Cara Membuat Artikel Di Blogger Bagi Pemula

Bagaimana cara membuat artikel di Blogger? Setelah membuat blog di Blogger, sudah pasti blog tidak kamu biarkan kosong begitu saja tanpa membuat sebuah artikel.

Karena tanpa adanya artikel sama sekali, blog kamu akan kesulitan mendapatkan pengunjung dari search Google. Bila ada pengunjung nantinya mereka mau membaca apa coba?

Sudah pasti mereka akan langsung menutup blog kamu karena tidak ada konten apapun yang bisa dilihat.

Nah bila kamu barus saja membuat sebuah blog di blogger dan masih bingung bagaimana cara posting di blog, maka dibawah akan dijelaskan secara detail dan lengkap dengan gambar nya cara buat postingan di Blogger.

Sebenarnya membuat tulisan baru di Blogger hampir mirip seperti kamu mengetik di Microsoft Office Word.

Menu dan format tulisannya hampir mirip semua, yang membedakan mungkin membuka Microsoft Office Word tidak memerlukan koneksi internet saja.

Namun untuk pertama kali memang agak membingungkan terutama kamu yang masih pemula banget dalam dunia blogging, dan butuh pengarahan.

Lantas bagaimana cara membuat artikel di Blogger? Langsung saja, tanpa menunggu waktu lama lagi, berikut cara membuat artikel di Blogger untuk pemula:

Cara Membuat Artikel Di Blogger Bagi Pemula

Cara Membuat Artikel Di Blogger Bagi Pemula 


Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara membuat artikel di blogger adalah membuka dulu dasbor blogger nya, bila sudah terbuka langsung saja klik "Entri baru" untuk langsung membuka halaman dimana kamu bisa membuat sebuah postingan di blog.


Silahkan buat artikel yang pertama kamu di blog kamu. Untuk hal yang pertama kali dilakukan adalah membuat sebuah judul.


Keterangan gambar diatas:

1. Judul postingan. Silahkan masukkan judul artikel yang ingin kamu buat pada bagian ini.
2. Compose adalah tampilan halaman editor yang sekarang kamu lihat. HTML digunakan bila kamu ingin membuat artikel dalam bahasa html. Silahkan klik html bila kamu jago coding atau bahasa html. Untuk memasukkan kode atau script iklan, biasanya harus dalam mode HTML agar script nya dapat berjalan.
3. Pada bagian ini banyak fitur yang bisa kamu gunakan, seperti memilih ukuran font, mempertebal font, mewarnai font, format tulisan, menaruh link, gambar, dan lain sebagainya.
4. Nah disini adalah isi artikel nya atau konten blog.
5. Bila artikel kamu sudah siap, kamu bisa klik publikasikan, menyimpan, dan pratinjau.
6. Label atau kategori tulisan kamu.
7. Jadwal. Kamu bisa menjadwalkan tulisan kamu tersebut tayang kapan. Misal besok. Jadi besok artikel ini akan secara otomatis terposting di blog kamu.
8. Tautan permanen. Disini kamu bisa memilih tautan yang dibuat otomatis atau bisa juga mengeditnya sendiri.
9. Lokasi. Lokasi dimana kamu tinggal.
10. Pilihan. Disini kamu bisa menghilangkan kotak komentar atau menampilkannya.

Bagaimana apakah kamu sudah paham dengan fitur dan tombol-tombol diatas? Selanjutnya akan dijelaskan juga fungsi tombol-tombol yang ada dibawah judul artikel tersebut satu-persatu.


Keterangan gambar diatas:

1. Undo = Membatalkan perubahan
2. Redo = Mengulangi perubahan
3. Jenis font
4. Ukuran font
5. Format font
6. Mempertebal font
7. Membuat tulisan miring
8. Membuat garis dibawah tulisan
9. Tulisan dicoret
10. Mewarnai tulisan
11. Mewarnai latar tulisan
12. Menaruh link keluar di artikel.
13. Menyisipkan gambar
14. Memasukkan video dari Youtube atau dari PC
15. Memasukkan karakter, emoticon, dll
16. Insert jump break
17. Alignment
18. Numbered list
19. Bullet list
20. Quote
21. Hapus format
22. Memeriksa ejaan

Bagaimana apakah kamu sudah paham dengan tombol-tombol diatas. Bila kamu sering mengetik di Microsoft Office Word, pasti tidak asing lagi dengan icon dan tombol-tombol diatas tersebut.

Agar lebih paham, sebaiknya kamu praktekkan dengan cara mencoba semua apa fungsi dari tombol-tombol tersebut.

Cara menaruh link dalam artikel


Cara memasukkan link url dalam postingan caranya cukup mudah, silahkan blok atau pilih dahulu tulisan yang ingin di masukkan link tersebut, kemudian klik icon link seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Silahkan tempel url dalam kotak web address tersebut. Klik "Open this link in a new window" bila kamu ingin link tersebut ketika di klik akan membuka halaman baru. Bila sudah klik "OK".


Klik "Publikasikan" bila kamu rasa tulisan kamu tersebut sudah siap untuk dipublikasikan, artinya di posting di blog kamu. Kamu bisa juga memilih "Simpan" bila tidak ingin memposting terlebih dahulu dan akan dimasukkan ke dalam draft. Klik "Pratinjau" untuk meninjau terlebih dahulu postingan tersebut sebelum diposting.


Selamat kamu telah berhasil membuat artikel di blogger untuk yang pertama kali. Kamu bisa klik "Edit" untuk mengedit kembali postingannya, klik "Lihat" untuk melihat postingan tersebut di blog kamu, atau klik "Hapus" bila kamu ingin menghapus.


Nah ini dia postingan yang telah tayang di blog kamu. Bila ada pengunjung mereka akan membaca postingan kamu yang ini. Silahkan kamu cek terlebih dahulu atau dibaca ulang, siapa tau ada kesalahan dalam mengetik huruf atau ada kalimat yang perlu diperbaiki.


Bagaimana ternyata cukup mudah bukan membuat artikel di blogger. Bahkan halaman untuk membuat tulisannya lebih simpel dari Microsoft Office Word yang membuat kamu bisa lebih fokus dalam menulis artikel.

Cara membuat artikel di blog lewat hp


Apakah bisa cara posting blog lewat hp? Bisa banget. Kamu bisa membuat postingan blog lewat hp Android maupun iPhone.

Silahkan buka web browser yang ada di hp kamu. Buka blogger.com, nah silahkan buat postingan disana.

Selain lewat web browser, kamu bisa menginstall aplikasi Blogger di hp kamu. Silahkan download aplikasi Blogger bagi pengguna Android disini, dan bagi pengguna iPhone disini.

Ingat jangan pernah mengambil tulisan orang lain atau copas (copy paste), selain membuat kamu tidak akan pernah maju dalam hal menulis, copy paste tulisan orang lain bisa mengakibatkan blog kamu dihapus oleh Google bila ketahuan oleh pemilik blog tersebut dan melaporkan ke DMCA Google.

Bila belum bisa menulis konten sendiri atau tidak punya ide mau bikin artikel tentang apa, kamu bisa meniru artikel orang, kamu bisa menulis ulang artikel tersebut dengan gaya bahasa kamu sehingga tidak mirip dengan tulisan orang tersebut.

Untuk gambar, bila kamu tidak memiliki gambar sendiri dan mengharuskan kamu untuk mengambil gambar di Google, maka taruhlah sumber dimana gambar tersebut diambil, seperti nama website nya.

Gambar di Google itu tidak bisa diambil sembarangan, semua ada hak ciptanya. Selain blog kamu bisa dihapus bila dilaporkan ke Google, kamu juga bisa dituntut oleh pemilik gambar tersebut. Sungguh berbahaya bukan?

Banyak kok situs penyedia gambar gratis tanpa hak cipta dan bisa digunakan dengan bebas di blog kamu, seperti Pixabay.com, Freeimages.com, Canva.com, Pexels.com, Unsplash.com, dan masih banyak yang lainnya tinggal search di Google.

Demikian artikel singkat cara membuat artikel di blogger bagi pemula ini. Ingat jangan pernah kopas tulisan orang lain, karena mereka akan marah bila mengetahui nya. Bisa saja mereka membuat hal yang bisa merugikan blog kamu.

Bila ada hal yang tidak paham dan kurang mengerti dalam membuat artikel diblogger ini, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara beli domain murah di Namecheap
Cara custom domain blogspot di Namecheap terbaru
Cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools
Cara membuat sitemap di Google Webmaster Tools
Cara mendaftarkan blog ke Google Analytics