Ingin Lulus CPNS? Follow Akun Sosial Media Ini

Bagi kebanyakan orang Indonesia, menjadi seorang abdi Negara adalah bentuk kebanggaan yang tiada tara. Apapun profesinya, kebanyakan orang Indonesia menganggap karir tertinggi profesinya bila mendapatkan status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Namun, bukan rahasia umum lagi kalau untuk menjadi CPNS itu sulit, karena harus lulus ujian terlebih dahulu. Apalagi ujian CPNS sering sekali bikin kelapa mumet, soalnya susah, ditambah persaingan yang begitu ketat.

Dari pengalaman saya, butuh persiapan matang untuk menghadapi ujian CPNS. Saya meluangkan dua bulan waktu saya untuk mempelajari jenis soal yang akan diujiankan, metode menjawab soal, alokasi waktu ujian, mengumpulkan informasi dan materi soal.

Untuk lulus tes pada pembukaan CPNS / PPPK tidak cukup dengan cara cuma belajar terus menerus tanpa arah sepanjang hari. Kenapa begitu? Karena Anda juga harus mencari tahu info terkini tentang materi-materi linear yang berkaitan dengan soal-soal, mencari tahu kisi-kisi dari mereka yang sudah pernah ujian di tahun-tahun sebelumnya, dan benar-benar tahu pola soal yang diujiankan itu seperti apa.

Karena kesulitan kalau semua harus dicari sendiri, maka Anda wajib bergabung dengan mereka yang juga ikut CPNS bersama Anda. Mereka biasanya membangun kelompoknya dalam bentuk grup Facebook, Twitter, grup Telegram, dan Instagram. Ingat ya, dalam berjuang itu tidak boleh sendiri. Karena resiko ketinggalan kereta itu lebih besar kalau sendiri.

Jika kita berkelompok, kita dengan mudah bisa mendapatkan semua hal yang berkaitan dengan CPNS. Ibarat kata nih ya, seribu kepala yang berpikir lebih baik dibandingkan satu kepala yang berpikir.

Meski demikian, tidak semua akun-akun sosmed CPNS harus Anda follow. Diluar sana sangat banyak akun sosmed info CPNS, namun Anda cukup follow akun-akun sosmed CPNS yang paling update, aktif dan tentunya berfaedah. Makanya saya sudah siapkan daftar akun yang wajib Anda follow agar dapat membantu Anda lulus CPNS atau PPPK.

Berikut ini daftar akun CPNS yang wajib di-follow


1. Akun Twitter resmi BKN: @BKNgoid


Akun pertama yang wajib Anda follow adalah akun twitter resmi BKN. Anda tidak boleh ketinggalan dengan info terkini seputar CPNS yang dikeluarkan oleh BKN sebagai penyelenggara tes CPNS.
Saya pribadi hampir setiap hari buka twitter khusus untuk melihat tweet-tweet terbaru dari mimin @BKNgoid.

Meski Anda tidak begitu aktif di Twitter, paling tidak luangkan waktu anda sehari 5 menit untuk ngecek timeline @BKNgoid

2. Akun Twitter atau Laman Facebook resmi Instansi


Akun selanjutnya yang wajib Anda follow adalah akun sosmed dari Pemda atau instansi yang Anda pilih ketika melamar CPNS. Tentu saja ini wajib, karena Anda tidak boleh ketinggalan sama sekali terkait peraturan, jadwal dan pengumuman yang dikeluarkan oleh Pemda atau instansi Anda.

Kelalaian mengikuti informasi terkini dari Pemda atau instansi yang Anda pilih, akan berdampak terhadap kelulusan Anda. Makanya Anda harus nge-cek secara berkala akun-akun mereka. Jangan sampai kejadian yang sudah-sudah terulang lagi, seperti kejadian di salah satu Pemda yang membatalkan kelulusan beberapa peserta SKB karena tidak mengikuti ujian SKB sesuai dengan jadwal yang di-informasikan. Para peserta tersebut tidak mengetahui perubahan jadwal yang dilakukan, padahal sudah diumumkan mengenai perubahan tersebut.

Jadi, kudu wajib kepoin akun-akun Pemda atau Instansi tujuan CPNS Anda.

3. Grup Facebook: INFO CPNS PPPK BUMN 2019


Grup yang memiliki anggota lebih dari 500 ribu ini dianggap grup CPNS yang paling aktif sejagat Facebook. Di grup tersebut anggota-nya paling loyal membagi contoh-contoh soal secara gratis ke anggota lainnya. Maka itu Anda wajib bergabung ke dalam grup ini.
Sayangnya akhir-akhir ini grup tersebut sering memanas antara member formasi umum dengan honorer. Kedua kelompok sering sekali beradu argumen mengenai pembukaan CPNS. Tapi semoga itu bukan menjadi kendala Anda untuk tetap berada di grup tersebut.

4. Grup Telegram CPNS: INSTAGRAM REKRUTMEN CPNS INDONESIA


Bagi Anda yang belum punya telegram, silahkan install telegram terlebih dahulu. Lalu join ke grup INSTAGRAM REKRUTMEN CPNS INDONESIA. Disana Anda akan mendapatkan informasi penting mengenai CPNS.
Selain itu, Anda harus explorasi lebih dalam di grup tersebut, karena disana ada banyak grup-grup khusus sesuai dengan profesi masing-masing. Misalnya grup khusus dokter, grup khusus guru, grup khusus perawat terampl, dan grup khusus lainnya.

5. Grup Telegram CPNS: SAHABAT TENAGA MEDIS


Ini grup khusus bagi semua yang berprofesi sebagai tenaga medis/kesehatan. Kalau Anda salah satu orang yang bekerja di bidang kesehatan, berarti Anda wajib join dalam grup ini.
Untuk profesi lain, silahkan searching grup nya di telegram INSTAGRAM REKRUTMEN CPNS INDONESIA

6. Instagram CPNS: rekrutmencpnsindonesia


Bagi saya, ini akun IG khusus informasi seputar CPNS yang paling aktif. Admin IG tersebut sangat cekatan dalam membagikan informasi CPNS, maka itu Anda wajib follow akun tersebut.
Nah, itulah keenam sosial media yang wajib anda follow supaya anda tidak ketinggalan info apapun mengenai CPNS, apalagi CPNS 2019 sudah begitu dekat.

Penulis artikel ini adalah Monza Aulia yang aktif dalam mengelola situs angkaromawi.com ( Baca: Tabel Angka Romawi ) dan kegiatan sosial lainnya.