Bisnis Laundry Makin Cuan dengan 5 Strategi Bisnis Ini

Laundry adalah salah satu jenis bisnis jasa yang kini sudah tidak asing lagi pada di perkotaan atau di pedesaan. Bisnis ini cukup menguntungkan dengan pengelolaan yang tidak terlalu berat.



Anda yang merasa kesulitan dengan manajerial bisa coba aplikasi Majoo untuk mempermudah transaksi sampai dengan laporan. Pengembangan usaha laundry pun bisa dilakukan dengan banyak cara.

Bagi Anda yang sedang merintis bisnis ini bisa menerapkan beberapa strategi berikut.

5 Strategi Bisnis Laundry untuk Meningkatkan Omset


Ada banyak bisnis laundry yang dijalankan, seperti laundry kiloan atau dry clean. Selain itu ada juga jenis laundry coin, di mana Anda hanya menyiapkan mesin cuci dan ruangan laundry.

Walaupun jenis laundry berbeda, namun strategi untuk bisa mengembangkannya kurang lebih sama. Apalagi usaha ini memiliki sasaran konsumen yang begitu luas, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran sampai rumah tangga.

Strategi bisnis yang bisa Anda jalankan demi usaha semakin cuan pun tidak terlalu sulit. Berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan.

1. Menyediakan Berbagai Layanan Waktu


Jasa laundry yang paling menarik adalah masalah lama waktu pelayanan. Ketika Anda membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan satu konsumen maka pelayanan termasuk buruk.

Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan layanan dari konsumen yang ingin lebih cepat. Strategi yang bisa diterapkan adalah menyediakan beberapa pilihan layanan berdasarkan waktu.

Lama waktu laundry ini juga yang akan menentukan harga. Anda akan menjangkau berbagai konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda-beda dengan cara ini.

2. Melakukan Promosi untuk Laundry Hotel


Jika ingin lebih cepat menaikkan omset, Anda tidak hanya bisa menunggu konsumen datang sendiri. Meskipun sudah memiliki lokasi yang strategis, Anda juga harus jemput bola.

Caranya adalah dengan menawarkan promosi ke hotel-hotel untuk laundry. Beberapa hotel yang tidak memiliki ruang laundry sendiri, membutuhkan jasa laundry dari luar. Inilah kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan pelanggan.

Ketika melakukan promosi ini, Anda juga harus siap dengan kualitas laundry. Seperti mesin yang cukup kuat untuk diandalkan mencuci bedcover dan sprei. Pastikan juga Anda memiliki tenaga kerja yang mencukupi ketika pesanan laundry banyak.

3. Menerapkan SOP yang Tepat


Berhati-hati dengan pakaian miliki konsumen adalah hal utama yang harus diperhatikan pemilik laundry. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerusakan, Anda harus menciptakan SOP yang benar.

Apalagi jika ada banyak karyawan yang akan bekerja. Jangan sampai ada pakaian yang luntur apalagi hilang. Hadirnya SOP ini akan mempermudah pekerjaan di bisnis Anda jadi lebih lancar.

Mulailah merancang SOP dari cara mencuci pakaian, menyetrika sampai packing. Pastikan juga konsumen diberitahukan tata cara menggunakan jasa Anda supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Penetapan Harga yang Sesuai Target Konsumen


Strategi bisnis tidak pernah lepas dari penetapan harga layanan yang tepat. Untuk hal ini Anda harus bisa menyesuaikannya dengan target konsumen. Tentunya harga untuk konsumen mahasiswa berbeda dengan laundry hotel.

Perlu riset lebih jauh mengenai harga ini karena juga akan berbeda tergantung daerah tempat Anda membuka bisnis. Harga di area Jakarta akan berbeda dengan Yogyakarta tentunya.

Harga akan menjadi persaingan dengan bisnis laundry lainnya. Lebih baik pula jika Anda bisa memberikan perbedaan harga. Apabila harga lebih mahal Anda bisa memberikan layanan yang lebih baik lagi.

5. Melakukan Promosi dari Sosial Media


Manfaatkan teknologi untuk melakukan promosi atau pemasaran. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan jasa laundry. Bukan hanya produk barang saja yang bisa dijual di sosial media.

Bisnis jasa pun bisa dipromosikan, tentunya dengan konten menarik. Langkah ini bisa menjangkau konsumen yang mungkin jarang melewati area bisnis Anda. Mereka yang tertarik dengan promosi, bisa datang dan menjadi langganan.

Sebagai konten promosi yang menarik, Anda juga bisa menawarkan jasa layanan antar jemput sehingga konsumen tidak kesulitan untuk menggunakan jasa. Tentunya dengan mempertimbangkan jarak layanan sehingga Anda tidak rugi.

Apalagi saat ini sebagian besar jasa laundry banyak yang mengadakan layanan antar jemput agar mendapatkan konsumen lebih banyak. Perhatikan juga soal berapa banyak laundry yang akan diantar jemput.

Terapkan semua strategi ini jika Anda ingin usaha laundry jadi semakin maju. Perlu keuletan sehingga usaha Anda jadi lebih banyak dikenali.

Ini Adalah Artikel Terbaru

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon