya? Langkah selanjutnya adalah submit sitemap di Google Webmaster Tools agar artikel blog kamu cepat terindex di pencarian Google.

Cara membuat sitemap dan cara submit sitemap ke Google Webmaster Tools bisa dilihat pada artikel cara membuat sitemaps di Google Webmaster Tools.

Demikian artikel lengkap cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Bila ada pertanyaan atau ada masalah saat mendaftar blog ke Webmaster Google, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sekian dan terimakasih.

Artikel lainnya: