Cara DM Di Instagram Versi Baru

Cara DM di Instagram - Instagram adalah aplikasi sosial media berbagi foto yang semua orang, golongan, usia bisa menggunakannya secara gratis asal memiliki smartphone. Sejak dibeli oleh Facebook Inc pada tahun 2012 sampai sekarang ini jumlah penggunanya terus bertambah. Bahkan Indonesia masuk negara yang paling banyak jumlah pengguna Instagram loh.

Dengan Instagram kamu tidak hanya bisa membagikan foto atau pun video saja serta dilihat oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia, akan tetapi layaknya aplikasi sosial media, banyak hal yang bisa dilakukan di Instagram, seperti menyukai foto orang, memberi komentar, dan yang paling seru adalah mengirim pesan DM di Instagram dengan orang yang bahkan tidak kamu kenal. Apa itu DM dan bagiamana cara kirim DM di Instagram?

cara dm di Instagram

Nah bagaimana cara DM di Instagram atau cara kirim pesan DM di Instagram? Sebelum membahas artikel cara chat di Instagram ini, mari kita bahas dulu apa itu DM Instagram. DM (direct message) adalah fitur yang ada di aplikasi Instagram yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan antar pengguna Instagram.

Lihat juga:

Semenjak baru diperkenalkan waktu awal-awal kemunculan aplikasi Instagram, fitur direct message (DM) ini sangat sederhana, hanya bisa mengirim pesan teks antar pengguna Instagram, sangat minim sekali fitur-fitur yang seharusnya ada di aplikasi chatting.

Namun seiring dengan berjalannnya waktu, banyak penambahan fitur-fitur baru yang memanjakan pengguna Instagram dan hampir mirip aplikasi chatting. Contohnya video call dan bisa membuat grup. Seru kan di aplikasi Instagram kita bisa video call antar pengguna.

Bagi kamu pengguna baru Instagram atau baru saja membuat akun Instagram pasti pada bingung cara DM di Instagram bagaimana, serta fungsi icon-icon tombol disana apa saja. Nah biar kamu tidak tambah pusing dan bingung berikut cara DM di Instagram versi update aplikas terbaru.

Lihat juga:

Cara DM di Instagram / Cara Kirim Pesan DM di Instagram Terbaru


1. Cara DM di Instagram hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dulu aplikasi Instagram yang ada di HP kamu. Selanjutnya klik icon kirim pesan pojok kanan paling atas, atau pada lingkaran kotak warna merah di gambar di bawah ini.


2. Ketik nama atau usname orang yang ingin kamu kirim pesan di kontak pencarian paling atas seperti yang tampak pada lingkaran kotak warna merah pada gambar di bawah ini.


3. Bila sudah ketemu akunnya klik di akun tersebut untuk langsung mengirim pesan DM.


4. Silahkan chat dengan orang tersebut.


Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa langsung mengirim pesan ke pengguna Instagram melalui profil nya langsung.

Caranya buka aplikasi Instagram, klik pada icon pencarian trus ketik dikolom tersebut nama atau usname akun yang ingin kamu kirim pesan DM nya.


Keterangan gambar diatas:

A. Klik di icon cari.
B. Ketik nama orang tersebut pada kontak pencariannya, lalu klik di akunnya untuk langsung menuju profil orang tersebut.

Bila profil orang tersebut sudah terbuka klik di "Kirim Pesan" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Bagaimana cara mengetahui bila pesan kita sudah diterima? Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini bila pesan kita sudah diterima akan nampak icon terbaca (mata satu).


Orang tersebut bisa juga membaca pesan yang kita kirim walaupun icon terbaca tersebut tidak keluar loh, yaitu dengan cara membiarkan pesan kita dengan tidak menekan tombol terima.

Bila pesan yang kita kirim sudah diterima dan dia membalasnya nanti akan langsung nampak notif nya dan kamu bisa langsung klik untuk membacanya seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Coba kamu perhatikan gambar diatas, apa artinya bulatan kecil warna hijau diatas? Nah itu bertanda orang tersebut lagi aktif (online) menggunakan Instagram. Tapi fitur ini bisa juga dihilangkan di pengaturan akun bila kamu tidak ingin ketahuan aktif menggunakan Instagram.

Pada gambar dibawah ini nampak pesan yang kamu kirim tersebut telah di balas. Kamu bisa membalasnya lagi atau menyukai pesan yang dia balas tersebut dengan cara klik di icon love nya.


Penjelasan gambar diatas:

A. Menyukai pesan yang dia balas
B. Menyukai chat nya dengan cara memberi icon love

Namun bila kamu salah kirim pesan dan tak ingin dia membacanya kamu bisa menarik kembali pesan tersebut. Pada gambar di bawah ini aku ingin menarik kembali icon love nya. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, klik tahan di pesan tersebut lalu klik "Batalkan Mengirim Pesan?". Dan pesan tersebut telah hilang. Nah kalau di WA kita bisa ketahui telah menarik kembali pesan tersebut.


Sama hanya dengan aplikasi chatting lainnya, lewat direct message (DM) pada aplikasi Instagram ini kamu bisa menemukan beberapa fitur keren seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Penjelasan gambar diatas:

A. Memberi bintang pada orang tersebut. Artinya dia menjadi orang favorit kamu.
B. Video Call. Lewat Instagram kamu juga bisa melakukan panggilan video maupun suara.
C. Kamu bisa langsung mengambil foto, video, ataupun gambar yang di galeri untuk dikirim ke orang tersebut.
D. Balasan cepat. Kamu bisa menyimpan dulu balasan tersebut, dan pada saat orang tersebut mengirim pesan, jawaban yang telah kamu simpan tersebut langsung terkirim. Seru kan?
E. Mengirim foto atau video yang ada di hp kamu.
F. Icon love atau suka.

Bagaimana sudah mulai paham kan dengan beberapa fitur yang ada di dalam DM Instagram? Lalu bagaimana dengan tulisan "Lainnya" yang tampak pada gambar di bawah ini? Nah disitu kamu bisa melihat pesan-pesan dari orang yang tidak kamu kenal yang ingin mengirim pesan untuk kamu.


Kamu bisa klik "Tolak" untuk tidak menerima pesan nya atau klik "Izinkan" bila kamu ingin membalasnya. Tapi kalau kamu tidak ingin membalasnya biarkan saja jangan di apa-apain dan nanti akan hilang sendiri setelah 30 hari. Karena saat di klik "Izinkan" orang tersebut akan melihat icon mata yang bertanda kamu telah melihat atau membacanya.


Lalu apa lagi fungsi beberapa icon pada gambar di bawah ini?


Penjelasan gambar diatas:

A. Icon tambah ini fungsinya untuk mengirim pesan ke banyak orang. Kamu bisa memilih beberapa teman kamu untuk dikirim pesan yang sama.
B. Disini kamu bisa menampilkan urutan pesan nya yang akan tampil paling atas. Kamu bisa pilih pesan terbaru, pesan yang belum dibaca, atau yang diberi tanda bintang.
C. Hampir sama dengan A, kamu bisa langsung mengambil foto atau pun video lalu mengirim ke banyak teman.

Nah bagaimana ternyata sangat mudah kan cara DM di Instagram. Bila ada yang kurang dimengerti dengan penjelasan di atas kamu bisa bertanya di kolom komentar. Semoga artikel cara kirim pesan di DM Instagram ini dapat bermanfaat bagi kamu yang baru saja memiliki akun Instagram.

Bantu aku supaya lebih giat lagi untuk mengupdate blog ini dengan cara share artikel ini ke akun sosial media kamu. Klik tombol share di bawah. Oh ya bila ingin beli followers Instagram bisa lihat caranya disini. Terimakasih!

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon