Kuasai 3 Hal Ini Biar Jago Bahasa Inggris

Supaya Anda bisa jago bahasa Inggris, Anda cukup belajar 500 kosakata wajib, mengerti 2 pola kalimat bahasa Inggris dan tahu cara pakai 3 kata bantu utama.

3 materi utama ini adalah modal Anda untuk bisa bahasa Inggris. karena Ketika belajar bahasa Inggris, Anda pasti menggunakan kata dari 500 kosakata wajib dan menggunakan 2 pola kalimat serta selalu menggunakan salah satu dari 4 kata bantu.


Setelah Anda kuasai 3 materi utama ini, Anda akan mudah belajar bahasa Inggris. dan ujung-ujungnya, Anda bisa lancar bahasa Inggris bahkan bisa dan berani ngomong sama bule sekali pun.


Jika Anda mau lancar bahasa Inggris, mari lanjut baca.


BTW.


Kenalkan Saya Aufani Yukzanali, sering nulis tips dan materi bahasa Inggris di blog. Dan kali ini, saya mau berbagi untuk fan musdeoranje.net tentang cara supaya Anda bisa bahasa Inggris dengan mudah dan terstruktur.


Untuk apa bisa bahasa Inggris?


Rasa-rasanya, semua orang butuh bahasa Inggris. Tetapi yang paling membutuhkan bahasa Inggris adalah orang yang mau sukses dalam merintis karirnya. Baik Anda seorang pegawai swasta atau PNS, bisa bahasa Inggris adalah nilai tambah yang sengat disenangi oleh atasan Anda.


Kemudian, bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh akademisi. Untuk menjadi akademisi yang kredibel, Anda harus menerbitkan ide dan pendapat dalam bentuk karya ilimiah. Pasalnya, jika Anda mau ide dan pendapat Anda menjadi materi ajar orang luar negeri, Anda harus bisa menerbitkan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris.


Bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan oleh siswa yang mau lulus dan lanjut ke jenjang berikutnya. Dan semua tes kemampuan dasar ada materi bahasa inggris.


Sekarang hampir semua institusi mewajibkan minimal bisa bahasa Inggris dasar. Mau lulus UN harus bisa bahasa Inggris. Mau lulus SMBPTN harus bisa bahasa Inggris.


3 Materi Wajib Bahasa Inggris


Anda bisa mulai belajar bahasa Inggris dengan menguasi 3 materi wajib. Yang pertama Anda harus megnuasai 500 kosakata wajib.


Kuasai 500 kosakata wajib


Untuk bisa lancar bahasa Inggris sehingga Anda bisa ngobrol sama bule, Anda hanya perlu tahu 3000 kosakata bahasa Inggris. dan dari 3000 kata ini, 500 katanya adalah kategori kosakata wajib.


500 kosakata ini diambil dari urutan paling sering digunakan dalama bahasa Inggris.


Jika kita ambil 3 buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, dan kita urutkan semua kata yang ada dalam buku tersebut, kita pasti mendapatkan kata the, of, to dan and adalah kata yang paling sering muncul dengan urutan yang sama.


Dan dalam setiap tulisan (seperti buku, artikel web dll), pasti ada 500 kosakata wajib yang diulang setidaknya 3 kali.


Klik link ini untuk download Kamus saku500 kosakata wajib


Setelah download, silakan print dan mulai melajar 500 kosakata wajib.


Kuasai pola kalimat bahasa Inggris


Sambilan Anda menguasari 500 kosakata wajib, Anda harus tahu membedakan 2 kalimat bahasa Inggris yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal. Ketika Anda sudah tahu perbedaan keduanya, Anda bisa lebih mudah belajar dan kalimat yang Anda buat bisa mudah dimengerti.


Jadi, Kalimat verbal adalah kalimat yang dialamnya ada kata kerja. Mari kita lihat satu per satu degnan contoh.


                                Kalimat verbal


Untuk memahami apa itu kalimat verbal, mari kita lihat beberapa contoh kalimat verbal berikut ini:


a.       Mr President drinks iced water every morning


a.       Pak presiden minum air dingin setiap pagi


b.      My mother helps me move the furniture


a.       Ibu saya membantuku memindakan perabotan


c.       I always read newspaper


a.       Saya selalu baca koran


Dari ketiga kalimat diatas, kata drink, help dan read adalah kata kerja. Sehingga kita tahu kalimat tersebut adalah kalimat verbal (karena menggunakan kata kerja)


Drink artinya minum, help artinya membantu dan read artinya membaca. Dan ketiga kata ini kita sebut kata kerja karena kata tersebut menunjukkan suatu Tindakan yang kita kerjakan.


Sekarang banding kan dengan contoh kalimat dari pola kalimat nominal.


                                Kalimat nominal


a.       Mr president is in Japan


a.       Pak presiden berada di jepang


b.      My mother is 59 years old


a.       Ibu saya berusia 59 tahun


c.       I’m a doctor


a.       Saya seorang dokter


Dari ketiga kalimat nominal ini, tidak ada satupun yang menggunakan kata kerja. Oleh karena itu kita sebut pola kalimat seperti ini adalah kalimat nominal.


Pada contoh kalimat (a), pak presiden tidak pergi, mengunjungi atau pulang dari jepang. Tapi sedang ada di jepang. Ungkapan “sedang ada di Jepang” bukan suatu Tindakan yang kita kerjakan.


Kita bisa membuat kalimat (a) menjadi kalimat verbal. Caranya mudah, hanya dengan menambahkan sebuah kata kerja, sehingga menjadi:


                “Mr President drinks iced water in Japan”


Banyak orang terbalik menggunakan kalimat verbal dan kalimat nominal karena menerjemahkan to be (atau kata bantu lain). Contohnya ada pada kalimat (b) my mother is 59 years old. Dalam bahasa Indonesia, kita biasa bilang ibu saya berusia 59 tahun. Karena menerjemahkan seperti ini, maka kalimat nominal sering dibuat menjadi kalimat verbal.


Silakan tulisakan satu kalimat nominal dan satu kalimat verbal di kolom komentar.


Kuasai 3 kata bantu utama


Setelah Anda menguasai 500 kosakata wajib, dan tahu membedakan kalimat nominal dan kalimat verbal, maka selanjutnya Anda harus tahu cara menggunakan kata bantu dalam bahasa inggris.


Dalam bahasa Inggris, kata bantu sangat penting karena ia bisa mengubah makna, mengubah tenses dan mengubah siapa melakukan apa. kata bantu disebut juga auxiliary verbs.


Kata bantu utama adalah to be, to have, dan to do. Kata bantu ini bisa dalam bentuk:

 

To Be: am, is, are, was, were, being, been, will be


To Have: has, have, had, having, will have


To Do: does, do, did, will do

 

Semua kata bantu ini harus digunakan sesuai dengan subjek kalimat dan tenses kalimat. Cotohnya; to be am hanya bisa digunakan dengan subject I pada kalimat present tenses. Contohnya “I’m reading this article”


Kata bantu (auxiliary) adalah materi yang sering saya tulis. Untuk pelajari lebih banyak penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris, silakan kunjungi blog saya disini

               

Praktik dan Latihan


Sekrang Anda sudah tahu 500 kosakata wajib bahasa Inggris. dan Anda sudah tahu membedakan kalimat nominal dan kalimat verbal. Kemudian, Anda tahu cara menggunakan kata bantu (auxiliary). Sekarang tingggal praktik supaya yang Anda tahu bisa Anda gunakan Ketika speaking.


Cara praktik bahasa Inggris bisa dengan cara gampang. Tidak harus muluk-muluk berbicara dengan dua orang. Anda bisa praktik bahasa Inggris walau hanya sendiri yaitu dengan menulis, membaca atau mendengarkan.


Hal pertama yang bisa Anda praktik adalah dengan mendownload kamus saku 500 kosakata wajib. Download disini.


Kemduain, buatlah kalimat (dari 500 kosakata wajib) 2 kalimat verbal dan 2 kalimat nominal. Lebih baik lagi, jika bisa membuat cerita pendek dalam bahasa Inggris dengan cara merangkai 500 kosakata wajib, menggunakan kalimat nominal dan kalimat verbal serta menunggunakan kata bantuk to be, to have dan to do dengan benar.


Kesimpulan


Menguasai bahasa Inggris adalah skil yang sangat membantu Anda di masa depan. Seorang karyawan yang bisa bahasa Inggris lebih disenangi oleh atasannya, siswa yang bisa bahasa Inggris memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang baik.


Inilah panduan untuk Anda supaya bisa jago bahasa Inggris dengan menguasai tiga materi penting yang tidak boleh salah.

Ini Adalah Artikel Terbaru

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon