Cara Efektif Mengembangkan Blog

Pernahkah Anda merasa stuck dengan blog Anda yang sepertinya tidak berkembang sesuai ekspektasi meskipun Anda sudah rajin posting?

Sebagian besar blogger pasti pernah melalui fase ini. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan blog?

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung dan audiens blog Anda

Buat Konten yang Menarik


Konten yang menarik merupakan magnet untuk mendatangkan pengunjung blog. Nah bagaimana cara membuat konten yang menarik?

Kunjungi banyak blog untuk mendapatkan inspirasi. Terkadang dengan melihat konten-konten lain Anda akan mendapatkan suatu ide cemerlang untuk konten blog Anda dan sesuai dengan tema website Anda. Namun perlu diingat langkah tersebut hanya untuk mencari inspirasi saja ya, bukan untuk dicontek.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu konten apa yang belum disentuh atau dibahas oleh blogger lain dalam niche Anda. Setelah menemukan tema yang sesuai, mulailah membuat konten dengan menambahkan insight-insight Anda.

Konten yang fresh dan insight yang berbeda biasanya akan mendorong pengunjung blog untuk membaca konten dan menyebarkannya melalui sosial media.

Blog yang jarang diurus dan diupdate akan mudah dilupakan oleh pengunjung, jadi coba untuk konsisten ya. Buat jadwal posting sehingga pengunjung blog Anda tahu jika Anda memiliki artikel baru, misalnya Anda bisa membuat target 1-2 tulisan tiap minggu. Pastikan pilih waktu dimana pengunjung blog Anda sedang ramai, sehingga konten yang Anda buat bisa langsung mendapat traffic yang bagus.

Optimasi SEO


SEO (search engine optimization) merupakan kunci penting kesuksesan blog. Jika blog anda merupakan blog self-hosted maka Anda tidak akan kesulitan untuk melakukan optimasi SEO.

Sebaliknya jika menggunakan platform blogging gratis maka Anda akan terbatas dalam mengoptimalkan SEO blog.

Saya sarankan jika Anda ingin serius mengembangkan blog maka sebaiknya memilih nama domain dan menginstal wordpress.org di web hosting pilihan Anda. 

web hosting murah Hostinger

Salah satu web hosting yang bisa Anda pertimbangkan untuk kebutuhan blog Anda adalah Hostinger Indonesia. Hostinger menawarkan 3 paket shared web hosting.

Paket web hosting premium atau bisnis Hostinger cocok digunakan jika Anda ingin mengembangkan blog Anda dengan serius.

Penjelasan lebih jelas bisa dilihat di website Hostinger https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Jika blog Anda sudah self-hosted, ada beberapa hal terkait SEO yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan traffic ke blog Anda

Fokus 1 - 2 Long Tail Keyword di Konten Anda


Jaman dulu, anda bisa memasukkan keyword target sebanyak-banyaknya di artikel dan artikel Anda bisa dengan mudah menduduki ranking atas di google, tapi sekarang ini menggunakan banyak keyword justru bisa merusak blog Anda. Fokuskan pada 1 atau 2 long tail keyword saja yang sesuai dengan intensi pengunjung blog.

Optimalkan Title Tag, Header & Body, Meta Description


Tambahkan keyword yang ingin Anda target di bagian Title Tag, sehingga pengunjung memiiliki gambaran saat meng-klik artikel Anda

Selain Title Tag, anda juga bisa menambahkan keyword di bagian badan artikel Anda.Penambahan keyword harus dilakukan senatural mungkin sehingga tidak terlihat aneh bagi pembaca blog Anda.

Meta description merupakan penjelasan singkat yang bisa Anda temukan di bawah masing-masing link di hasil pencarian.



Buat deskripsi atau informasi singkat di setiap artikel Anda, termasuk long tail keyword Anda untuk menarik perhatian orang untuk membuka halaman Anda.

Promosikan Konten


Konten tak jauh berbeda dengan produk-produk komersial, yang mana Anda butuh pemasaran untuk membuat produk anda dikenal dengan luas.

Setelah selesai membuat konten pastikan untuk selalu mempromosikan konten Anda di setiap platform sosial media yang Anda gunakan, melalui email newsletter untuk para subscriber blog, atau forum-forum dimana target pembaca sering menghabiskan waktu.

Networking


Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan blog adalah dengan melakukan networking dengan sesama blogger, baik dalam satu niche, maupun niche yang berbeda, salah satunya adalah dengan bergabung di komunitas-komunitas blogger.

Dengan bergabung di komunitas-komunitas tersebut Anda bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman dengan blogger-blogger lain. Bukan tak mungkin Anda bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru seputar blogging.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah dengan blogwalking dan meninggalkan komentar relevan di tiap artikel.

Berikut adalah empat cara efektif untuk mengembangkan blog. Kunci utama yang perlu diingat jika ingin mengembangkan blog adalah untuk selalu konsisten dan pantang menyerah, karena dimanapun tidak ada kesuksesan yang instan. Selamat mencoba!

Ini Adalah Artikel Terbaru

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon