About Me

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan Islam. Sholawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

Hai. Selamat datang di blog sederhana yang apa adanya ini. Terima kasih telah mengunjungi blog ini, baik kamu yang datang dari search engine, atau kamu yang tau blog ini dari akun sosial media aku, dan atau mungkin kamu teman yang aku kenal di kehidupan nyata atau pun di dunia maya 😜😜 :v.

Ini adalah blog personal aku yang pertama dan baru sekarang aku bisa mewujudkan membuatnya, yang setelah bertahun-tahun berkeinginan mempunyai personal blog. Tepat pada tanggal 20 Juli 2016 lalu, atau 7 hari setelah tanggal kelahiran aku 13 Juli..hehe, maka blog ini lahir, dan yang sebelumnya beralamat di musdeoranje.blogspot.co.id, dan pada tanggal 28 Juli blog ini aku custom domain menjadi musdeoranje.net.

Sebelum blog ini ada, banyak blog lainnya yang aku miliki dan membahas banyak topik, yang kesemuanya beda platform, ada yang masih menggunakan subdomain blogspotblogger custom domain, dan blog mandiri yang menggunakan CMS Wordpress.

Selain blog ini, mungkin kamu tau blog aku satu lagi yang sering aku share di Instagram aku, atau pun di Facebook aku, yaitu loveaceh.com. Loveaceh.com adalah blog yang aku buat sama seperti blog ini, yaitu bukan untuk tujuan komersial, tapi karena hobi aku yang suka menjelajah keindahan alam Aceh, menyukai kuliner khas Aceh, dan budaya Aceh, dan kesemuanya itu sering aku abadikan dalam bentuk foto atau pun video.

Aku kebetulan juga menyukai fotografer dan aku memotret apa saja yang menarik bagi aku. Jadi, dari pada aku simpan di hardisk laptop file foto dan video nya, atau aku upload ke media sosial, yang hanya dilihat sebagian kecil orang, mending aku upload ke blog dan aku jadikan artikel, yang semoga dapat bermanfaat dan membantu pariwisata di Aceh 😊.

Semenjak keluar dari Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2009 silam, yang saat itu aku memang kurang pintar dari teman-teman aku. Semua mata kuliah aku buruk, bayangkan aku pernah mendapatkan nilai IPK 1,5 😢. Jujur aku tak suka ada matematika, apalagi rumusan, menghitung grafik, atau kurva. Semua itu membuat aku stress 😵!

Hampir empat semester berlalu, mata kuliah yang keluar nilai buruk semakin menumpuk, dan semakin bertambah dalam daftar untuk aku ulang atau memperbaikinya lagi,..duh! dan ditambah lagi mata kuliah yang tidak aku suka sering tidak aku masuk, sampai final pun enggak aku ikut.

Setelah berpikir panjang, dari pada lama selesai kuliah atau bisa saja di drop out, akhirnya aku cabut, meninggalkan FE UNSYIAH tanpa bilang-bilang pihak fakultas, dan tanpa kasih kabar pada teman-teman aku disana yang saat itu sangat baik, asyik, dan juga pintar-pintar 👏💕 👍. Nah, tak lama dalam minggu itu juga aku memutuskan menyambung kuliah di LP3KI yang berada di kota yang sama yaitu Kota Banda Aceh.

Memang saat aku memutuskan keluar dari UNSYIAH dan memulai kuliah lagi di LP3KI bisa dibilang cukup mendadak dan mengejutkan keluarga dan teman-teman aku. Apalagi saat itu kondisi ekonomi keluarga lagi sekarat, dan terpaksa menjual emas punya keluarga untuk membayar uang kuliah saat masuk ke LP3KI. Sangat sedih membayangkan saat itu 😓😢😭.

Di saat aku mau keluar dari UNSYIAH dan masuk LP3KI, saat itu aku baru saja mempunyai komputer baru lengkap dengan printer 💓. Sejak saat itu aku sangat suka mengutak-atik nya, bahkan aku tiap malam selalu begadang dan telat tidur. Mungkin alasan ini yang membuat aku ingin keluar dari UNSYIAH dan kuliah di jurusan komputer karena aku merasa sangat suka mengutak atik PC.

Sejak kuliah di LP3KI, pengetahuan aku akan dunia komputer, seperti cara merakit komputer, instalasi windows, desain grafis, pemrograman aplikasi, pemrograman html, dan web desain terus bertambah dan sering aku praktekkan dirumah 👏.

Apalagi web desain aku sangat menyukainya. Sampai-sampai aku mendesain sendiri website di localhost yang sangat keren yang saat itu menggunakan CMS Joomla. Saat itu aku sangat ingin mempunyai website gede, semacam portal berita teknologi.

Awal Mula Ngeblog


Aku sebenarnya sudah mempunyai blog personal yang pertama pada tahun 2010 silam. Dulu aku masih belum mengenal blogspot, atau Wordpress self hosted, tapi masih menggunakan Wordpress gratisan. Karena pada saat itu aku belum tau ingin memposting tentang apa, dan belum tau banyak tentang dunia blogging, dan blog tersebut langsung mati suri sampai sekarang ini, yang beralamat muztajib.wordpress.com.

Pada tahun 2010 aku pernah ketipu sama bisnis MLM 😴, nama MLM aku lupa. Sistemnya kita diajarkan cara membuat website, cara membeli domain, dan cara membeli hosting, dan yang kita jual produknya cuma berupa e-book, yang isi e-book tersebut tentang cara membuat website, cara membeli hosting, dan domain. Intinya begitu seterusnya dan tidak ada produk nyata yang dijual 👎.

Setelah setahun berlalu, satu persen pun aku tak mendapatkan keuntungan apapun dari MLM online ini 😨, website yang telah ada tersebut, domain dan hosting telah habis masa kontrak dan tidak aku perpanjang lagi. Dari peristiwa ini aku lumayan tau bagaimana mengelola website MLM itu, tau masalah domain, hosting, database, mysql, dan lain sebagainya 😃.

Saat magang kuliah pada tahun 2012, aku memilih mengambil magang di kantor pemerintah, yaitu LPMP Aceh yang sebelumnya aku ditolak magang di KODAM Banda Aceh dengan alasan yang tidak jelas 😔, dan membuat aku capek menunggu surat balasan yang tak kunjung datang, yang akhirnya aku memberanikan diri ke kantor mereka untuk menanyai nya 💪.

Kisah pilu terulang lagi 😢. Saat permulaan magang kuliah di kantor LPMP Aceh, saat itu aku di taruh di bagian server kantor, yang koneksi internetnya lumayan sangat kencang. Nah disana tak ada komputer/laptop yang nganggur, aku bingung tak tau harus melakukan apa, karena di kantor itu tak ada kerjaan. Mereka sendiri para PNS disitu juga tak tau mau menyuruh kerja apa untuk aku karena mereka pun tidak banyak perkerjaan yang bisa mereka lakukan.

Tak ada komputer, tak ada laptop, tak ada smartphone pada saat itu membuat aku suntuk, ingin membawa komputer di rumah tak mungkin. Dan hampir satu minggu aku tak masuk kantor 😩. Nah kali ini lagi-lagi emas punya ibu dijual lagi untuk membeli laptop buat aku. Duit nya pun tak cukup untuk membeli laptop yang mumpuni. Akhirnya laptop tersebut kami ambil secara kredit 😢.

Laptop pun sudah ada, dan aku kembali masuk kantor dimana aku magang kuliah. Koneksi internet yang kencang membuat aku sangat senang, dan menjelajah kesana kemari, nonton Youtube, download software, film, mp3 dan baca-baca artikel.

Cerita awal mulai ngeblog, waktu itu aku tak sengaja entah di koran lokal atau di artikel di internet, aku melihat ada lomba blog yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Aceh untuk Visit Aceh Year 2013, yang hadiahnya sangat menggiurkan pada waktu itu. Karena tergiur akan hadiah nya, aku pun langsung membuatnya blog, memoles blog agar tampil cantik, dan blog tersebut aku daftarkan dalam lomba tersebut.

Dan masa lomba blog itu berakhir, maka pemenangnya akan segera di umumkan. Nah blog aku tak dapat juara. wkwkwk 😰.

Tapi blog yang aku lombakan itu tidak aku terlantarkan, atau aku hapus, malah sering aku update artikelnya. Blog tersebut masih menggunakan sub domain gratisan dari Google, alias blogspot. Aku sangat suka mengutak-atik tampilan blog itu, mempercantiknya, dan ngedesain mirip web portal mainstream. Mengedit template nya, sampai kode-kode html semua aku pelajari dari Google 😇.

Penghasilan Dari Google Adsense


Karena aku sangat suka mempercantik tampilan blog, aku ingin blog yang aku lombakan tersebut dan pada akhirnya tidak menang itu ada iklannya. Bagi aku saat itu, mempunyai iklan-iklan banner, iklan flash, dan iklan-iklan animasi dari Google Adsense akan membuat tampilan blog aku menarik, terlihat seperti web portal gede, dan pastinya terlihat sangat keren 😎. Saat itu aku sama sekali belum berpikir untuk mendapat penghasilan dari Google Adsense.

Saat browsing mencari cara edit tampilan blog, aku sering melihat blog-blog yang aku kunjungi tersebut membahas tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, dan juga dari Google Adsense. Aku langsung tertarik untuk membacanya sampai aku paham apa yang mereka bahas dalam artikel tersebut, dari penjelasan apa itu Google Adsense, cara mengoptimalkan penghasilan dari Google Adsense, sampai masalah SEO (search engine optimization), yaitu cara membuat blog tampil di halaman pertama penelusuran di Google Search.

Nah blog aku tersebut mulai aku desain atau buat untuk memenuhi peraturan blog untuk dapat diterima oleh Google Adsense, dan akhirnya aku mendaftarkan blog tersebut untuk bergabung di Google Adsense, tapi blog aku tak kunjung diterima walaupun sudah berulang kali aku daftar 😩.

Selang beberapa bulan awal tahun 2013, aku menemukan cara mendapatkan akun Google Adsense melalui Youtube. Langsung saja aku upload video ke Youtube, dan akhirnya aku diterima oleh Google Adsense meskipun akun Youtube yang pada saat itu bisa memasang iklan di blogspot yang belum custom domain 👐.

Saat akun Google Adsense Hosted sudah di tangan aku, langsung saja aku pasang iklannya di blog aku tersebut. Lama kelamaan aku malah ingin mendapatkan dollar di dalam akun Adsense itu setelah aku membaca banyak artikel yang membahas cara mendapatkan uang dari Adsense.

Langsung saja di bulan ketiga tahun 2013 aku membuat blog baru. Aku memperbanyak membaca artikel tentang SEO, dan aku praktekkan di blog tersebut. Setiap hari aku update blog tersebut, melakukan promosi, mencari backlink, dan cara SEO lainnya. Sedikit demi sedikit pengunjung dari search Google mulai berdatangan, dan tak terasa akun Adsense aku tersebut telah terisi $10 lebih, dan pin dari Google Adsense hosted pun sudah di tangan aku 😊.

Lima bulan kemudian, tepatnya Agustus 2013 aku gajian pertama dari Google Adsense 👏👐😊. Alhamdulillah meski sejutaan aku sangat bersyukur saat itu, bagaimana tidak itu adalah penghasilan pertama aku dari blog. Di bulan berikutnya, yaitu September 2013 aku tak gajian dari Google Adsense karena penghasilan aku pada bulan sebelumnya tidak mencukupi untuk cair di bulan September 😢.

Dan Alhamdulillah bulan Oktober 2013 aku gajian lagi 😊, dan sampai saat ini, hari ini aku masih gajian tiap bulan dari Google Adsense 😍. Dan Alhamdulillah juga sampai sekarang ini aku belum pernah merasakan pahitnya banned akun Adsense yang pasti sangat menyakitkan bila hal tersebut terjadi 😱.

Dari awal tahun 2014 sampai saat ini aku sudah bisa mandiri dan tak pernah minta uang jajan lagi sama ibu. Aku bisa memberikan uang buat ibu, keluarga, bisa beli smartphone pertama aku, laptop, motor, dan banyak lainnya merupakan suatu kebanggaan buat diri aku, dan aku sangat puasa karena semua dari hasil jerih payah aku sendiri 😊.

Pengorbanan seorang Ibu untuk anaknya memang tak sanggup aku gantikan, terimakasih Ibu, dan juga untuk kakak aku yang saat aku kuliah dulu dia sering kasih duit untuk aku sebagai ongkos aku pergi kuliah disaat Ibu tak ada duit, atau tak ada dirumah 👏👏.

Untuk saat ini aku belum pernah kerja sama orang. Dulu pekerjaan aku sebelum ada penghasilan dari blog adalah pergi ke sawah bantuin orang tua, dan di kebun sendiri aku tanam sayur mayur untuk dijual, dan duitnya cukup untuk jajan aku sehari-hari 😎.

Disaat itu juga, atau setahun sebelum aku menghasilkan dari ngeblog, ibu dan kakak aku tiap hari suruh aku untuk melamar pekerjaan, karena melihat aku dirumah terus dan aku kerjaannya dirumah cuma di depan komputer terus. Pernah juga ibu dan kakak aku mengancam aku akan menjual komputer tersebut karena bosan melihat aku didepan komputer terus kerjaannya 😓.

Mungkin mereka belum mengerti apa yang aku lakukan waktu itu di depan komputer dan aku pun malas untuk menjelaskan kepada mereka, dan mereka juga tidak akan paham, karena waktu itu aku belum menghasilkan sepersen rupiah pun. Tapi sekarang Alhamdulillah, semenjak aku menghasilkan rupiah dari hanya duduk di depan komputer mereka tidak pernah protes-protes lagi sama yang aku lakukan di depan komputer terus 😍.

Walaupun tidak tau dengan jelas bagaimana aku bisa menghasilkan rupiah hanya duduk didepan PC saja tiap hari, tapi setidaknya mereka merestui apa pekerjaan aku, dan menganggap cara aku mendapatkan rupiah dari internet adalah dengan cara halal. Memang halal kok :)

~ ~ ~ ~ ~

Nah, lakukan suatu pekerjaan yang atas dasar hobi, karena bila kamu tidak hobi, kamu tidak akan sukses di suatu pekerjaan yang kamu coba. Ingat jangan langsung tergiur akan kesuksesan orang, dan kamu ingin mencoba juga pekerjaan tersebut yang bukan karena hobi kamu. Percaya deh kamu tak akan pernah berhasil dan akan segera menyerah putus asa karena tak mendapatkan duit sepersenpun ☺.

Ada suatu hal yang ingin aku sampaikan bila kamu ingin mendapatkan penghasilan dari blog juga, yaitu kamu mesti suka dulu dunia blogging atau sudah hobi dulu. Karena ngeblog itu tidak hari ini buat blog langsung menulis artikel dan besoknya langsung dapat duit. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog banyak proses panjang yang harus kamu lalui.

Aku sendiri dari dasar tidak tau apa-apa dan sampai menghasilkan dari ngeblog butuh waktu 2 tahun. Lumayan lama karena saat itu tidak ada guru yang membimbing aku ngeblog sampai menghasilkan dan semua ilmunya aku dapatkan adalah dari hasil bertanya di Google.

Tujuan Blog Ini


Sebenarnya aku sudah lama ingin membuat blog personal yang berisi tentang pengalaman aku di dunia maya, seperti blogging, sosial media, internet, teknologi, aplikasi Android, dan lainnya. Semoga apa yang aku bagikan dan posting di blog ini dapat bermanfaat bagi kamu dan juga bagi aku. Atau paling tidak bisa menjadi sedekah jariah aku di dunia ini ☺.

Semua tulisan di blog ini murni tulisan aku, hasil karya dan pemikiran aku, yang kesemua ini aku dapatkan dari pengalaman aku sehari-hari, seperti pengalaman aku saat menggunakan ponsel Android, komputer, aktivitas blogging aku, dan dari berbagai inspirasi, baik bacaan artikel dari internet, koran, dan juga televisi.

Mohon maaf bila artikel di blog tidak sesuai seperti yang kamu harapkan atau kamu cari, dan banyak yang salah, atau tips dan trik nya sudah tidak work lagi 👐✌. Aku bukan seorang mastah, suhu, atau apa sebutan lainnya, aku juga sama seperti kamu yang masih belajar. Dan aku tidak bisa membanggakan diri aku dengan apa yang telah aku tulis di blog ini, karena di luar sana masih banyak yang lebih pintar dari aku, atau kamu sendiri yang ternyata sangat pintar dari aku.

Cukup disini dulu. Terimakasih telah mengorbankan waktu kamu untuk membaca laman About Me ini sampai habis. Aku tunggu kritik dan saran dari kamu yang dapat bermanfaat bagi aku. Salam kenal 😊.

Hubungi aku di laman ini. Dan wajib baca peraturan blog ini. Terimakasih sekali lagi!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

10 komentar

wah terimakasih Paket Kita, mohon kritik dan sarannya :)

Terharu membacanya mas, membuat saya menjadi lebih bersemangat lagi. semoga rezekinya nular ke saya hehe :D

Amin.hehe..terimakasih sudah membacanya dan sudah meninggalkan komentar :)

Salam kenal, Bang.
Saya suka baca ceritanya :)
Blog saya juga udah lama adanya, dipake buat nulis-nulis aja. Waktu itu belum tau ada kelompok blog; belum tau tentang menghasilkan uang dari blog.

Pake akun adsense juga sudah dari lama, tapi sepertinya tidak maksimal karena saya tidak tau cara pakenya. Sampe ada email masuk dari toko online terkenal yang mengajak kerjasama barulah saya sadar bahwa ternyata ada rejeki di sini.

Sampe sekarang saya juga masih belajar terus, karena modalnya cumma hobi nulis dan mau belajar. Soal SEO, pengoptimalan ads itu saya masih bingung. Mau lah belajar sama abang ini.

:)

wah blogger senior ni, ini blog nya ya almawahdie.id. Keren, luar biasanya blog nya (y)

Hehe..saya juga masih belajar mbak dalam menulis. Saya lihat tulisan mbak sudah pro sangat, tinggal optimasi SEO sama penempatan Ads nya saja :)

add friends fb saja aja mbak :)

Bagus...
Inspirasi bgt kalo memang
Serius di dunia bloger ☺
Bener kata admin semua berasal dari hobby,jadi temukan hobby itu dulukan admin ?

betul sekali. hehe
tak hanya dasar hobi sih, yang penting kita suka dan cinta apa yang kita kerjakan, itu saja :)

Suatu Pencerahan.. Motivasi Nyata Untuk Pribadi Yang Ingin Mandiri.. Luar Biasa..!!

wah terimakasih telah mengorbankan waktu membaca about me ini. hehe aku jadi malu, biasa saja kok :D

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon