Ketahui Tips dan Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Ketahui Tips dan Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Tips kelola keuangan rumah tangga merupakan aspek penting yang perlu diketahui jika ingin pengeluaran domestik lebih stabil, cara mengelola keuangan rumah tangga sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan membuat anggaran, kemudian membuat skala prioritas untuk menentukan mana kebutuhan yang harus dibeli terlebih dahulu.

Inilah Tips Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

Umumnya mengatur keuangan dalam rumah tangga memang menjadi urusan perempuan, sebagai ibu rumah tangga. Padahal keuangan keluarga juga harus diatur dengan baik tidak hanya oleh ibu, namun juga oleh ayah sebagai pihak yang memberikan pemasukan pada keuangan tersebut.

Agar tidak berantakan dan semua keperluan terpenuhi dengan baik, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar keuangan keluarga dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda bisa bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga agar mereka sadar dengan keuangan dan arus pembelanjaan.

1. Buat Anggaran

Cara mengelola keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan membuat anggaran untuk setiap keperluan, baik belanja bulanan atau pembayaran. Jika tidak memiliki anggaran, maka proses belanja menjadi tidak terkontrol, dimana Anda dan anggota keluarga secara impulsive akan membeli apapun yang sekiranya menarik.

Jika ini terus terjadi, maka keuangan di dalam keluarga tidak bisa diatur dengan baik dan uang bisa habis dengan cepat. Dengan membuat anggaran, Anda bisa membagi uang dengan skala prioritas, yang mana Anda hanya akan membelanjakannya untuk hal-hal yang memang diperlukan dan bersifat urgen terlebih dahulu.

2. Bagi Uang dengan Seksama

Selain membuat anggaran, pastikan bahwa Anda dan pasangan juga membagi tiap uang yang masuk dalam beberapa pos. Misalnya, dengan pendapatan dari gaji yang diterima bulanan, Anda membaginya untuk kebutuhan bulanan, membayar tagihan, menabung, keperluan pendidikan dan kesehatan dan yang lainnya.

Jangan lupa, salah satu tips kelola keuangan rumah tangga yang sering dilupakan adalah melakukan investasi. Padahal investasi merupakan aspek yang cukup penting, sehingga Anda tidak kesulitan finansial di masa yang akan datang. Idealnya, jumlah uang yang perlu diinvestasikan setiap pendapatan adalah 10 – 20 persen.

3. Jangan Berhutang

Usahakan untuk tidak melakukan proses hutang kepada siapapun dan lembaga apapun. Hutang mungkin akan memberikan kelegaan karena Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah dan dalam jumlah yang cukup, namun Anda tetap harus mengembalikannya sekaligus dengan bunga yang mengikuti.

Apabila Anda berhutang, maka porsi pendapatan yang sudah Anda anggarkan akan berkurang secara drastis. Apabila Anda ingin melakukan hutang, jangan tanggung-tanggung dan lakukan untuk pembelian asset yang besar, ini akan membuat Anda bertanggung jawab dan membayarnya secara tepat.

4. Lindungi Keluarga dengan Asuransi

Terakhir, jangan lupa untuk tetap melindungi keluarga dan orang tersayang menggunakan asuransi. Asuransi tidak hanya akan memudahkan Anda untuk memberikan kemudahan finansial di masa depan, ia juga membuat resiko kehilangan pekerjaan yang mungkin terjadi di masa depan bisa diminimalisir.

Anda bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya asuransi kejiwaan, kesehatan, properti dan yang lainnya. Pastikan bahwa Anda memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, sehingga tidak memberatkan.

Demikianlah cara mengelola keuangan rumah tangga dengan tepat, sehingga pendapatan yang didapatkan setiap bulannya dapat dilakukan dengan maksimal. Jika pengeluaran terjaga dengan baik, maka urusan rumah tangga juga akan berjalan dengan lancar, baik di aspek kesehatan, pendidikan ataupun tagihan yang perlu dibayarkan.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon