Apa Itu Jaringan Komputer? Berikut Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaatnya!

Pemanfaatan jaringan komputer saat ini sudah tersebar di setiap sektor kehidupan. Perannya semakin terasa saat masyarakat masuk di era digitalisasi, tidak terkecuali di bidang ekonomi. Digitalisasi dalam perekonomian dimulai sejak adanya internet sebagai salah satu jaringan komputer. 

Pemanfaatan internet melalui pembuatan website dengan wordpress hosting, memungkinkan setiap orang untuk berbelanja jarak jauh secara online. Selain internet, ada berbagai jenis jaringan komputer lain yang juga memiliki peran krusial dalam menghubungkan komputer untuk memudahkan pertukaran data hingga berkomunikasi. 

Pengertian Jaringan Komputer

Bermula dari proyek yang diinisiasi oleh salah satu profesor Universitas Harvard, Howard Aiken, pada tahun 1940-an, jaringan komputer mulai dikenal melalui gagasan tentang pemanfaatan perangkat komputer yang dikembangkan untuk bisa saling terhubung satu sama lain, termasuk ke berbagai perangkat yang berbeda.

Dalam penggunaannya, jaringan komputer ada yang bersifat pribadi dan publik. Jaringan komputer pribadi hanya bisa diakses dengan menggunakan kata sandi. Sedangkan akses jaringan publik tidak memerlukannya dan bisa diakses secara langsung, seperti internet.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Ada berbagai jenis jaringan komputer lain yang umum digunakan oleh masyarakat, baik dalam skala rumahan hingga perusahaan. Apa saja jenis-jenis jaringan komputer tersebut?

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan komputer ini merupakan yang paling pertama ditemukan. LAN memiliki fungsi untuk menyambungkan perangkat yang jaraknya berdekatan dengan menggunakan kabel. Sehingga jaringan komputer LAN biasa digunakan dalam skala rumahan atau di satu tempat karena penggunaan kabel untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

Lebih besar dari LAN, MAN biasa digunakan untuk menyambungkan komputer atau perangkat digital pada jaringan yang lebih luas, seperti perkotaan. Jaringan komputer ini menghubungkan perangkat antar lembaga yang berada pada satu wilayah administratif.

  1. WLAN (Wireless Local Area Network)

Hampir sama dengan LAN, WLAN juga menyambungkan berbagai perangkat dalam jarak dekat. Perbedaannya ada pada kata wireless yang berarti tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan jaringan komputer antar perangkat tersebut.

  1. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar beberapa perangkat, tapi juga menghubungkan satu jaringan komputer ke jaringan komputer lainnya. Secara jangkauan, WAN dapat menghubungkan perangkat-perangkat yang ada di luar negeri, seperti internet.

  1. PAN (Personal Area Network)

Tidak hanya menghubungkan beberapa perangkat menjadi satu jaringan, pemakaian jaringan komputer pun bisa diaplikasikan secara personal dengan menggunakan PAN. Jenis jaringan komputer ini biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke piranti elektronik, seperti komputer ke speaker, printer, dan perangkat elektronik lainnya.

  1. EPN (Enterprise Private Network)

Serupa secara fungsi, EPN juga biasa dimanfaatkan sebagai penghubung antara beberapa perangkat. Perbedaannya dengan jaringan-jaringan komputer lain terletak pada keamanan. EPN menjangkau skala enterprise atau perusahaan, sehingga secara keamanan pun disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk menyimpan data-data penting yang bersifat rahasia.

  1. VPN (Virtual Private Network)

Selain EPN, VPN juga memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi dibanding jaringan-jaringan komputer lainnya. Jaringan komputer ini menyediakan koneksi internet dan mampu menghubungkan berbagai jaringan lain melalui server, baik untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan.

Manfaat Jaringan Komputer

Ada berbagai manfaat yang didapatkan dari pemanfaatan jaringan komputer, di antaranya:

  • Kemudahan dalam berkomunikasi, terutama dalam perihal pertukaran data berupa pesan teks, audio, gambar, maupun video. Jarak pun tidak menjadi halangan karena jangkauannya yang bisa menghubungkan perangkat serta jaringan antar negara.

  • Variasi jaringan komputer yang cukup banyak juga memudahkan akses masyarakat pada suatu data yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya transport dan akomodasi yang menguras pengeluaran.

  • Integrasi data antar perangkat maupun antar jaringan bisa dijamin keamanannya dengan menambahkan pengaturan berupa password dan enkripsi. Tujuannya untuk membatasi siapa saja yang bisa mengakses data tersebut.

Kesimpulan

Efisiensi dalam pertukaran data dan komunikasi tercipta dengan adanya jaringan komputer. Informasi yang bersifat pribadi hingga publik bisa didapatkan karena jaringan komputer yang mampu menghubungkan seluruh lapisan masyarakat melalui perangkat satu ke perangkat lain secara mudah.

Internet sebagai salah satu jaringan komputer juga telah mengubah cara kita dalam bertransaksi jual beli tanpa tatap muka yang bisa dilakukan melalui website toko online. Untuk kemudahan pengelolaan toko online, buatlah website dengan layanan hosting terpercaya dari DomaiNesia dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dilengkapi dengan domain gratis serta SSL, keamanan data website akan terjaga dengan baik dan kredibilitas usaha akan semakin meningkat.

Ini Adalah Artikel Terbaru

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon