Stragegi Dasar! Ini 3 Tips Manfaatkan Pencarian Suara Google

Cara mengoptimalkan pencarian suara Google

Teknologi pencarian suara Google sudah jauh lebih canggih sejak dirilis pertama kali satu dekade lalu. Saat ini, fitur pencarian suara telah merambah ponsel cerdas dari berbagai sistem operasi yang ada di dunia.

Fitur pencarian suara pada ponsel cerdas sudah menjadi hal lumrah yang biasa digunakan dan saat ini semakin banyak orang yang menggunakan fitur tersebut untuk melakukan pencarian di mesin telusur atau membuat daftar belanja mereka pribadi.

Peningkatan dalam pengadopsian penelusuran suara berarti bahwa bisnis modern perlu memasukkan penelusuran suara dalam strategi SEO mereka jika tidak ingin kehilangan strategi penelusuran di mesin pencarian seperti Google.

Untuk tetap unggul, banyak bisnis saat ini bergantung pada konsultasi agen SEO professional yang bisa mengoptimalkan kinerja situs web atas nama perusahaan mereka di mesin pencarian terutama di pencarian menggunakan suara. Maka saat ini pencarian suara sedang hangatnya dalam dunia SEO sendiri untuk masa modern ini.

SEO sendiri tidak hanya mengandalkan backlink saja kamu juga harus berimprovisasi agar blog atau bisnis kamu semakin baik posisinya di mata Search Engine. Bukan berarti backlink tidak penting saat ini, namun kita perlu improvisasi juga agar kita selalu satu Langkah di depan lawan bisnis kita.

Untuk praktisi SEO saat ini, peningkatan pencarian suara merupakan salah satu penentu permainan dan menjadi bagian dari strategi bisnis. Karena pencarian suara saat ini banyak yang memaksimalkannya.

Sekarang, pola bicara secara alami perlu diperhitungkan untuk meneliti kata kunci yang relevan saat orang mulai berbicara dengan mesin telusur seperti yang dilakukan sebagaian besar orang. Sebagian orang saat ini juga lebih malas mengetik apa yang akan di cari menggunakan Search Engine sehingga banyak orang sekarang menggunakan fitur penelusuran dengan suara.

Dan benar, bahwa Google memiliki fitur pencarian suara paling canggih saat ini karena dikembangkan secara dekat bersama dengan mesin pencari terdepan didunia. Mesin ini menyediakan tingkat kurasi pencarian hingga 95% dengan tingkat kesalahan 4,9% saja.

Cara mengoptimalkan pencarian suara Google


Google Asisten kini sudah menjadi alat yang makin sering digunakan oleh pengguna ponsel cerdas untuk melakukan penelusuran situs web. Pengguna ponsel adalah penyumbang besar traffik melalui penelusuran suara ini.

Pertempuran pencarian suara jauh lebih kompetitif daripada pencarian tradisional karena jumlah hasil yang dilayani oleh Google Asisten jauh lebih rendah daripada kueri pencarian yang menggunakan kata atau dengan cara di ketik. Jadi tentunya hal ini yang menyebabkan banyak praktisi SEO yang sedang memaksimalkan fitur ini.

Ini karena banyak asisten suara yang berusaha memberikan pengalaman kepada pengguna yang disempurnakan dengan membaca kembali hasil teratas atau menampilkan cuplikan unggulan mereka sendiri.

Saat ini, para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2021 nanti sekitar 50% dari semua pencarian di internet dilakukan dengan pencarian suara. Hal ini sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memulai transisi ke strategi SEO yang fokus pada suara sehingga mereka bisa selangkah lebih maju dari para pesaing mereka. Jadi, memaksimalkan fitur ini merupakan satu Langkah lebih depan untuk memajukan bisnis Anda dan melampaui lawan bisnis Anda.

Sekarang, mari kita lihat beberapa langkah umum yang dapat diambil untuk mengoptimalkan pencarian suara. Artikel ini lebih berupaya memberikan panduan singkat untuk mengoptimalkan pencarian suara Google. Ini panduannya!
 

1. Tingkatkan kecepatan situs web


Bukan cuma blog tapi juga situs web. Karena mayoritas penelusuran suara dilakukan dengan perangkat seluler, optimasi penelusuran suara juga bekerja dengan penelusuran biasa.

Ini karena orang yang menelusuri dengan suara akan melakukan dengan cepat daripada mengetik kueri, jadi tentu saja mereka ingin hasil dengan lebih cepat dan akurat.

Jika gagal mengoptimalkan waktu pemuatan akan membuat pembaca meninggalkan situs web Anda. Pengguna internet modern selalu tidak sabar dan berubah-ubah.

Jadi, mereka tidak akan mentolerir halaman pemuatan yang lambat dari situs web Anda sendiri meski produk atau layanan yang ditawarkan bagus. Jadi, kamu juga harus mementingkan satu ini, karena ini adalah hal yang sangat penting.
 

2. Perbaharui daftar bisnis dengan lebih rinci


Asisten suara disesuaikan untuk merayapi daftar bisnis dengan hasil terbaik bagi pengguna. Karena itu, cantuman bisnis harus selalu diperbaharui tiap saat diseluruh platform terlebih di Google.
 

3. Fokus pada konten yang menjawab pertanyaan


Mengenai pembuatan strategi konten yang efektif, Anda perlu menjelaskan frasa percakapan dari mayoritas kueri penelusuran suara dan lihat hasilnya.

41% dari pengguna pencarian suara melaporkan bahwa mereka berbicara dengan asisten suara mereka seolah-olah mereka berbicara dengan teman sendiri.

Mereka tidak hanya mengatakan sepasang kata kunci untuk mendorong hasil paling otoritatif tetapi juga menanyakan pertanyaan yang tulus dari percakapan itu.

Ini berarti bahwa pengembangan konten harus fokus pada konten yang menjawab jenis pertanyaan yang diajukan orang kepada asisten suara mereka sendiri dan diselaraskan dengan bisnis atau industri Anda.

Saat mengoptimalkan peringkat #0 atau yang dikenal juga sebagai cuplikan unggulan, Anda juga harus mengoptimalkan penelusuran suara disana. Sekitar 40,7% dari jawaban yang disediakan oleh pencarian suara Google disediakan dalam bentuk cuplikan fitur.

Untuk itu, cobalah langkah-langkah berikut ini untuk strategi konten Anda :
  • Fokus untuk menjawab pertanyaan populer (Halaman FAQ adalah contoh bagus dari strategi ini)
  • Buat konten yang mudah dibaca tanpa menggunakan terlalu banyak bahasa yang rumit atau ilmiah.
  • Pastikan kontennya segar dan diperbaharui secara teratur dengan informasi terbaru mengenai bisnis Anda tersebut
  • Pastikan juga pertanyaan ditandai dengan tag judul <h2> sehingga mesin pencari mampu merayapinya terlebih dahulu
  • Jika Anda memiliki pertanyaan apapun dibagian tanya jawab Google Bisnisku, jawablah itu. Jangan sekalipun lewatkan karena itu bisa menjadi referensi bagi Google untuk memberikan hasil yang relevan dalam pencarian suara
  • Cobalah untuk membuat pertanyaan yang membantu mempengaruhi keputusan pelanggan, serta pikiran mereka juga dengan jawaban yang dapat meyakinkan pengunjung untuk menyelesaikan pembelian.
  • Jika Anda membutuhkan inspirasi tentang apa yang ingin diketahui pemirsa dari bisnis Anda, lihatlah ulasan yang Anda miliki dan bandingkan dengan ulasan bisnis lain.

Dari sini Anda bisa menyimpulkan faktor apa yang membuat ia muncul di halaman pencarian dan juga faktor peringkat apa yang bisa membuat mereka muncul dari hasil penelusuran.
Penutup

Apakah Anda siap memaksimalkan pencarian suara? Jika iya, ikuti langkah-langkah diatas. Untuk saat ini, topik mengenai pencarian suara masih diperdebatkan dan didiskusikan, tips diatas hanyalah untuk mengatur strategi SEO dimasa depan yang berkaitan dengan fitur penelusuran suara Google.

Saat ini pun Teknosia sedang memaksimalkan tentang fitur pencarian suara ini agar bisa lebih mematangkan posisi blognya di search engine Google ini.

Nah demikian artikel tentang panduan singkat pengoptimalan pencarian Suara Google. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon