Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Perusahaan Anda

Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Perusahaan Anda - Server diperlukan untuk menjalankan situs web atau aplikasi lain. Memilih server untuk situs web perusahaan Anda sangat penting. Pada artikel terbaru ini, kami akan membahas apa yang harus Anda ketahui saat memilih server & beberapa tips memilih server untuk perusahaan Anda

Apa itu Server?


Dalam membuat website Hosting Terbaik & mempublikasikannya di internet Anda membutuhkan server. Dimana server ini berfungsi untuk menyimpan beberapa elemen & file (teks, gambar, video, dll) yang ditampilkan di website.

Server dapat dikonfigurasi oleh perusahaan atau individu tetapi biasanya untuk membuat server ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti membuat server, mengelola server & memecahkan masalah yang terjadi pada server yang mereka miliki. Itulah beberapa tantangan yang sering dihadapi perusahaan, akhirnya beberapa perusahaan memilih untuk menyewa server.


Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Server Cloud


Ada banyak jenis server yang tersedia saat ini & bagaimana memilih solusi yang tepat untuk perusahaan Anda memerlukan banyak pertimbangan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih server, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan Anda & beberapa pertimbangan lainnya.
 
Perkiraan Jumlah Pengunjung Situs Web

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak pengunjung yang mengakses website Anda.
 
Tentukan Kebutuhan & Biaya Anda

Dengan cara ini Anda akan dapat memilih server terbaik berdasarkan prioritas yang telah Anda tetapkan sebelumnya.
 
Berbagai Jenis Server Cloud

Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih solusi server cloud yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, jika Anda mempertimbangkan untuk memperpanjang kontrak server atau mengubah layanan penyedia server cloud Anda.
 

Memahami Berbagai Jenis Server Cloud


Mari kita kenali beberapa fitur, kelebihan & kekurangan beberapa jenis server cloud
Shared hosting

Shared Hosting adalah layanan cloud server yang digunakan oleh banyak pengguna dengan satu server. Di sisi lain, dengan menggunakan shared hosting terdapat beberapa kekurangan seperti beberapa keterbatasan fitur kustomisasi & kinerja server yang berdampak pada pengguna lain.

Shared hosting dianalogikan dengan sebuah rumah dimana Anda harus berbagi rumah, dimana Anda memiliki kamar sendiri tetapi Anda harus berbagi dapur, kamar mandi dan lain-lain. Penyedia cloud mengelola area umum, sementara penyewa harus mengelola ruang yang telah mereka sewa. Shared hosting cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengelola server Anda.
 
Kelebihan

· Biaya rendah & terjangkau
· Tidak memerlukan keahlian khusus & mudah diterapkan
· Penyedia layanan cloud memiliki tanggung jawab untuk mengelolanya.
 
Kekurangan

· Performa server yang saling mempengaruhi
· Kustomisasi terbatas
· Performa lambat

VPS

Virtual Private Server adalah layanan yang menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi server terpisah untuk setiap pengguna. Setiap server masing-masing memiliki CPU, RAM, Storage & Operasi Windows yang terpisah sehingga tidak terpengaruh pada server lain. Virtual Private Server dapat dianalogikan sebagai sebuah apartemen. Memiliki spesifikasi tinggi, fleksibilitas & harga yang wajar dengan kinerja server yang tinggi.

Berikut ini adalah perbedaan antara Virtual Private Server dan Shared Hosting dimana jika anda berlangganan Virtual Private Server anda dapat menyesuaikan atau mengubah OS, aplikasi, dll. Jika anda berlangganan Virtual Private Server anda memerlukan keahlian teknis. Dengan perbandingan Shared Hosting murah & Dedicated Server, kami merekomendasikan dedicated server untuk perusahaan Anda.
 
Kelebihan

· Memiliki sistem Administrator sendiri.
· Dengan menggunakan Virtual Private Server, server lebih stabil.
 
Kekurangan

· Mungkin tidak scalable sebagai dedicated server
· Memerlukan keahlian khusus

Baca juga : Tempat domain check paling murah

Dedicated Server

Dengan jenis Dedicated server Anda harus mengelola server fisik. Dengan dedicated server Anda seperti membangun rumah sendiri dimana Anda memiliki server dengan performa tinggi, stabil, dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Namun, dengan menggunakan dedicated server, Anda harus membayar cukup banyak uang.
 
Kelebihan

· Memiliki server dengan performa tinggi
· Dapat menyesuaikan server sesuai dengan kebutuhan Anda
· Tidak berdampak pada pengguna lain
 
Kekurangan

· Biaya mahal
· Memerlukan keahlian khusus
 

Spesifikasi: Kapasitas CPU & Memori


Secara khusus perusahaan Anda harus memperhatikan kapasitas CPU, RAM & memori. Semakin tinggi nilainya semakin baik kinerjanya

· Koneksi Internet: Kecepatan Unggah & Unduh
· Unggah & unduh kecepatan bandwidth di VPS
 

Pencadangan Otomatis Yang Harus Digunakan Untuk Bisnis Anda


Sebaiknya gunakan pencadangan otomatis untuk server Anda, dengan memiliki layanan pencadangan otomatis jika terjadi masalah seperti data terhapus dari situs web Anda, Anda dapat memulihkan data Kembali.
 
Dukungan yang Anda Miliki

Anda juga harus melihat dukungan yang mereka miliki seperti apakah mereka memiliki dukungan yang dapat dihubungi dari berbagai saluran seperti telepon, email & chat.Jika Anda tertarik untuk menyewa Cloud Server, kami merekomendasikan VPS Cloudmatika yang sudah banyak digunakan di Indonesia. VPS dari Cloudmatika adalah VPS berperforma tinggi, tim dukungan 24/7 dengan harga terjangkau.

Demikian pembahasan mengenai memilih website Hosting Terbaik, semoga artikel ini bermanfaat.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon